ShareLink: Aplikasi transfer file antara komputer dan perangkat android dengan atau tanpa wi-fi

Share Link merupakan salah satu aplikasi android untuk mentransfer file antara komputer dan perangkat android. Tampilannya sangat sederhana dan mudah digunakan. Dan yang pasti tidak memerlukan kabel data atau USB.

Share Link bekerja dengan dua mode, yaitu:

  1. Melalui jaringan Wifi. Ini berarti kita membutuhkan wifi hotspot atau wifi router/modem dan kedua perangkat harus terhubung ke jaringan wifi yang sama.
  2. Menggunakan Wifi Tethering. Koneksi ini tidak membutuhkan wifi hotspot atau wifi router/modem secara permanen. Karena saat transfer file salah satu perangkat android berfungsi menjadi portable hotspot sementara bagi perangkat yang lain.

share link symbol

Mode pertama, secara umum diperuntukkan untuk koneksi antara perangkat android dengan komputer. Jika ingin mentransfer file antara komputer dengan perangkat android menggunakan Share Link, kedua perangkat harus terkoneksi dengan jaringan wifi yang sama. Hal ini dikarenakan pada umumnya komputer masih belum dilengkapi dengan fungsi wifi tethering.

Namun koneksi komputer dengan android tetap bisa dilakukan walau tanpa jaringan wifi dari wifi hotspot atau wifi router, yaitu dengan cara menjadikan perangkat android kita sebagai portable wifi hotspot bagi komputer. Lihat caranya di bagian bawah.

Sedangkan Mode kedua diperuntukkan bagi koneksi antar sesama perangkat android. Hal ini dikarenakan perangkat android umumnya sudah dilengkapi dengan fungsi wifi tethering, baik itu tablet ataupun smartphone. Koneksi kedua perangkat ini tidak membutuhkan jaringan wifi sehingga kita bisa mentransfer file ke perangkat android yang lain di manapun berada tanpa membutuhkan wifi hotspot atau wifi router.

Cara transfer file antara komputer dengan perangkat android (dengan jaringan wifi).
Silahkan download dan install aplikasi ShareLink buat perangkat androidnya di Play store, dan untuk komputer atau laptop download di sharelink.asus.com. Setelah di install silahkan lihat di bagian settings nya untuk mengetahui atau membuat folder baru tempat menyimpan data atau file hasil transfer. Kemudian pastikan kedua perangkat sudah terhubung ke jaringan wifi yang sama.

Koneksi Share link PC - Android
Gambar-1: Koneksi Share link PC – Android

Transfer file dari android ke komputer:

  1. Aktifkan atau jalankan aplikasi Share Link di ke dua perangkat.
  2. Klik Send dari perangkat android lalu pilih file yang akan di tansfer ke komputer.
  3. Klik “Share selected file” di bagian bawah layar
  4. Di bagian atas layar terdapat pilihan Add dan Send. Klik Add jika ingin menambahkan file yang akan di transfer. Atau Klik Send jika ingin langsung mentransfer file yang sudah di pilih.
  5. Setelah klik Send pada android, pada komputer klik Receive.
  6. Tunggu sebentar sampai muncul nama komputer atau laptop anda di layar android. Jika sudah muncul klik nama komputer tersebut.
  7. Jika sudah, klik done di bagian bawah komputer. Atau klik ikon Folder di bagian atas untuk melihat file hasil transfer yang sudah tersimpan di komputer.

Transfer file dari komputer ke android:

  1. Klik Send dari komputer
  2. Klik tanda + untuk memilih file yang akan ditransfer atau ambil file yang akan ditransfer dan drop di tengah layar Share Link komputer (drag & drop).
  3. Klik Send pada komputer
  4. Pada android klik Receive. Muncul pilihan “from mobile” dan “from PC“. Pilih from PC karena saat ini kita menerima transfer file dari komputer.
  5. Pada komputer muncul nama perangkat android anda, lalu klik nama perangkat android tersebut. Tunggu proses transfer selesai.
  6. Jika sudah, pada android muncul daftar file yang diterima dari komputer. Klik link tersebut untuk melihatnya
  7. Klik tanda panah ke kiri di bagian atas untuk kembali ke menu awal Share Link. Klik OK jika ada pop up muncul.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut ini, tentang cara menggunakan ShareLink untuk transfer file antara komputer dan perangkat android.

