Fitur baru PC Link: Merekam video layar android dan Koneksi tanpa kabel menggunakan Wi-Fi

PC Link adalah sebuah aplikasi pre-installed (sudah terinstall) yang terdapat pada perangkat android ASUS dan digunakan untuk koneksi antara perangkat android dengan laptop/PC dengan kabel USB. Dengan aplikasi ini kita dapat menampilkan layar perangkat android pada laptop/PC (Screen Mirroring) atau sekedar transfer data antar kedua perangkat. Lihat cara mengaktifkan PC Link pada tulisan sebelumnya.

pc-link

Update terbaru PC Link telah menambah dua fitur baru yang tidak terdapat pada Aplikasi PC Link versi sebelumnya. Fitur baru tersebut adalah adanya kemampuan merekam video layar android dan koneksi tanpa kabel dengan Wi-Fi. Untuk mendapatkan fitur baru tersebut, aplikasi PC Link yang di laptop/PC dan di perangkat android harus di update terlebih dahulu. Caranya:

  • Update PC Link pada laptop/PC:
    • Jalankan aplikasi PC Link pada laptop, lalu klik Settings pada ikon bergambar roda gigi
    • Cari dan klik “Check for update”. Jika diminta download klik OK. Tunggu sampai download sekaligus update selesai.
    • Jika muncul jendela pemberitahuan “This is the latest version”, berarti aplikasi PC Link sudah terupdate ke versi terakhir.
PC Link pada laptop - Chek update

Gambar-1: PC Link pada laptop – Check update

  • Update PC Link pada android.
    • Jika perangkat android anda di settings update otomatis, biasanya aplikasi PC Link juga akan terupdate secara otomatis. Silahkan kunjungi Play Store dan cari ASUS PC Link. Jika versinya lebih tinggi dari versi PC Link pada perangkat android anda, lakukan download / update.

Berikut kedua fitur baru pada aplikasi PC Link.

1. Merekam video layar android (Screen recording)

Dengan fitur ini anda bisa merekam video aktifitas anda di perangkat android dari laptop/PC. Caranya,

  • Koneksikan dulu perangkat android ke laptop dengan PC Link menggunakan kabel USB. Seperti biasanya.
  • Klik tanda panah di bagian pojok kanan atas, dan akan terlihat panel berisi pilihan beberapa fungsi dari PC Link seperti gambar berikut.

    Ikon merekam video PC Link

    Gambar-2: Ikon merekam video PC Link

  • Klik ikon Recording, untuk merekam video aktifitas anda di android.
  • Jika sudah selesai, klik “Stop” di pojok kiri atas.

Untuk melihat hasil rekaman, klik bagian Settings bergambar roda gigi, lalu lihat di bagian “Storage location”, seperti gambar berikut. Terlihat link folder di perangkat laptop. Anda bisa mengganti folder tersebut ke foder yang lain dengan mengeklik Browse.

Folder merekam video PC Link

Gambar-3: Folder merekam video PC Link

2. Koneksi dengan Wi-Fi.

Jika perangkat android anda menggunakan android Lollipop atau sudah upgrade ke Lollipop, fitur koneksi PC Link menggunakan Wi-Fi bisa anda gunakan. Jika tidak menggunakan android Lollipop, fitur ini tidak bisa digunakan. Dan tentunya kedua perangkat (android dan laptop) harus terhubung ke wi-fi modem yang sama.

Berikut caranya:

  1. Aktifkan aplikasi PC Link dari laptop, lalu klik Settings pada ikon bergambar roda gigi. Muncul jendela settings seperti gambar berikut. Di panel sebelah kiri pilih Wi-Fi. Di bawah bagian Auto Connection, centang kotak sebelah “Enable Wi-Fi Auto Connection” dan “Launch mobile mirror screen upon establishing connection”. Kemudian klik OK.

    Settings Auto connection PC Link

    Gambar-4: Settings Auto connection PC Link

  2. Aktifkan aplikasi PC Link pada perangkat android. Kemudian akan muncul nama perangkat android anda di daftar PC Link laptop, di bawah “Device name”. Klik nama perangkat android tersebut, kemudian pada perangkat android muncul jendela konfirmasi. Centang kotak kosong sebelah “Add to trust list”, lalu klik Confirm, lalu klik Get start. Ini bertujuan agar kelak jika mengaktifkan PC link dari perangkat android bisa langsung terkoneksi dengan laptop secara otomatis.
Koneksi Wi-Fi PC Link

Gambar-5: Koneksi Wi-Fi PC Link

Dan terlihat layar android di laptop. Dari sini anda bisa memainkan atau mengakses parangkat android dari laptop atau menampilkan seluruh aktifitas anda di android pada layar laptop (screen mirroring) seperti biasanya.

