Android N dan fitur-fiturnya, sistem operasi Android terbaru 2016

Awal Maret 2016 lalu, secara mengejutkan Google telah merilis sistem operasi Android tebaru, yaitu Android N sebagai sistem operasi Android setelah Android M (Marshmallow) yang di rilis Oktober 2015. Biasanya Google merilis sistem operasi baru pada event tahunan, Google I/O. Namun Android N yang di rilis kemarin baru versi Developer Preview nya saja. Kelak versi final akan dirilis ke produsen di sekitar September – Oktober 2016 ini.

Update pertama versi Developer preview dirilis pada 17 Maret dan software nya sudah tersedia buat pengguna Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus dan Nexus 9 LTE dan terdaftar sebagai Android Beta Program.
Android N versi Developer preview merupakan versi uji coba dari software Android N yang dikhususkan bua para developer. Jika anda terdaftar sebagai developer di Android Beta Program dan perangkat android nya memenuhi syarat, kelak akan mendapatkan update software versi ini via OTA (over the air).

Android N

Berikut beberapa fitur baru yang kelak dibawa Android N ini, diantaranya:

Support Multi window
Dengan fitur ini, pengguna dapat menampilkan beberapa aplikasi sekaligus di layar perangkat android nya. Fitur ini dulu disiapkan untuk Android 6 Marshmallow, namun nampak nya belum sempurna menghasilkan sistem multitasking yang efisien sehingga akhirnya di hapus dari Android 6 M. Pada Android N sistem multitasking ini dimunculkan kembali dan nampakya Google telah siap dengan fitur ini. Kelak developer memiliki pilihan bagaimana cara menampilkan multi windows dengan lebih mulus dan menarik.

Android N support multi windows

Multi windows pada tablet / c-Google

Dapat langsung membalas pesan dari jendela atau menu notifikasi.
Sebelumnya jika ada SMS yang masuk, kita bisa melihatnya di menu notifikasi bagian atas layar namun untuk membalasnya kita harus masuk dulu ke aplikasi SMS. Namun pada Android N pengguna bisa langsung membalas pesan tersebut melalui jendela notifikasi tanpa harus meninggalkan atau menutup aplikasi yang sedang dijalankan.

Android N - jawab pesan langsung dari panel notifikasi

Respon pesan langsung dari panel notifikasi / credit to android authority.com

Tampilan panel notifikasi dan quick settings yang baru.
Panel notifikasi atau notifikasi bar lebih menonjol dan terdapat tombol expand untuk melihat isi notifikasi dengan leluasa sehingga langsung dapat menjawab atau merespon notifikasi tersebut. Dan notifikasi-notikasi yang muncul tersebut juga dapat diatur dan dibuat groupnya berdasarkan masing-masing jenis notifikasi sehingga area notifikasi dapat dioptimalkan.
Begitu juga dengan panel quick settings. Selama ini untuk membuka panel Quick settings pengguna harus menarik layar ke bawah sekali lagi setelah membuka menu panel notifikasi, namun pada Android N menu quick settings dapat segera dibuka dengan mengeklik tombol dropdown di paling kanan yang terdapat pada panel notifikasi. Jadi tanpa harus menarik layar ke bawah lagi.

Android N- Menu Notifikasi dan Quick settings

Android N- Menu Notifikasi dan Quick settings / credit to ANDROIDPIT

Mode Doze yang ditingkatkan, (Doze Mode 2.0)
Menghemat pemakaian batery dengan mode Doze juga telah ditingkatkan pada Android N. Sebelumnya mode Doze hanya bekerja ketika perangkat android tidak digunakan setelah sekian lama, seperti ditinggal tidur misalnya. Namun pada Android N, mode Doze tetap bekerja agar dapat menghemat battery tanpa menunggu ketika perangkat android tidak digunakan.

Menu di antara system settings.
Menu Hamburger (ikon berupa garis horisontal lapis tiga) sekarang sudah ditempatkan dalam system settings. Misalkan pengguna sedang berada di dalam menu wifi, dengan mengeklik Menu hamburger pengguna bisa langsung masuk ke menu settings lainnya tanpa harus balik ke menu utama sistem settings.
Fitur-fitur di atas hanyalah beberapa fitur dari Android N yang tedapat pada versi uji coba yang masih dalam pengujian dan review dan tentunya akan terdapat fitur-fitur baru pada versi finalnya kelak.

Kapan Android N hadir ke pengguna?
Nanti setelah versi final nya dirilis sekitar September atau Oktober 2016. Seperti biasanya seri hp Nexus akan mendapat update duluan. Sedangkan untuk merk lain harus menunggu beberapa bulan lagi tergantung dari keja keras developer produk yang anda gunakan dalam mepersiapkan firmware Android N bagi produknya. Anda tertarik memiliki hp Nexus ke depannya supaya selalu dapat update Android duluan? Silahkan cek barang dan harganya di sini.

Nama Android N
Tradisi penamaan sistem operasi Android selalu berurut sesuai abjad dan berkenaan dengan makanan atau jajanan. Yang terakhir adalah Android 6 M. M = Marshmallow. Dan untuk Android N, Google belum memberi nama untuk N karena Android N ini masih dalam masa uji coba. Apakah Android N ini berarti Android versi 7.0? Ini juga belum pasti mengingat sebelumnya Google sudah pernah merilis beberapa versi untuk Android versi 4, seperti Android 4.0 untuk Ice Cream Sandwitch, Android 4.2 untuk Jelly Bean dan Android 4.4 untuk Kitkat.

Android N - NutellaBegitu juga dengan huruf N belum ada penamaan yang ditetapkan Google. Beberapa sudah memprediksi bahwa N kemungkinan berarti Nuttela sejenis coklat yang dioleskan di roti. Bagaimana prediksi Anda? silahkan menebak.


Artikel terkait:
– Macam-macam versi Android dan fitur-fiturnya
– Android 6 Marshmallow dan fitur-fitur barunya
– Cara mengetahui nama dari versi Android pada smartphone/tablet
– Sistem Operasi [OS] pada Smart TV 2015: Android TV, Firefox, Tizen, WebOS
– Upgrade Kitkat ke Lollipop Asus Zenfone 5
– Panduan Update dan Upgrade firmware Android Asus
– Upgrade Asus Padfone S (PF500KL) ke Lollipop

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...