Android printing bag-1: Print file langsung dari perangkat android

Walaupun perangkat android seperti smartphone atau tablet kemampuannya tidak secanggih komputer, namun fungsi dasar dari komputer dapat juga dikerjakan oleh perangat android. Termasuk dalam hal ini mencetak file ke printer. Selama ini jika kita ingin mencetak file dari perangkat android, file tersebut harus ditransfer dulu ke komputer kemudian baru bisa di print melalui komputer atau laptop. Karena printer yang dimiliki biasanya sudah terkoneksi dengan komputer. Kini, perangkat android telah dilengkapi kemampuan untuk mencetak file langsung ke printer sehingga kita tidak perlu lagi mentransfer file tersebut ke komputer terlebih dahulu.

Remote Print

Ada dua teknik untuk mencetak file langsung dari perangkat android ke printer. Yaitu:

  • Remote Printing
  • Nearby Printing

A. Remote Printing
Remote Printing adalah istilah yang digunakan untuk mencetak file dari jarak jauh menggunakan jaringan internet. Untuk keperluan ini perangkat android sejak android Kitkat telah dilengkapi dengan aplikasi Google Cloud Print. Google Cloud Print ini yang memfasilitasi perangkat android agar bisa print file dari jarak jauh selama perangkat android dan printer terkoneksi dengan jaringan internet. Untuk mencetak file dengan teknik Remote Printing ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Pastikan perangkat android sudah terinstall aplikasi Google Cloud Print.
    Lihat di bagian settings perangkat android. Biasanya terletak di bawah bagian System. Aplikasi ini biasanya sudah terinstall di perangkat android oleh developer nya. Aktifkan Cloud print dengan cara: Klik Settings > Printing > Cloud print > ON-kan.
  2. Registrasi Printer ke Google cloud print.
    Untuk registrasi ini tergantung pada jenis printer yang dimiliki. Untuk keperluan ini kita golongkan ke dalam dua jenis printer. Yaitu printer yang sudah dilengkapi fitur “Google Cloud Ready printer”  dan yang tidak ada fitur “Google Cloud Ready printer”.

    • Untuk printer yang ada fitur “Google Cloud Ready printer“.
      Silahkan baca buku petunjuknya cara registrasi ke “Google Cloud Ready Printer”. Setiap printer memiliki cara yang berbeda. Atau bisa anda kunjungi “Google cloud print ready” untuk melihat di daftar printer apakah printer anda support Cloud ready printer atau tidak. Printer yang sudah dilengkapi “Cloud ready print” biasanya terdapat logo “Google Cloud Print ready” atau “ePrint” untuk printer merek HP di kotak kemasan atau badan printer.
    • Untuk printer yang tidak ada fitur “Google Cloud Ready printer
      Untuk printer jenis ini silahkan registrasi melalui komputer atau laptop. Namun sebelumnya koneksikan dahulu printer anda ke komputer atau laptop, baik menggunakan kabel USB, wi-fi atau bluetooth.

      • Buka aplikasi browser Google Chrome, lalu Sign-in menggunakan akun Google yang sama dengan akun Google pada perangkat android anda.
      • klik Menu Burger (ikon bergambar garis tebal lapis 3 pojok kanan atas)
      • Klik Settings > Advanced Settings > cari Google Cloud Print > klik Manage > Add printer

Untuk cara mencetaknya, kita tinggal memilih file yang ingin di cetak. Lalu klik Print atau Share dari menu file tersebut.

Print via Google Cloud Print

B. Nearby Printing
Nearby Printing maksudnya kita bisa mencetak file pada printer yang ada di dekat kita. Seperti halnya mencetak file langsung dari komputer/laptop ke printer. Cara mencetak file seperti ini, perangkat android belum dilengkapi aplikasi khusus. Karenanya dibutuhkan aplikasi pihak ke tiga yang membantu perangkat android mengenali printer yang terkoneksi dengan perangkat android. Aplikasi yang digunakan adalah Printshare yang bisa didownload di play store.

Untuk menghubungkan printer ke perangkat android, ada beberapa cara tergantung jenis koneksi printer yang dimiliki.

  1. Jika printer memiliki wi-fi, koneksikan printer dengan jaringan wi-fi yang sama dengan yang digunakan oleh perangkat android.
  2. Jika menggunakan bluetooth, aktifkan bluetooth di printer dan perangkat android lalu pasangkan (pairing) printer dan perangkat android via bluetooth ini.
  3. Jika printer koneksinya menggunakan kabel USB, anda membutuhkan kabel USB OTG sebagai tambahan. Colokkan kabel USB OTG ke perangkat android, lalu colokkan juga kabel USB printer ke ujung kabel USB OTB.

Setup printer pada Printshare

Kemudian aktifkan aplikasi Printshare, klik Select untuk memilih jenis koneksi printer yang anda miliki, wi-fi, bluetooth atau USB. Tunggu beberapa saaat sampai perangkat android mendeteksi printer. Kemudian kita diminta untuk download driver. Ikuti saja prosesnya sampai download dan install driver selesai. Selanjutnya printer bisa langsung digunakan.

Untuk cara print file dengan Google Cloud Print (Remote Printing) selengkapnya lihat di  Android Printing bag-2: Cara setup dan menggunakan Google Cloud Print. Untuk cara print dengan Printshare (Nearby Printing) silahkan lihat di Android printing bag-3: Print file langsung dari perangkat android via USB OTG


Artikel terkait:
– Android Printing bag-2: Cara setup dan menggunakan Google Cloud Print
– Android printing bag-3: Print file langsung dari perangkat android via USB OTG
– Settings Anti Flicker (anti kedip) pada camera android
– Cara menulis cepat pada keyboard android dengan fitur Trace input
– Cara settings keyboard android untuk bahasa Arab
– Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet
– USB OTG (On The Go), apa maksud dan fungsinya
– Cara menambahkan dan menghapus akun Google pada smartphone atau tablet android

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...