Cara Downgrade Asus Zenfone 5 Lollipop ke Kitkat

Downgrade adalah lawan dari upgrade, yaitu proses mengembalikan sistem operasi yang digunakan saat ini ke sistem operasi sebelumnya yang versinya lebih rendah. Dalam tulisan ini, downgrade bertujuan mengembalikan sistem operasi android Asus Zenfone 5 dari Lollipop kembali ke Kitkat.

Secara umum proses downgrade Asus Zenfone 5 sama dengan seperti proses upgrade. Yaitu download firmware yang tepat, pindahkan firmware ke root folder, dan buka notifikasi update yang muncul dan tunggu proses sampai selesai. Sebelum memulai langkah downgrade, ada satu hal yang wajib dilakukan yaitu backup data.

Downgrade Lollipop ke Kitkat Asus Zenfone 5

Backup data.
Ini adalah langkah yang wajib dilakukan. Karena dalam proses downgrade akan terjadi proses penghapusan data secara total yang dinamakan dengan Factory settings reset (reset ke settings awal). Sama seperti ketika membeli perangkat android pertama kali. Diantara yang akan terhapus atau hilang adalah:
• Semua aplikasi yang pernah anda install baik pada saat masih menggunakan Kitkat ataupun setelah anda menggunakan Lollipop.
• Semua data apa saja yang anda simpan didalam internal memori juga akan terhapus, seperti foto – video music – pdf – doc dan sebagainya.
• Settings perangkat juga akan kembali ke posisi awal
• Data Akun-akun yang anda miliki.
• Data SMS, WA, Nomor telepon.
Yang tidak terhapus adalah semua data yang tersimpan di SD Card atau memori eksternal dan kartu sim (simcard).
Jadi sebelum memulai proses downgrade Asus Zenfone 5, lakukan backup data terutama yang dianggap sangat penting. Tentang backup ini silahkan lihat di Cara Backup dan Restore data android Asus.

Downgrade Asus Zenfone 5 dari Lollipop ke Kitkat.
Pada proses downgrade Asus Zenfone 5 ke Kitkat, ada dua firmware yang digunakan. Yaitu firmware downgrade V.5.3.3.3 dan V.5.2.2.2. Masing-masing firmware digunakan dalam sekali proses downgrade. Jadi ada dua tahap proses downgrade. Yaitu, yang pertama downgrade menggunakan firmware V.5.3.3.3 dulu dan tunggu sampai selesai. Kemudian lanjutkan dengan menggunakan firmware V.5.2.2.2. Berikut langkah-langkah downgrade.

A. Downgrade tahap pertama dengan firmware dengan V.5.3.3.3.

  1. Download firmware downgrade Lollipop ke Kitkat V.5.3.3.3 .
    Silahkan download firmware downgrade V.5.3.3.3 pada link berikut.

  2. Pindahkan firmware V.5.3.3.3 ke root folder Asus Zenfone 5. Jika anda download menggunakan komputer atau laptop, gunakan kabel usb untuk mentransfer file firmware v.5.3.3.3 ke root folder Asus Zenfone 5. Jika anda download firmware di atas langsung ke perangkat android Asus Zenfone 5 anda, gunakan aplikasi File Manager untuk memindahkan firmware V.5.3.3.3 ke root folder. Lihat caranya di sini.
  3. Jika sudah ditransfer ke root folder Asus Zenfone 5, cabut kabel USB nya. Tunggu sesaat sampai muncul notifikasi update. Setiap ada firmware yang masuk istilahnya tetap update. Tujuannya upgrade atau downgrade tergantung dari isi firmware tersebut.
  4. Cek firmware tersebut. Jika benar V.5.3.3.3 silahkan lanjutkan dengan klik OK. Untuk melanjutkan proses downgrade.
    Jika setelah di cabut kabel USB dan cukup lama belum muncul notifikasi update, coba re-start Asus Zenfone 5 nya sampai muncul notifikasi update.
  5. Proses downgrade ini memakan waktu lebih lama dari proses upgrade, mungkin juga dikarenakan adanya proses reset factory settings. Jadi sebaiknya colokkan saja charger atau power banknya.

