Android Printing bag-2: Cara setup dan menggunakan Google Cloud Print

Topik dalam tulisan ini mengenai:

  • Setup printer di Google Cloud Print
  • Mengaktifkan Google Cloud Print pada perangkat android
  • Cara mencetak file dari perangkat android dengan pilihan Print, Share atau Export
  • Cara Share printer yang sudah teregistrasi di Google Cloud Print agar bisa juga digunakan teman anda

Google Cloud Print

Google Cloud Print adalah sebuah sarana yang dibangun oleh Google untuk memfasilitasi pengguna agar dapat mencetak file dari mana saja terhadap printer yang telah ditentukan. Diistilahkan juga dengan Remote Printing. Di sini Google cloud print berfungsi sebagai platform yang menerima perintah pencetakan, memprosesnya dan mengirim file yang akan dicetak ke printer yang telah diregistrasi oleh pengguna.

Perintah ini dapat dilakukan dari perangkat apa saja (tidak terbatas pada perangkat android saja), kapan saja dan dari mana saja selama printer tujuan selalu dalam keadaan ON dan terkoneksi dengan jaringan internet. Selain itu Google Cloud Print dilengkapi dengan fitur Share, sehingga printer tersebut bisa digunakan pihak lain yang kita ijinkan atau digunakan oleh sebuah group.

Untuk menggunakan fitur Google Cloud Print ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Akun Google
  2. Browser Google Chrome di perangkat komputer atau laptop.
  3. Printer baik yang bisa terkoneksi dengan internet langsung (dilengkapi wifi) atau printer klasik yang menggunakan kabel.
  4. Aplikasi Google Cloud Print
    Untuk Android, sejak android Kitkat, perangkat android sudah terdapat aplikasi Google Cloud Print. Namun jika belum ada bisa anda install dari Google Play Store. Untuk Android Jelly Bean ke bawah, fitur Google Cloud Print tidak tersedia.
  5. Jaringan internet.

Setup Printer di Google Cloud Print
Pada bagian 2 ini kita fokus bahas printer klasik yang tidak ada fitur “Google Cloud Ready printer” dan selalu terkoneksi dengan komputer dengan koneksi kabel USB atau kabel lainnya. Untuk printer yang memiliki fitur “Google Cloud Ready printer” silahkan baca pada tulisan sebelumnya di Android printing bag-1.

Silahkan koneksi kan printer anda dengan komputer baik itu melalui kabel USB, wifi atau bluetooth seperti biasa anda gunakan printer anda selama ini. Kemudian ikuti langkah berikut untuk registrasi printer di Google Cloud Print.

  1. Jalankan aplikasi browser Chrome dari komputer/laptop.
  2. Klik menu (ikon bergambar tiga lapis garis horisontal) di pojok kanan atas
  3. Klik settings
  4. Dibagian paling bawah klik Advanced Settings
    Setup Google Cloud print-1
  5. Cari bagian Google Cloud Print, lalu klik Manage
    Setup Google Cloud print-2
  6. Di bawah bagian Classic printers, klik Add printers. Kemudian masukkan akun Google.
    Setup Google Cloud print-3
  7. Di halaman Printers to register, terdapat beberapa jenis print dokumen . Pastikan nama printer kita tercentang di daftar tersebut. Yang lainnya biarkan apa adanya. Lalu klik Add Printer(s).
    Setup Google Cloud print-4
  8. Selesai. Muncul pesan printer kita sudah ter-registrasi di Google Cloud Print.

Setup Google Cloud print-5

Setup Google Cloud Print pada perangkat android
Untuk Android Kitkat ke atas, fitur ini sudah ada. Silahkan lihat di smartphone/tablet anda.
Masuk ke menu Settings > di bagian system, klik Printing > Cloud print atau Google Cloud Print > Aktifkan.
Akan terlihat muncul nama printer yang telah anda setup di Google Cloud Print sebelumnya. Sekarang anda sudah bisa mencetak file dari perangkat android anda.

Google Cloud print pada Android

Cara mencetak file dari perangkat android
Untuk mencetak file dari perangkat android sangat sederhana tergantung, apakah aplikasi yang menggunakan atau membuka file tersebut ada fitur print atau tidak.

  • Jika ada fitur Print, berarti kita bisa langsung mencetak file tersebut. Buka Menu dari aplikasi tersebut lalu klik Print untuk langsung mencetak file tersebut. Seperti Foto, email, document dari word atau excel mobile, memiliki fitur Print.

