Memanfaatkan fitur Soft AP pada Smart TV

Tulisan ini bertujuan menjelaskan fitur Soft AP pada Smart TV dan cara menggunakannya sebagai solusi koneksi wireless antara Smart TV dengan perangkat eksternal seperti komputer atau laptop, smartphone atau tablet, jika tidak tersedia wifi router atau wifi hotspot.

Soft AP adalah satu satu fitur yang terdapat pada Smart TV yang digunakan untuk membangun sebuah hotspot sehigga perangkat elektronik yang memiliki wifi dapat terkoneksi dengannya untuk berbagi akses internet. Soft AP berupa software yang menambah fungsi wifi card menjadi sebuah hotspot atau disebut juga virtual router. Walaupun fungsi wifi card dijadikan sebagai sebuah hotspot, namun tetap bisa berfungsi sebagai wafi client sehingga tetap terkoneksi dengan jaringan internet induk, misalnya dari wifi router atau wifi hotspot yang lain.
Jadi sebuah wifi card Smart TV dapat berfungsi sebagai wifi client sekaligus sebagai wifi hotspot dengan adalanya Soft AP ini.

Ilustrasi penggunaan Soft AP
Gambar-1: Ilustrasi penggunaan Soft AP

Soft Ap singkatan dari Soft Access Point yang berupa software yang memungkinan wifi card berfungsi sebagai wifi client dan wifi hotspot sekaligus. Mirip dengan wifi tethering pada android. Bedanya Soft Ap tetap bisa akses internet walupun wifi card nya difungsikan juga sebagai wifi hotspot. Sedangkan wifi tethering pada android, wifi nya tidak bisa digunakan akses internet selama wifi tethering diaktifkan.

Setiap perangkat elektronik yang dilengkapi wifi dapat kita hubungkan dengan Smart TV seperti komputer atau laptop, smartphone atau tablet, blue ray player, home theater dan sebagainya. Jumlah perangkat yang bisa terhubung dengan wifi hotspot Soft AP ini terbatas. Sekitar 4 perangkat kurang/lebih tergantung juga dari merk Smart TV nya. Jika tidak terdapat wifi hotspot atau wifi router/modem di rumah atau di kantor, kita bisa memanfaatkan fitur Soft AP ini untuk terkoneksi degnan Smart TV. Fituri yang tentu bermanfaat sekali bagi yang tidak memiliki wifi hotspot atau wifi router di rumah atau di kantor agar bisa terkoneksi dengan smart TV.

Mengaktifkan fitur Soft AP pada Smart TV

LG Smart TV:

  1. Dari remote control tekan Home
  2. Pilih Settings
  3. Dibagian Network:
    • Lihat nama perangkat dibagian My TV Name, ini akan menjadi nama hotspot dari smart TV anda. Anda bisa menggantinya dengan klik My TV Name.
    • Pilih dan klik Soft AP. Aktifkan fungsi Soft AP dengan mengeklik tombol ON. Catat Password nya atau klik Change untuk menggantinya. Panjang password minimal 8 karakter. Selesai
Settings Soft AP pada Smart TV LG
Gambar-2: Settings Soft AP pada Smart TV LG

Samsung Smart TV:

  1. Dari remote control tekan tombol Menu
  2. Pilih bagian Network, kemudian:
    • Lihat nama perangkat dibagian Device Name, ini akan menjadi nama hotspot dari smart TV anda. Anda bisa menggantinya dengan klik Device Name.
    • Pilih dan klik Soft AP. Aktifkan fungsi Soft AP dengan mengeklik tombol ON. Catat Security Key (Password) nya atau klik Change untuk menggantinya. Panjang password minimal 8 karakter. Selesai
Settings Soft AP pada Smart TV Samsung
Gambar-3: Settings Soft AP pada Smart TV Samsung

Hampir sama cara aktifkan Soft AP di kedua contoh smart TV di atas. Begitu juga untuk merk lain, mungkin istilahnya saja yang berbeda.

Menghubungkan perangkat eksternal ke Smart TV.
Perangkat yang ada wifi nya bisa dihubungkan ke hotspot dari smart TV. Silahkan lihat di bagian wifi nya.

Untuk perangkat android:

  1. Klik Settings > di bagian Network & wireless klik wifi > terlihat daftar Nama wifi hotspot
  2. Pilih hotspot dari Smart TV anda sesuai dengan nama smart TV nya.
  3. Klik Connect dan masukkan Password nya sesua dengan password Soft AP nya.

Untuk komputer atau laptop, silahkan klik ikon wifi di pojok kanan bawah untuk melihat daftar hotspot. Lalu pilih dan koneksikan dengan hotspot dari smart TV anda.

Jika perangkat sudah terkoneksi dengan hotspot smart TV, anda bisa aktifkan fungsi DLNA di perangkat tersebut (komputer atau android atau lainnya) untuk memainkan media seperti video, mp3 atau foto di Smart TV. Silahkan lihat cara membangun jaringan DLNA. Sebelumnya kita membangun jaringan DLNA menggunakan wifi router atau wifi hotspot, sekarang kita tetap bisa memggunakan DLNA tanpa wifi router/modem dengan fitur Soft AP ini.


Artikel terkait:
– Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet
– ShareLink: Aplikasi transfer file antara komputer dan perangkat android dengan atau tanpa wi-fi
– Berbagi foto-audio-video dari smartphone atau tablet ke Smart TV dengan DLNA
Membangun jaringan DLNA di rumah (DLNA Home Network)
– Berbagi foto-audio-video dari laptop/PC ke Smart TV dengan DLNA
– Cara settings keyboard android untuk bahasa Arab