Android printing bag-3: Print file langsung dari perangkat android via USB OTG

Tulisan ini berfokus pada cara menghubungkan printer langsung ke perangkat android dan cara mencetak file dari perangkat android terhadap printer yang terkoneksi langsung dengannya.

Ada beberapa cara untuk menghubungkan printer langsung ke perangkat android tergantung dari koneksi yang dimiliki oleh printer tersebut. Ini sama seperti menghubungkan printer dengan komputer. Ada yang menggunakan wi-fi, bluetooth atau kabel USB. Pada tulisan ini kita berfokus pada koneksi printer klasik yang menggunakan kabel USB.

Mencetak file ke printer yang terkoneksi langsung ke perangkat android, sampai saat ini belum di support oleh sistem operasi android karenanya kita membutuhkan aplikasi tambahan yang bisa didownload dari Google Play store. Di sini kita menggunakan aplikasi Printshare sebagai aplikasi yang memproses pencetakan file dari perangkat android.

Untuk keperluan ini hal yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Kabel USB OTG
  • Printer dengan koneksi kabel USB
  • Aplikasi gratis Printshare dari Google Play store
  • Perangkat Android yang memiliki fitur USB OTG.

Kemudian lakukan persiapan seperti berikut:

  1. Pastikan smartphone atau tablet android memiliki fitur USB OTG. Jika anda belum tahu apakah perangkat android anda memiliki fitur USB OTG atau tidak, silahkan lihat caranya di sini atau lihat video nya di sini.
  2. Silahkan download dan install Aplikasi Printshare di perangkat android. Jika saat ini anda sedang online melalui komputer atau laptop membaca tulisan ini, anda bisa langsung install aplikasi Printshare dari Google play di sini. Pastikan akun Google yang digunakan saat Sign-in sama dengan akun Google pada perangkat android yang akan di install aplikasi Printshare. Sehingga aplikasi Printshare akan terinstall di perangkat android anda melalui komputer atau laptop.

Setup printer di perangkat Android.
Untuk setup printer di perangkat android ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pasang atau colokkan kabel USB OTG pada perangkat android
  • ON kan printer, lalu koneksikan kabel USB printer ke USB OTG, jangan lupa pasang juga kertas untuk test print.

Koneksi Android dengan Printer via USB OTG

Kemudian:

  1. Jalankan aplikasi Printshare di perangkat android.
  2. Klik Select printer di bagian bawah aplikasi Printshare
  3. Dari menu pop up, pilih ‘Direct USB Connected’
    Setup printer di android-01
  4. Jenis printer anda akan terdeteksi. Klik nama Printer tersebut. Jika belum muncul, klik Scan for printer di bagian bawah layar untuk melakukan scan ulang.
  5. Kemudian Anda diminta download driver, klik Yes dan tunggu beberapa saat sampai download dan install driver selesai.
    Setup printer di android-02
  6. Muncul jendela pop up sebagai pemberitahuan bahwa printer anda sudah dikonfigurasi dan siap digunakan. Anda di minta print test page. Klik Print Test Page.
  7. Di halaman Print Preview, klik Options ada beberapa pilihan untuk mengatur printing, seperti: Paper size (ukuran kertas), Type printout (cetak warna atau hitam putih), Print Margin, skala terhadap kertas dan sebagainya.
  8. Kemudian klik Print untuk memulai print test page. Muncul jendela pop up Print Options, lalu klik OK. Dan tunggu sampai printing test page selesai.
    Setup printer di android-03

Cara mencetak file langsung dari perangkat android.
Untuk mencetak file, bisa dilakukan langsung melalui Aplikasi Pintshare. Jalankan aplikasi Printshare, di halaman muka terdapat pilihan jenis file yang akan di cetak. Jika perangkat android nya memiliki memory eksternal SD Card, setelah memilih jenis file yang akan di cetak, akan ada pilihan memory penyimpan, Internal Storage atau SD Card. Silahkan pilih di mana file yang akan dicetak tersebut di simpan. Dengan cara ini anda harus tahu di mana letak file yang akan dicetak. Di folder apa dan di memory yang mana.

Atau bisa juga langsung membuka file yang di cetak. Lalu buka menu dari aplikasi yang membuka file tersebut. Jika ada pilhan Print, berarti file tersebut bisa langsung di cetak. Aplikasi yang memiliki fitur Print diantara, Photo, Email, Adobe PDF reader atau PDF Reader yang lain, MS Excel atau Word. Aplikasi-aplikasi ini kita bisa leluasa mencetak file nya.

Setup printer di android-04

 

Untuk aplikasi yang tidak ada pilihan Print, gunakan pilihan Share. Di dalam pilihan share terdapat banyak tujuan Share termasuk diantaranya Printshare. Pilih Printshare untuk segera mencetak file yang dimaksud.

Setup printer di android-05

Update Feb 2017

Prtintshare update 2016

Printershare update: harus beli premium sejak 13 Oktober 2016

Printershare tidak lagi memberikan fitur gratis untuk mencetak file pdf, doc, atau xls terhitung sejak 13 Oktober 2016 kecuali dengan membeli aplikasi Printershare Premium. Namun untuk mencetak file foto berupa jpg masih bisa. Caranya:
Gallery > pilih foto > Share > Printershare > Print > OK


Artikel terkait:
– Android printing bag-1: Print file langsung dari perangkat android
– Android printing bag-2: Cara setup dan menggunakan Google Cloud Print
– USB OTG (On The Go), apa maksud dan fungsinya
– Settings Anti Flicker (anti kedip) pada camera android
– Cara menulis cepat pada keyboard android dengan fitur Trace input
– Cara settings keyboard android untuk bahasa Arab
– Android Printing: Print via USB OTG menggunakan print service plugin pengganti Printershare (Update 2017)
– Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...