Cara Transfer file antar perangkat android (dengan atau tanpa jaringan wifi).
Cara transfer file antar perangkat android tidak berbeda dengan cara transfer file antara komputer dengan perangkat android seperti di atas. Aplikasi Share Link harus sudah terinstall di kedua perangkat android. Namun yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Pada perangkat android penerima. Saat anda klik Receive, akan muncul pilihan “from mobile” atau “from PC“. Anda pilih from mobile.
  2. Saat anda klik from mobile, komponen wifi di perangkat android penerima berubah fungsi menjadi wifi tethering. Setelah proses transfer, wifi akan kembali berfungsi seperti semula. Ini terlihat dari hilangnya ikon wifi bagian atas layar dan digantikan dengan munculnya ikon wifi tethering di pojok kiri atas layar.

    Ikon wifi berganti ikon wifi tethering
    Gambar-2: Ikon wifi berganti ikon wifi tethering
  3. Jika anda sedang terkoneksi dengan internet menggunakan wifi, maka koneksi internet anda akan terganggu sesaat ketika anda mengirim atau menerima file dari perangkat android yang lain menggunakan aplikasi Share Link ini.

Cara transfer file antara komputer dengan perangkat android tanpa jaringan wifi

Untuk koneksi komputer dengan perangkat android tanpa jaringn wifi, perangkat android harus diaktifkan dulu fungsi wifi tethering nya. Berikut caranya,

  1. Menjadikan perangkat android sebagai portable hotspot bagi komputer dengan mengaktifkan fungsi wifi tethering nya.
    • Settings > dibagian wireless & network klik More… > Tethering > klik ON sebelah Portable Wifi Hotspot
    • Klik setup wifi hotspot untuk melihat atau mengganti passwordnya. Lainnya biarkan saja.

      Setup wifi hotspot pada android
      Gambar-3: Setup wifi hotspot pada android
  2. Koneksikan wifi komputer ke portable wifi hotspot perangkat android. Caranya:
    • Klik ikon wifi di pojok kanan bawah layar komputer
    • Pilih perangkat android anda yang tadi telah diaktifkan portable wifi hotspot nya, kemudian isikan passwordnya dan klik Connect.

      Koneksi wifi PC ke android hotspot
      Gambar-4: Koneksi wifi PC ke android hotspot
  3. Setelah wifi komputer terkoneksi dengan portable hotspot perangkat android, aktifkan Share Link di kedua perangkat. Terlihat di bagian bawah komputer gambar di atas, ikon wifi disertai tanda peringatan berwarna kuning yang menunjukkan tidak ada akses internet. Biarkan saja karena yang dibutuhkan hanya koneksi dengan portable hotspot android, bukan akses internet.

Kedua perangkat sudah bisa saling transfer file menggunakan Share Link seperti cara dia atas. Akan muncul pesan seperti berikut yang menyatakan tansfer file dengan Share Link hanya bisa dilakukan terhadap perangkat yang terhubung ke portable hotspot dari perangkat android tersebut.

Share link portable hotspot
Gambar-5: Share link portable hotspot

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut ini, tentang cara transfer file antara komputer atau laptop dengan android menggunakan Sharelink tanpa memerlukan jaringan internet atau wi-fi hotspot atau wi-fi router/modem. Jika videonya kurang jelas silahkan pilih kualitas HD atau FullHD di bagian setting pojok kanan bawah halaman video ini.


Artikel terkait:
– Update Airdroid, menampilkan layar android [tanpa root] di laptop/PC
– Fitur baru PC Link: Merekam video layar android dan Koneksi tanpa kabel menggunakan Wi-Fi
– Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Tethering, berbagi koneksi internet dari smartphone: Wi-Fi Tethering
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Cara mengaktifkan PC Link pada Asus Zenfone (Screen Mirroring)
– USB OTG (On The Go), apa maksud dan fungsinya
– Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet
– Memanfaatkan fitur Soft AP pada Smart TV
– Apa itu NFC dan bagaimana cara menggunakannya