Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet

Secara umum wifi tethering digunakan untuk berbagi akses internet dengan perangkat lain yang membutuhkan akses internet, seperti laptop atau komputer, Smart TV atau tablet. Jika hp atau smartphone memiliki paket data internet yang banyak atau unlimited, kita bisa berbagi dengan perangkat lain yang membutuhkan akses internet dengan memanfaatkan fungsi dari wifi tethering. Ini berarti hp atau smartphone berfungsi sebagai modem bagi perangkat lain seperti laptop, smart TV atau tablet.

Namun wifi tethering tetap bisa dimanfaatkan walaupun hp atau smartphone tidak memiliki paket data internet. Misalkan sekedar untuk menghubungkan antara smartphone dengan komputer atau laptop, antara smartphone dengan tablet, dan antara smartphone dengan Smart TV atau antar sesama smartphone.
Ini adalah tujuan dari tulisan ini. Menunjukkan beberapa manfaat lain dari wifi tethering tidak sekedar untuk berbagi akses internet.

wifi tethering symbol

Koneksi antara android dengan komputer dengan wifi tethering.
Umumnya kita menggunakan kabel USB atau jaringan wifi internet untuk koneksi antara android dengan komputer atau laptop. Kedua perangkat harus terhubung dengan jaringan wifi yang sama.
Namun jika tidak ada wifi hotspot dan tidak mau menggunakan kabel USB, kita bisa menggunakan wifi tethering sebagai sarana koneksinya.
Selain itu koneksi antara komputer dengan android secara wireless membutuhkan aplikasi yang diinstall di kedua perangkat. Aplikasi ini sangat banyak tergantung dari tujuan koneksi antara kedua perangkat tersebut. Di sini kita ambil contoh aplikasi Airdroid, ShareLink dan PC Link (screen mirror) yang banyak digunakan.

Airdroid
Airdroid banyak digunakan orang untuk koneksi antara komputer dengan android. Namun penggunaan aplikasi Airdroid ini membutuhkan akses internet karena saat kita buka aplikasi Airdroid di laptop atau komputer kita diminta log in dulu ke akun Airdroid kita atau mengunjungi alamat web.airdroid.com.
Bisa saja kita menggunakan airdroid untuk koneksi wireless antara komputer dengan android via wifi tethering asalkan android kita memiliki paket data internet untuk log in ke akun Airdroid. Jika tidak ada paket data sama sekali maka kita tidak bisa menggunakan aplikasi Airdroid ini. Selangkapnya tentang Airdroid dan cara menggunakannya bisa anda lihat di:

ShareLink
Koneksi menggunakan aplikasi ShareLink ini tidak membutuhkan akses internet sama sekali. Jadi jika kita tidak memiliki paket data di perangkat android tidak masalah, kita tetap bisa membangun koneksi antara komputer dengan android menggunakan aplikasi ShareLink via wifi tethering. ShareLik hanya membutuhkan koneksi antara kedua perangkat namun tidak membutuhkan akses internet. Ini salah satu kelebihan ShareLink dibandingkan Airdroid dan aplikasi yang serupa.

Kelebihan lain dari ShareLink adalah dapat digunakan untuk transfer data atau file di sesama perangkat android. Di saat menerima kiriman file dari perangkat android yang lain, secara otomatis perangkat android penerima akan mengaktifkan fungsi wifi tethering. Setelah transfer file selesai fungsi wifi tethering kembali off. Persis seperti transfer file menggunakan bluetooth antar sesama perangkat android namun kecepatannya jauh lebih tinggi dari bluetooth. Tentang ShareLink dan cara menggunakannya bisa anda lihat di :

PC Link
Jika anda suka menampilkan layar android di laptop atau komputer, atau dengan istilah lain screen mirroring, aplikasi PC Link adalah pilihan yang terbaik. Selain menampilkan layar android ke laptop, PC Link juga bisa digunakan untuk memindahkan data dari komputer ke android atau sebaliknya. Seperti halnya ShareLink,  aplikasi PC Link tidak membutuhkan akses internet sehingga kita tetap bisa menampilkan layar android di laptop hanya dengan mengaktifkan wifi tethering di perangkat android walaupun tanpa paket data..!! Keren kan…

Namun sayangnya, PC Link hanya diperuntukkan bagi perangkat ASUS dan yang sudah menggunakan android Lollipop saja. Jika perangkat android Asus anda masih KitKat ke bawah, screen mirroring menggunakan aplikasi PC Link tetap harus menggunakan kabel USB. Jika perangkat android anda selain Asus, anda bisa mencari aplikasi screen mirroring di play store. Berikut cara menampilkan layar android di komputer via wifi tethering.

  1. Aktifkan wifi tethering di perangkat android
  2. Koneksikan komputer atau laptop ke portabel hotspot dari android
  3. Aktifkan aplikasi screen mirroring seperti PC Link atau yang serupa dengannya di kedua perangkat.
  4. Selesai. Perangkat android anda sudah ditampilkan di layar laptop.

Selengkapnya tentang PC Link dan cara menggunakannya lihat di:

Ada satu lagi manfaat wifi tethering yaitu untuk membangun koneksi antara perangkat eksternal dengan Smart TV. Wifi tethering pada Smart TV diistilahkan dengan Soaft AP. Silahkan lihat di bagian Memanfaatkan fitur Soft AP pada Smart TV.


Artikel terkait:
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Update Airdroid, menampilkan layar android [tanpa root] di laptop/PC
– ShareLink: Aplikasi transfer file antara komputer dan perangkat android dengan atau tanpa wi-fi
– Cara mengaktifkan PC Link pada Asus (Screen Mirroring)
– Fitur baru PC Link: Merekam video layar android dan Koneksi tanpa kabel menggunakan Wi-Fi
– Bluetooth Tethering: Berbagi koneksi internet dengan Bluetooth
– Berbagi koneksi internet dari smartphone ke laptop/PC dengan USB Tethering
Wi-Fi Tethering, berbagi koneksi internet dari smartphone: Wi-Fi Tethering
– Memanfaatkan fitur Soft AP pada Smart TV
– Cara menulis cepat pada keyboard android dengan fitur Trace input
– Settings Anti Flicker (anti kedip) pada camera android
– Android printing bag-1: Print file langsung dari perangkat android
– Apa itu NFC dan bagaimana cara menggunakannya