Setelah proses downgrade tahap pertama selesai, akan muncul halaman Setup Wizard seperti gambar berikut.

Halaman Setup Wizard

Tombol Home belum bisa di gunakan sebelum menyelesaikan halaman Setup Wizard ini. Klik tanda kepala panah ke kanan. Masing-masing halaman Setup Wizard meminta anda untuk memilih atau mengisikan data. Jika ada halaman yang bisa diabaikan, abaikan saja dulu. Klik saja terus tanda panah kekanan sampai selesai. Namun jika ada halaman yang mengharuskan memilih atau mengisi data, anda harus memilih atau mengisinya. Jika sudah selesai akan muncul Home Screen atau layar depan. Hasil dari downgrade tahap pertama ini, sistem operasi android nya masih tetap Lollipop.

B. Downgrade tahap kedua dengan firmware V.5.2.2.2.

  1. Download firmware downgrade Lollipop ke Kitkat V.5.2.2.2.
    Silahkan download firmware downgrade V.5.2.2.2 pada link berikut.

  2. Pindahkan firmware downgrade V.5.2.2.2 ke Root folder seperti cara di atas.
  3. Cabut kabel USB atau Restart untuk memunculkan notifikasi update.
  4. Klik notifikasi update tersebut, pastikan firmware downgrade nya V.5.2.2.2, lalu klik OK untuk memulai proses downgrade.

Jika sudah selesai, akan muncul kembali halaman Setup Wizard. Kali ini masing-masing halaman usahakan diisi datanya, seperti memilih akun Google dan mengisi passwordnya. Isikan juga password wi-fi yang digunakan. Dan data-data lainnya sesuai dengan settings yang anda miliki.

Setelah muncul Home Screen silahkan lihat versi androidnya. Sekarang sistem operasi android sudah berubah ke Android 4.2.2 Kitkat, versi firmware V.2.21.40.44. Ini adalah versi awal firmware Kitkat yang disediakan Asus untuk Zenfone 5.

Versi firmware V.44 setelah downgrade

Sebaiknya jangan dulu dilakukan Restore data yang telah dibuat backup nya sebelum proses downgrade di atas, karena tidak berapa lama akan muncul notifikasi update otomatis ke versi firmware Kitkat berikutnya yaitu V.2.22.40.54. Jika tidak ada notifikasi coba lakukan cek update: Settings > About > System update > Update.

Firmware Kitkat V.2.22.40.54

Setelah muncul notifikasi update otomatis, ikuti saja dengan klik OK. Prosesnya tidak lama, ukuran firmware nya hanya 100 an MB saja. Dan tunggu sampai selesai. Setelah selesai cek kembali versinya, yaitu V.2.22.40.54.

Masih ada update firmware Kitkat versi terakhir yang disediakan oleh ASUS untuk Zenfone 5, yaitu V.2.22.40.540. Sebaiknya tunggu saja notifikasi update otomatisnya. Namun jika anda tetap menginginkan update ini silahkan download secara manual. Lihat di bagian update Kitkat pada tulisan Upgrade Kitkat ke Lollipop Asus Zenfone 5.

Catatan:

  • Jika anda setelah downgrade dengan menggunakan firmware di atas,  (V.5.3.3.3 dan V.5.2.2.2) ingin balik (upgrade) lagi ke Lollipop, pastikan versi firmware terakhirnya V.2.22.40.54. Kami gagal saat upgrade lagi ke Lollipop menggunakan firmware versi V3.24.40.78. baru berhasil setelah menggunakan V3.24.40.87 (firmware Lollipop versi terakhir).
    Gagal upgrade Lollipop V.3.24.40.78
  • Jika terjadi kegagalan saat upgrade atau downgrade, jangan panik. Pilih “reboot system now” untuk kembali ke system semula dan tekan tombol power. Kemudian coba lagi gunakan firmware versi berikutnya/lainnya.

Artikel terkait:
– Cara Backup dan Restore data android ASUS
– Upgrade Kitkat ke Lollipop Asus Zenfone 5
– Upgrade Asus Padfone S (PF500KL) ke Lollipop
– Panduan Update dan Upgrade firmware Android Asus
– Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Antara Update, Upgrade dan Clean Install. Apa bedanya?