Update Airdroid, menampilkan layar android [tanpa root] di laptop/PC

Airdroid adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk koneksi perangkat android smartphone/tablet dengan komputer tanpa menggunakan kabel. Beberapa fitur airdroid diantaranya:
• Transfer data antara komputer dan smartphone/tablet
• Mengontrol atau menggunakan smartphone/tablet dari komputer, seperti melihat atau mengirim SMS, nelpon, main whatsapp
• mengambil foto menggunakan camera dari smartphone/tablet dan mengambil screenshot dan sebagainya.

Airdroid 3

Sejak Airdroid versi 3.0, aplikasi Airdroid juga tesedia buat Windows. Sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan Web.Airdroid.com yang selama ini digunakan. Cukup dengan mengaktifkan apliksi Airdroid di smartphone/tablet dan komputer dan login dengan akun yang sama kita sudah bisa mengendalikan smartphone dari komputer.
Jadi sekarang ada dua jenis aplikasi Airdroid, yaitu:

1. Airdroid buat perangkat android dengan versi terbaru v3.1.6.
Silahkan update, caranya:

  • Aktifkan aplikasi Airdroid pada perangkat Android nya
  • Klik menu (ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas)
  • Klik Update

2. Airdroid Win, aplikasi airdroid buat Windows dengan versi terbaru v3.2.2.
Jika anda ingin menggunakan Airdroid Win selain yang selama ini digunakan, web.airdroid.com, silahkan download di https://www.airdroid.com/
Bagi yang sudah download biasanya akan muncul pesan untuk melakukan update, atau bisa anda update secara manual dengan cara:

  • Aktifkan aplikasi Aridroid Win pada komputer
  • Klik ikon kepala panah di pojok kanan atas
  • Lalu klik “Check for update”
  • Update baru akan berfungsi jika anda tutup aplikasi dan kemudian jalankan lagi.

Pada update terbaru Airdroid Win (v3.2.2), kita bisa menampilkan layar perangkat android di komputer (screen mirroring) tanpa menggunakan kabel USB buat perangkat smartphone/tablet android yang tidak di root (non-rooted). Fitur ini dinamakan AirMirror. Dengan fitur Airmirror, segala aktifitas kita di smartphone/tablet akan di tampilkan di layar komputer. Atau dengan istilah lain screen mirroring perangkat android di komputer.

Berikut caranya:
Silahkan download dan install dulu Airdroid Win v3.2.2 di komputer anda dari link di atas.
Selama ini jika menggunakan web.airdroid.com, kita scan QR Code yang ada di web.airdroid.com, baru perangkat android akan terkoneksi dengan komputer melalui alamat web.airdroid.com. Lihat cara menggunakan airdroid sebelumnya di sini.

Namun sekarang kita tidak menggunakan scan, tapi menggunakan akun yang kita daftarkan di airdroid. Setelah anda download dan install Airdroid Win v3.2.2 di komputer,

1. Buka aplikasi Airdroid di komputer. Untuk pertama kali, kita harus buat akun Airdroid dulu. Klik bagian “Sign up”, isikan alamat email anda. Tulis secara lengkap. Buat password nya (buat password baru bukan password email anda!!) lalu OK. Sekarang anda sudah masuk ke airdroid.

Buat akun Airdroid
Gambar-1: Buat akun Airdroid

2. Buka aplikasi airdroid di perangkat android smartphone/tablet. Klik ikon akun anda di pojok atas bergambar orang untuk Sign-in. Isikan alamat email dan password yang sama dengan akun yang anda buat di komputer di atas. Lalu klik Sign-in.

Airdroid - Masuk dengan akun yang sama dengan laptop/PC
Gambar-2: Masuk dengan akun yang sama dengan laptop/PC

Sekarang perangkat android anda sudah terhubung dengan komputer. Untuk menggunakan fitur Airmirror, ikuti langkah berikut.

  1. Klik Air mirror pada panel sebelih kiri (ikon bergambar teropong / keker)
  2. Muncul jendela Airmirror, lalu pilih perangkat android jika lebih dari satu. Terlihat pesan agar menggunakan kabel USB saat setup.