Selain merekam video dan koneksi wi-fi, ada beberapa fitur baru lainnya dari PC Link, seperti:

  • Auto Connect
    Koneksi otomatis dengan laptop/PC jika laptop/PC sudah ditambahkan ke daftar “Trust List” seperti contoh gambar-5 di atas. Untuk melihat daftar “Trust list”, pada perangkat android:

    • Klik Menu (tiga titik vertikal pojok kanan atas) > Trust List > Muncul nama laptop/PC anda
Daftar Trust List PC Link pada android

Gambar-6: Daftar Trust List PC Link pada android

  • Connection diagnostic tool
    Tool untuk mengidentifikasi atau mendiagnosa koneksi PC Link yang gagal. Caranya, dari laptop:

    • Aktifkan PC Link > Click Connection diagnostic tool (ikon bergambar kunci pas sebelah ikon settings) kemudian ikuti langkah-langkahnya. Atau
    • Biarkan hitungan mundur pencarian perangkat yang ada di bagian bawah selesai sampai muncul pesan “No device was found” dan jendela kofirmasi berikut, lalu klik “Connection diagnostic tool”.
Fitur diagnosa koneksi PC Link

Gambar-7: Fitur diagnosa koneksi PC Link

  • File transfer via context menu
    Berfungsi untuk mentrasnfer file dari laptop/PC ke perangkat android. Cari file yang akan ditransfer, klik kanan file tersebut > Klik PC Link – Send File. Muncul jendela konfirmasi File transfer. Untuk melihat file yang sudah di transfer ke perangkat android, klik Browse.
 Fitur transfer file dari laptop ke android PC Link

Gambar-8: Fitur transfer file dari laptop ke android PC Link

Jika ingin mentransfer file dari perangkat android ke laptop/PC, cari file yang akan di transfer, beri centang file-file tersebut > lalu klik Share > pilih PC Link. Akan muncul jendela file transfer seperti di atas dan klik browse untuk melihatnya.

Fitur transfer file dari android ke laptop PC Link

Gambar-9: Fitur transfer file dari android ke laptop PC Link

  • Screen off
    Mematikan layar perangkat android untuk menghemat battery dan fokus kita hanya tertuju pada layar android yang muncul di layar laptop/PC. Untuk mengaktifkannya:

    • Klik Settings > dibagian Mirror options, centang kotak kosong sebelah “Turn off display during connection”. Setelah klik OK, layar perangkat android akan mati (sleep).
    • Untuk menghidupkannya kembali tekan tombol Power pada perangkat android.

      Fitur matikan layar android PC Link

      Gambar-10: Fitur matikan layar android PC Link

  • Notifications only dan Notification history
    Berfungsi mengelola notifikasi yang muncul dan daftar notifikasi saat terkoneksi dengan laptop PC. Secara default, setiap notifikasi, seperti notifikasi SMS, FB, WA atau yang lainnya masuk, akan ikut muncul dilayar laptop. Tentu ini akan sangat mengganggu ketika sedang merekam video. Untuk mematikannya, klik Settings, dari panel sebelah kiri pilih Notifications, lalu klik lingkaran sebelah Block all.
Fitur mengelola notifikasi PC Link

Gambar-11: Fitur mengelola notifikasi PC Link

Catatan:

  1. Fitur merekam video (screen recording) terdapat pada android 4.x.x ke atas, baik yang menggunakan koneksi USB maupun Wi-Fi. Sedangkan koneksi PC Link menggunakan Wi-Fi hanya dapat digunakan pada android Lollipop (v5.0) ke atas.
  2. Sangat sulit mencari aplikasi Screen recording buat Kitkat di Play store. Andaipun ada tapi mempersyaratkan agar perangkat android Kitkat nya di Root terlebih dahulu. Aplikasi Screen recording yang tidak mempersyaratkan Root, hanya di peruntukkan bagi android Lollipop. Screen recording dari PC Link juga berlaku buat Kitkat tanpa harus di root terlebih dahulu.
  3. Koneksi PC Link via USB harus diaktifkan dahulu USB debugging nya. Untuk yang via WI-fi, tidak perlu. Lihat cara mengaktifkan USB Debugging.
  4. Untuk download aplikasi PC Link buat laptop/PC (bagi yang belum pernah download) silakan kunjungi http://pclink.asus.com/

Artikel terkait:
– Cara mengaktifkan PC Link pada Asus Zenfone (Screen Mirroring)
– Mengaktifkan USB Debugging dan memunculkan menu Developer options pada android
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Koneksi Asus Padfone ke laptop/PC dengan kabel USB
– Antara Padfone dan Fonepad, apa bedanya?
– Update Airdroid, menampilkan layar android di laptop/PC tanpa root
– ShareLink: Aplikasi transfer file antara komputer dan perangkat android dengan atau tanpa wi-fi
– Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet
– Apa itu NFC dan bagaimana cara menggunakannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...