    Print Foto via Google Cloud Print

    Print Foto via Google Cloud Print

  • Jika aplikasi tidak memiliki fitur Print, bisa gunakan fitur Share atau Export dari aplikasi tersebut. Share atau Export tujuannya adalah menkonversi file atau document sehingga file tersebut dapat dibagikan atau di-share dalam format yang umum, seperti format .pdf untuk tulisan dan .jpg untuk gambar atau foto.
    • Share arahkan atau pilih Google drive dan disimpan dalam format .jpg atau .pdf,
    • Export pilih simpan ke memory perangkat android dengan format .pdf atau .jpg.

Kemudian file yang sudah disimpan di memory atau Google drive dibuka lagi. Yang .pdf akan dibuka oleh Adobe reader atau aplikasi pdf lainnya dan segera bisa langsung di print. File yang berformat .jpg akan terbuka menggunakan Gallery atau yang semisal, dan kemudian bisa langsug di print.

Tips.
Untuk mengatasi masalah aplikasi yang tidak ada fitur print-nya, sebaiknya install juga aplikasi printing seperti Printshare atau Easyprint dari Playstore karena aplikasi ini akan muncul di daftar pilihan Share.
Dari aplikasi yang tidak ada pilihan print, klik saja Share, dari daftar pilihan, pilih Printshare atau Easyshare. dan file yang “tidak umum” tersebut bisa langsung di print.

Share file ke Printshare untuk di print langsung

Share printer ke pihak lain
Jika anda ingin berbagi printer dengan pihak lain agar orang lain pun bisa menggunakan printer tersebut, Google cloud print menyediakan fitur Share. Misalkan ada teman atau keluarga yang ingin numpang nge print, atau di kantor berbagi printer dengan teman sekerja, anda cukup Share printer yang sudah ter-registrasi di Google cloud print dengan akun Google teman anda. Caranya:

  1. Masuk ke bagian settings google Chrome seperti cara registrasi di atas.
  2. Klik nama printer yang akan di Share
  3. Di Tab bagian atas klik Share
    Share Cloud Peinter-1
  4. Di jendela popup, masukkan akun Google (alamat email) dari pihak yang akan menggunakan printer tersebut.
  5. Di sebelah kanan ada pilihan “Can print” atau “Can manage”. Pilih “Can print” saja, agar pihak lain tersebut cuma bisa untuk print saja.
  6. Klik Share
    Share Cloud Peinter-2

Google akan mengirim email ke teman anda. Minta teman anda tersebut membuka email, lalu klik Add printer dan klik Accept. Jika teman tersebut tidak setuju, minta dia klik Reject.
Kemudian nama printer akan muncul di daftar Google Cloud print smartphone/tablet teman anda dan teman anda bisa langsung mencetak file dari smartphone/tablet nya.

Share Cloud Peinter-3

Buka email printer sharing

 

Share Cloud printer-03

Accept sharing printer

Catatan
Email yang dikirim oleh Google ke teman anda tersebut, minta dia membuka email melalui laptop/PC. Dari pengalaman kami, jika email terebut dibuka menggunakan smartphone/tablet, setelah klik Add printer, tidak muncul pilihan Accept / Reject, namun justru seolah diminta untuk registrasi printer. Ini tentu akan membingungkan teman anda. Namun ini hanya untuk pertama kali saja saat membuka email konfirmasi dari Google. Jika nama printer sudah muncuk di smartphone/tablet teman anda, selanjutnya untuk mencetak file teman anda bisa melakukannya dari smartphone/tablet-nya.


Artikel terkait:
– Android printing bag-1: Print file langsung dari perangkat android
– Android printing bag-3: Print file langsung dari perangkat android via USB OTG
– Android Printing: Print via USB OTG menggunakan print service plugin pengganti Printershare (Update 2017)
– Settings Anti Flicker (anti kedip) pada camera android
– Cara menulis cepat pada keyboard android dengan fitur Trace input
– Cara settings keyboard android untuk bahasa Arab
– Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet
– USB OTG (On The Go), apa maksud dan fungsinya
– Cara menambahkan dan menghapus akun Google pada smartphone atau tablet android
– Cara menampilkan alamat usaha di Google maps
– Cloud storage, tempat menyimpan data digital di internet