Antara Padfone dan Fonepad, apa bedanya?

Mungkin anda akan bertanya, apa bedanya Fonepad dengan Padfone. Keduanya menggunakan dua kata yang sama yaitu, Fone dan Pad. Posisinya saja yang terbalik, satu didepan satu di belakang. Padfone dan Fonepad.
Kedua barang ini adalah produk Asus dan jelas ke dua produk ini berbeda jauh walaupun namanya hampir sama. Tujuan tulisan ini sekedar mempermudah kita dalam memahami kedua jenis produk Asus ini, agar apa yang kita maksud dengan yang terucap tidak salah alamat. Misalkan kita bermaksud mencari informasi tentang spesifikasi Padfone pada sebuah toko retail hp namun yang terucap oleh kita adalah Fonepad. Jadinya kita mendapat informasi yang salah.

padfone dan fonepad

Dalan kaidah bahasa Inggris, kata terakhir menunjukkan objeknya atau benda yang dimaksud, sedangkan kata sebelumnya (kata pertama) biasanya menunjukkan sifat atau keterangan dari kata yang ke dua. Berdasarkan kaidah ini kita akan dengan mudah menyimpulkan, bahwa:

  • Pad-fone = sejenis smartphone (fone = phone), sedangkan
  • Fone-pad = sejenis tablet (pad = tablet, istilah lain untuk buku catatan )

Sekarang terlihat jelas perbedaanya, satu sebagai Smartphone dan satunya nya lagi sebagai Tablet.

1. PadFone
Padfone, aslinya atau bendanya berbentuk sebuah smartphone dan berfungsi sebagaimana smartphone pada umumnya. Namun Padfone memiliki kelebihan bisa berfungsi juga layaknya sebuah tablet jika dipasangkan dengan Station atau Tablet-dock. Secara fisik padfone terdiri dari dua benda, smartphone dan tablet-dock. Lihat gambar berikut.

Produk Asus Padfone

Gambar-1: Produk Asus Padfone

Tablet-dock hanya berfungsi mentransformasi layar smartphone menjadi seukuran sebuah tablet sehingga kita bisa menikmati smartphone kita dengan tampilan layar yang lebih besar (9 inch). Namun tanpa smartphone, tablet dock tidak berfungsi apa-apa. Jadi “otaknya” ada pada smartphonenya.
Karena produk smartphone ini dapat juga berfungsi sebagai tablet (sebagai fungsi tambahan karena ada tablet-dock) maka produk ini dinamakan dengan Padfone.
Secara umum produk smartphone Asus dinamakan Zenfone. Untuk produk smartphone Asus dengan kelebihan bisa berfungsi seperti tablet, Asus menamakannya Padfone. Ini bisa kita lihat di situsnya Asus, produk Zenfone dan Padfone dimasukkan dalam kategori Phone.

Produk Asus Padfone dalam kategori Phone

Gambar-2: Produk Asus Padfone dalam kategori Phone

Di dalam negeri, Padfone dijual dalam satu paket (Smartphone + tablet dock) atau smartphone-nya saja.
Yang banyak salah anggapan adalah dengan membeli Padfone seolah kita akan mendapat dua benda yang berbeda, smartphone dan tablet dan masing-masing dapat berfungsi sendiri-sendiri. Tentu tidak demikian. Dengan kata lain tablet-dock hanya sebagai aksesoris tambahan bagi smartphone Padfone.

Asus Padfone PF500

Asus Padfone PF500 (blibli.com)

2. Fonepad
Fonepad adalah sebuah tablet (pad = tablet). Secara fisik bentuknya memang sebuah tablet dan berfungsi seperti tablet pada umumnya. Lalu kenapa ditambah dengan kata Fone didepannya? Sepertinya Asus ingin memberi penekanan pada jenis produk tablet Fonepad ini dibandingkan dengan produk tablet Asus lainnya, sepert Zenpad misalnya.
Penekanan yang dimaksud adalah bahwa produk tablet Asus jenis Fonepad sudah bisa dipastikan punya kemampuan buat nelpon (fone = phone). Artinya tablet Fonepad pasti dilengkapi dengan teknologi jaringan GSM (HSPA/2G/3G) dan juga slot Simcard tentunya. Silahkan lihat di spesifikasi masing-masing produk tablet Fonepad. Pasti dilengkapi teknologi jaringan GSM.

Produk Asus Fonepad

Gambar-3: Produk Asus Fonepad

Screenshot di atas kami ambil dari situs Asus Indonesia. Terlihat masing-masing produk tablet Fonepad memiliki penekanan pada kemampuan telpon.

Secara umum produk tablet Asus dinamakan Asus Zenpad. Seperti umumnya tablet yang dijual dipasaran, produk tablet Zenpad ada yang dijual dengan dilengkapi teknologi jaringan GSM/HSPA/3G dan ada yang hanya dilengkapi Wi-Fi saja tanpa dilengkapi teknologi jaringan GSM. Beda dengan tablet Asus Fonepad yang bisa dipastikan dilengkapi teknologi jaringan GSM alias tablet yang pasti bisa buat nelpon.

Selain itu, kalau kita lihat di situs produk Asus, Fonepad masuk dalam kategori tablet sederet dengan Zenpad dan produk tablet Asus lainnya. Jadi kalau mau memiliki tablet yang lengkap dengan teknologi jaringan GSM, Fonepad sudah pasti memilikinya, sedangkan Zenpad belum tentu, harus dilihat spesifikasinya dulu.

Produk Asus Fonepad dalam kategori Tablet

Gambar-4: Produk Asus Fonepad dalam kategori Tablet

Kesimpulannya, jika ingin beli produk smartphone Asus yang bisa dijadikan tablet, ingkat kata terakhir Fone, yaitu Padfone. Jika ingin beli tablet (pad) yang pasti bisa buat nelpon, ingat kata terakhir Pad, yaitu Fonepad.

(Upss, jadi ingat antara:
• Tokyo dan Kyoto (keduanya kota di Jepang)
• Surakarta dan Kartasura (keduanya kota di Jawa Tengah)
• Gak beda dengan Fonepad dan Padfone……(keduanya produk Asus… he-he (mrenges))

(Source: https://www.asus.com/id/
http://www.gsmarena.com/
)


Artikel terkait:
– Upgrade Asus Padfone S (PF500KL) ke Lollipop
– Upgrade Kitkat ke Lollipop Asus Zenfone 5
– Asus Zenfone 2, hadirnya penerus keluarga Zenfone
– Perbandingan spesifikasi Asus Zenfone 2, Asus Zenfone 4, Asus Zenfone 5 dan Asus Zenfone 6
– Apa itu 4G LTE
– Jenis-jenis simcard
– Koneksi Asus Padfone ke laptop/PC dengan kabel USB
– Fitur baru PC Link: Merekam video layar android dan Koneksi tanpa kabel menggunakan Wi-Fi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...