    Airdroid - Setup Airmirror pertama kali
    Gambar-3: Setup Airmirror pertama kali
  3. Hubungkan perangkat android dengan komputer menggunakan kabel USB
  4. Aktifkan USB Debugging. Atau klik “View setting guide” dan ikuti petunjuk yang ada untuk mengaktifkan USB Debugging. Terlihat pesan setting sekali saja dengan kabel USB untuk perangkat android yang tidak di Root.
  5. Jika selesai klik “Setting completed. Start”.
  6. Terlihat layar android di komputer. Biarkan selama beberapa menit sambil anda memainkan android anda.
  7. Cabut kabel USB atau keluar (tutup) dulu dari aplikasi airdroid di komputer atau di perangkat android. Jika ada pesan tidak usah dihiraukan, langsung cabut kabel USB atau tutup aplikasi airdroidnya.

Sekarang test tanpa kabel USB dan non aktifkan Developer options (pihan pengembang) nya di perangkat android sekaligus me-non aktifkan USB debugging nya.

  1. Buka aplikasi airdroid di komputer.
  2. Klik Airmirror (ikon bergambar teropong)
  3. Pilih nama perangkat android anda. Dan layar perangkat android anda akan muncul dilayar laptop. Selesai. Koneksi Screen mirror perangkat android anda dengan komputer telah berhasil.

Berikut screenshot koneksi Airmirror:

Airdroid - Airmirror screenshot
Gambar-4: Airmirror screenshot

Update Airdroid 3
Airdroid 3 telah mengeluarkan update terbaru untuk windows yaitu airdroid 3.3.0. Ada sedikit perubahan pada tampilan. Airmirror (ikon berbentuk keker) sekarang terletak di tengah bersama fitur baru, AirIME, menggunakan keyboard dari PC saat ngetik di perangkat android. Untuk lebih lengkapnya cara menggunakan airdroid 3 dengan fitur fitur AirMirror dan AirIME silahkan lihat video berikut. Jika gambar kurang jelas silahkan pilih kualitas video HD di bagian setting video tersebut.

Catatan:

  • Setelah dilepas kabel USB dan mencoba koneksi tanpa kabel tidak berhasil, Klik “Try again” seperti gambar berikut.
    Koneksi Airmirror gagal
    Gambar-5: Koneksi Airmirror gagal

    Bisa juga tutup dulu aplikasi airdroid dan restart komputer. Lalu coba lagi. Sehabis di restart komputernya bisasanya berhasil. Begitu juga jika delaynya sangat lama antara yang nampak di perangkat android dan di komputer. Coba retart komputernya. Hal ini terjadi pada perangkat android Kitkat non-rooted.

  • Koneksi Airmirror tanpa kable USB ini akan terus dapat digunakan selama perangkat android tidak pernah dimatikan. Jika dimatikan, anda harus mengulangi setup Airmirror dengan kabel USB lagi.
  • Selama perangkat android tetap Sign-in, koneksi Airmirror dengan komputer juga tetap dapat dijalankan. Namun jika anda keluar atau sign-out, ketika mengaktifkan fitur Airmirror di komputer, perangkat anda tidak muncul dalam daftar pilihan Airmirror. Jadi anda harus masuk (sign-in) dulu di airdroid perangkat anda.
  • Fitur Airmirror ini masih baru dalam bentuk Beta seperti terlihat di bagian atas nya. Jadi mungkin saja anda menemukan beberapa masalah. Silahkan di coba lagi setelah dimatikan komputernya atau keluar dulu dari aplikasi Airdroid.

Artikel terkait:
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Cara mengaktifkan PC Link pada Asus Zenfone (Screen Mirroring)
– Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Koneksi Asus Padfone ke laptop/PC dengan kabel USB
– Fitur baru PC Link: Merekam video layar android dan Koneksi tanpa kabel menggunakan Wi-Fi
– Tethering, berbagi koneksi internet dari smartphone: Wi-Fi Tethering
– Berbagi koneksi internet dari smartphone ke laptop/PC dengan USB Tethering
– Bluetooth Tethering: Berbagi koneksi internet dengan Bluetooth
– ShareLink: Aplikasi transfer file antara komputer dan perangkat android dengan atau tanpa wi-fi
– Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet