Cara menulis cepat pada keyboard android dengan fitur Trace input

Salah satu fitur yang ada pada keyboard android adalah Trace input. Dengan fitur ini pengguna android dapat menulis dengan lebih cepat. Pengguna tidak lagi mengetikkan huruf satu-satu pada keyboard seperti cara konvesional yang selama ini biasa dilakukan. Cukup dengan menyeret ujung jari di atas keybord android melalui beberapa huruf dan secara otomatis perangkat android akan memprediksi kata apa yang dimaksud pengguna ditambah dengan beberapa kata alternatif yang muncul di atas dashboard keyboard dan pada daftar kosa kata seperti contoh gambar berikut.

Trace input keyboard - android

Agar fitur Trace input dari keyboard android ini dapat berfungsi sesuai harapan, ada beberapa settings yang perlu dilakukan. Apalagi di sini umumnya kita menggunakan bahasa Indonesia sehingga keyboard android pun akan dapat mempredikisi kata-kata dalam bahasa Indonesia dengan baik. Dari pengalaman kami prediksi kata yang dihasilkan untuk bahasa Indonesia sudah cukup sempurna, di tambah lagi dengan kata-kata gaul, seperti kata gue, ente, gak dan juga kata-kata yang disingkat seperti gk, bbrp dan lain-lain. Penggunaan kata-kata alternatif sangat jarang asalkan kita menyeret jari di atas keyboard pada huruf yang sesuai.

Berikut settings pada keyboard android untuk bisa menulis dengan cepat.

  1. Mengaktifkan fitur Trace input
    • Setttings > Language & input > Android keyboard / Samsung Keyboard (Samsung) / ZenUi Keyboard (ASUS)
    • Cari Trace Input kemudian klik untuk memberi tanda centang atau mengaktifkannya.
  2. Memilih bahasa untuk keyboard.
    Di sini tujuannya memilih bahasa Indonesia dan menonaktifkan pilihan bahasa Inggris agar prediksi kata yang muncul sesuai untuk bahasa Indonesia. Pilihan bahasa Inggris ini secara default sudah ditetapkan sehingga kita perlu menonaktifkannya.

    • Masih di bagian Android keyboard / Samsung Keyboard (Samsung) / ZenUi Keyboard (ASUS)
    • Pilih dan klik Input languages
    • Use system language“. Jika pilihan ini masih tercentang /aktif, coba dinonaktifkan. Jika masih aktif kita tidak bisa memilih bahasa selain bahasa yang digunakan oleh sistem android, yaitu bahasa Inggris.
    • Geser layar dan cari bahasa Indonesia dahulu lalu diaktifkan / tercentang. Baru kemudian nonaktifkan pilihan bahasa Inggrisnya.

Kembali ke menu utama android dan buka aplikasi yang memunculkan keyboard android, seperti WA, Note, SMS, BBM dan aplikasi apa saja yang memunculkan keyboard android. Silahkan dicoba. Misalkan mengetikkan kata ANDA. Tempelkan ujung jari ke huruf A, seret ke huruf N, seret lagi ke huruf D, dan terakhir seret ke huruf A. Baru jari diangkat. Jika jari diangkat berarti sudah selesai menuliskan kata.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video dari youtube di sini.

Catatan:
Fitur Trace input ini hanya tersedia pada android Kitkat ke atas. Kami test pada perangkat android Jelly Bean ternyata tidak terdapat fitur ini.


Artikel terkait:
– Cara settings keyboard android untuk bahasa Arab
– Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet
– Membuat group ikon di Layar depan (Home Screen) perangkat Android
– Cara menambahkan dan menghapus akun Google pada smartphone atau tablet android
– Cara melacak perangkat android yang hilang dengan Android Device Manager
– Cara install dan menggunakan Whatsapp pada perangkat android tanpa simcard
– Cara aktifkan fitur Telepon pada WhatsApp
– Settings Anti Flicker (anti kedip) pada camera android
– Menyembunyikan dan mengembalikan file yang tersembunyi pada Redmi Note 4
– Android Printing bag-2: Cara setup dan menggunakan Google Cloud Print
– Android printing bag-3: Print file langsung dari perangkat android via USB OTG