Panduan Update dan Upgrade firmware Android Asus

Untuk update atau upgrade ke sistem operasi android terbaru pada perangkat android merk ASUS umumnya caranya sama. Di sini kita menggunanakan dua istilah yang berbeda yaitu Update dan Upgrade.

  • Update merupakan istilah yang digunakan untuk memperbaharui firmware dalam satu jenis. Contohnya, anda memperbaharui firmware Kitkat versi 01 ke firmware Kitkat versi 02. Masih sama-sama Kitkat. Dalam Update, umumnya tidak banyak perubahan, hanya sekedar perbaikan dari firmware versi sebelumnya. Jarang ada penambahan fitur-fitur baru.
  • Upgrade merupakan istilah untuk mengganti firmware sebelumnya dengan firmware yang betul-betul baru. Jenis firmware-nya berbeda dari sebelumnya. Seperti mengganti sistem operasi Kitkat ke Lollipop. Sama seperti pada komputer saat mengganti sistem operasi Windows 8 ke Windows 10. Pada upgrade nampak jelas adanya fitur-fitur baru yang tidak dimiliki oleh firmware sebelumnya. Yang paling menonjol adalah menu tampilan yang berbeda dari versi sebelumnya. Contoh lain adalah fitur Screen mirroring dan Video screen recording. Ke dua fitur ini terdapat pada Lollipop namun tidak dimiliki oleh Kitkat. Kedua fitur tersebut bisa berjalan di Kitkat dengan banyak persyaratan, seperti menggunakan kabel USB, android harus di Root dan sebagainya.

Cara update/upgrade android ASUS
Ada dua cara untuk update/upgrade android ASUS, yaitu FOTA dan Manual

A. Update/upgrade via FOTA
FOTA singkatan dari Firmware Over The Air. Maksudnya, kita bisa melakukan update/upgrade firmware ke versi terbaru setelah mendapat pemberitahuan atau notifikasi otomatis untuk melakukan update/upgrade. Tanpa adanya notifikasi FOTA dari developer ASUS, kita tidak bisa melakukan update/upgrade otomatis. Jika perangkat android ASUS anda mendapat notifikasi update otomatis, segera lakukan update atau upgrade. Yang perlu dipersiapkan sebelum memulai update adalah batterai atau power nya jangan kurang dari 25%. Untuk amannya, colokkan saja ke charger nya.
Cara update/upgrade via FOTA sangat sederhana, yaitu:

  1. Buka notifikasi update yang muncul, lalu Klik notifikasi tersebut.
  2. Muncul jendela pop up jenis firmware update yang tersedia, lalu klik OK. Ikuti saja proses nya sampai proses update/upgrade selesai. (lihat gambar-6 di bawah)

Untuk mendapatkan notifikasi update otomatis, selalu aktifkan fungsi “system update” otomatis, caranya:

Settings > About > System update > Auto download atau Automatic ON

Atau sering cek update system,

Settings > About > System update > Check update

Biasanya notifikasi update otomatis hanya muncul buat firmware sejenis, seperti Kitkat > Kitkat atau Lollipop > Lollipop saja. Karenanya update/upgrade via FOTA diistilahkan dengan update saja. Selama ini penggantian firmware ke yang lebih tinggi, Kitkat > Lollipop, selalu dilakukan secara manual.

Namun terkadang pada perangkat android ASUS tertentu, notifikasi update otomatis tidak muncul juga walaupun hanya update firmware sejenis. Untuk kasus seperti ini, mau tak mau kita pun harus melakukan update secara manual.

B. Update/upgrade secara manual
Berikut langkah-langkah update/upgrade secara manual.

1.Persiapan
Untuk melakukan update/upgrade secara manual, kita harus memahami beberapa kode berkenaan dengan perangkat ASUS yang kita miliki, diantarnya:

  • SKU
    Kode SKU (Stock Keeping Unit), kode ini digunakan oleh developer untuk mengidentifikasi kemana barang tersebut dikirim atau dijual. Beberapa jenis kode SKU ini diantaranya, US (United Stated) untuk perangkat ASUS yang dujual di Amerika, JP (Japan) untuk Jepang, CN (China) untuk China, TW (Taiwan) untuk Taiwan dan WW (World wide) untuk wilayah selainnya. Untuk Indonesia umumnya menggunakan kode WW. Namun ada juga kode lain di jual di Indonesia seperti TW dan CN. Namun yang pasti apapun kode yang dimiliki oleh perangkat ASUS anda, sebaiknya anda ketahui sebelum melakukan update/upgrade secara manual. Caranya:

    • Settings > About > Software information. Perhatikan WW, TW, CN atau lainnya.
  • Model number.
    Kode ini menunjukkan jenis perangkat android yang anda miliki. Untuk melihatnya:

    • Settings > About > Model Number
      Terlihat kode Model number seperti: ASUS_T00F untuk Asus Zenfone 5 A500CG, ASUS_T00J untuk Asus Zenfone 5 A501CG, ASUS_T00N untuk Asus Padfone S, ASUS_T00G untuk Asus Zenfone 6, dan sebagainya.
  • Versi software.
    Kode ini menunjukkan versi software atau firmware yang sedang digunakan pada perangkat Asus anda. Untuk melihatnya:

    • Settings > About > Software information > Build number

Di dalam versi software ini tercantum kode Model Number_SKU-versi firmware. Seperti gambar berikut.

Asus Lollipop upgrade - cek versi firmware Kitkat

Gambar-1: SKU, Model number dan versi software/firmware

Namun pada android ASUS Padfone S agak berbeda. Di deretan kode versi software, kode Model Number Padfone S (T00N) tidak digunakan. Kode number nya justru “Padfone” bukan “T00N”. Tentu ini diluar kelaziman penamaan versi software perangkat Asus pada umumnya. Namun untuk nama update firmware nya sama seperti yang lainnya. Untuk cara update/upgrade ASUS Padfone Ssilahkan lihat di Upgrade Asus Padfone S (PF500KL) ke Lollipop.

Ke tiga kode di atas, perlu kita ketahui agar kita tidak salah download firmware dan tidak salah update/upgrade. Jika salah tentu akan buang-buang waktu karena ukuran file nya sangat besar dan berakibat fatal bagi perangkat android anda.

2. Download Firmware
Setelah mengetahui ke tiga kode di atas baru kemudian download firmware yang sesuai via komputer/laptop atau langsung disimpan di perangkat android. Untuk download firmware android Asus, beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Gunakan link resmi yang disediakan oleh Asus. Sejauh ini Asus memberikan alamat dlcdnet.asus.com…. untuk tempat download firmware. Jika menggunakan link dari pihak ke tiga dikhawatirkan firmware tersebut sudah expired alias tidak disediakan oleh Asus lagi. Padahal firmware yand ada di android anda versi nya lebih tinggi dari yang anda download. Akibatnya akan selalu gagal saat update/upgrade. Kemungkinan lain file tersebut sudah korup.
  • Perhatikan petunjuk langkah-langkah update/upgrade, file firmware apa saja yang diperlukan untuk udate/upgrade. Salah download firmware tentu akan sia-sia. Sebagai contoh pada upgrade Asus Zenfone 5 dari Kitkat ke Lollipop. Firmware Kitkat nya harus V.54. Baru kemudian upgrade ke Lollipop V.78. Jika anda upgrade dari Kitkat versi sebelumnya (selain V.54) langsung ke Lollipop V.78 tentu tidak akan berhasil.

Jika download via PC, firmware terbaru hasil download di PC kemudian ditransfer ke perangkat Asus (sebaiknya gunakan kabe USB saja) dan diletakkan di Root folder nya seperti gambar berikut.

Asus Lollipop upgrade - Copy ke root folder ASUS internal storage

Gambar-2: Posisi firmware di root folder Asus, terlihat dari PC

Jika download firmware langsung menggunakan perangkat android anda (tanpa melalui PC), biasanya firmware download akan tersimpan di folder Download di perangkat Asus anda. Anda harus memindahkan file firmware ini dari folder Download ke root folder dengan menggunakan File manager, caranya:

  1. Jalankan aplikasi File Manager
  2. Klik Internal Storage atau MicroSD di mana tadi anda download file firmware. Biasanya akan tersimpan di folder Download. Buka folder Download, lalu tekan agak lama sampai muncul tanda centang di sebelah kiri file firmware tersebut.

    File manager-001

    Gambar-3: Memindahkan file menggunakan File Manager-01

  3. Klik Menu pada folder tersebut (ikon dengan titik tiga vertikal) di pojok kanan atas.
  4. Klik Move to
  5. Dari jendela pop up, klik Internal Storage, pastikan bagian atas nya “Home (ikon gambar rumah) > root >sdcard”,  lalu klik OK.

    File manager-002

    Gambar-4: Memindahkan file menggunakan File Manager-02

  6. File firmware akan berpindah ke Root folder.
    File manager-003

    Gambar-5: Firmware sudah berada di root folder

    Jika posisi firmware sudah berada di root folder seperti gambar di atas (baik yang download via PC atau langsug android Asus), silahkan lanjut ke langkah update/upgrade.

3. Mulai update/upgrade
Jika anda download menggunakan komputer, setelah firmware di transfer ke perangkat ASUS ke posisi Root folder, cabut kabel USB nya. Setelah itu akan muncul notifikasi (ikon segitiga di pojok kiri atas) bahwa sudah ada firmware baru untuk update/upgrade.
Jika anda download langsung ke perangkat android ASUS dan firmware hasil download sudah dipindahkan ke Root folder, notifikasi update/upgrade akan muncul di pojok kiri atas. Jika tidak muncul coba di Re-Start android Asus nya.
Kemudian jika notifikasi ini sudah muncul:

  1. Buka notifikasi tersebut dengan menarik layar dari atas ke bawah lalu klik.
  2. Muncul jendela pop up jenis firmware update yang tersedia, lalu klik OK. Ikuti saja proses nya sampai proses update/upgrade selesai.

    Notifikasi update/upgrade android Asus

    Gambar-6: Notifikasi update/upgrade android Asus

Jika setelah di re-start notifikasi tidak muncul juga kemungkinan anda salah menempatkan firmware bukan di Root folder atau firmware yang anda download tidak sesuai dengan perangkat android ASUS anda.

Catatan:

Panduan cara Update/Upgrade di atas hanya berlaku bagi perangkat android merk ASUS saja dan terbatas pada perangkat android ASUS yang belum di ROOT.


Artikel terkait:
– Upgrade Kitkat ke Lollipop Asus Zenfone 5
– Cara Downgrade Asus Zenfone 5 Lollipop ke Kitkat
– Upgrade Asus Padfone S (PF500KL) ke Lollipop
– Cara mengetahui nama dari versi Android pada smartphone/tablet
– Android 6 Marshmallow dan fitur-fitur barunya
– Macam-macam versi Android dan fitur-fiturnya
– Antara Update, Upgrade dan Clean Install. Apa bedanya?
– Cara setup perangkat android pertama kali
– Android N dan fitur-fiturnya, sistem operasi Android terbaru 2016
– Cara Backup dan Restore data android ASUS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...