Membuka Facebook dan Twitter di Smart TV

Smart TV selalu dilengapi dengan aplikasi yang sudah terinstall di dalamnya. Untuk menjalankan aplikasi ini kita tinggal membukanya. Aplikasi yang sudah terinstall ini dikenal dengan istilah Pre-installed Apps. Selain itu, ada juga aplikasi yang belum terinstall, namun disediakan oleh Smart TV. Untuk aplikasi jenis ini kita harus download kemudian menginstallnya di Smart TV.

Logo Facebook-Twitter

 

Begitu juga dengan aplikasi medsos seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, BBM dan lain-lain. Ada tidaknya aplikasi medsos ini tergantung dari masing-masing merk Smart TV. Silahkan cari di daftar aplikasi yang disediakan oleh Smart TV anda. Jika ada, klik aplikasi tersebut untuk mengaktifkannya. Berikut beberapa cara untuk menjalankan aplikasi Medsos seperti Facebook dan Twitter pada Smart TV, yaitu:

1. Menggunakan aplikasi medsos tersebut jika ada.
Untuk Facebook, pertamakali menggunakannya, akan diminta verifikasi melalui komputer, laptop atau smartphone. Pada layar Smart TV, setelah klik aplikasi Facebook, akan muncul pesan seperti gmabar berikut.

Buka Facebook di Smart TV-1
Buka link tersebut (http://www.facebook.com/device) dengan browser internet (internet explorer, firefox, atau chrome atau yang lainnya) dari komputer, laptop atau smartphone. Anda diminta masuk ke akun Facebook anda, setelah itu masukkan kode yang ada pada layar Smart TV. Dan akun Facebook anda akan terbuka pada Smart TV anda.

Buka Facebook di Smart TV
Untuk Twitter, setelah anda klik aplikasi Twitter nya, kemudian anda diminta masukkan username dan password sesuai dengan akun Twitter yang anda miliki.

Buka Twitter di Smart TV
Sekali lagi, bahwa cara di atas hanya berlaku jika aplikasi medsos tersebut memang sudah ada pada Smart TV yang anda miliki. Jika tidak ada, cara di atas tidak bisa anda lakukan. Ikuti cara berikutnya saja.

2. Menggunakan aplikasi browser internet.
Smart TV selalu dibekali aplikasi untuk jelajah internet. Namanya macam-macam, umumnya tertulis Internet. Setelah browser internet terbuka, silahkan ketikkan alamat situs medsos yang anda ingin buka, Twitter.com atau Facebook.com, lalu masuk menggunakan akun medsos anda. Caranya sama dengan membuka Facebook atau Twitter pada laptop atau PC.

Khusus untuk Whatsapp, kunjungi link: https://web.whatsapp.com. Ini pun tergantung dari jenis browser yang digunakan pada Smart TV tersebut. Whatsapp hanya bisa bekerja dengan browser Chrome, Firefox, Opera dan Safari (iOS). Jika Smart TV tidak menggunakan satu dari ke empat browser tersebut, maka Whatsapp tidak bisa dibuka di Smart TV.

Buka Whatsapp di Smart TV

3. Gunakan fitur Miracast dari smartphone atau tablet.
Smartphone atau tablet Android 4.2 (Jelly bean) ke atas, terdapat fitur Miracast. Begitu juga dengan Smart TV, umumnya ada fitur Miracast ini. Fungsinya adalah untuk menampilkan layar smartphone atau tablet ke layar Smart TV.
Sebelumnya aktifkan dulu fitur Miracast di smartphone/tablet dan Smart TV. (Lihat caranya di sini)
Jika kedua perangkat sudah saling terkoneksi dengan fitur Miracast, layar smartphone/tablet akan muncul dilayar Smart TV. Jika belum muncul, ulangi lagi sampai muncul layar smartphone/tablet pada layar smart TV.
Jika sudah muncul, buka aplikasi medsos yang anda inginkan. Dan pada saat yang sama anda juga melihat aplikasi tersebut di layar smart TV anda.
Intinya adalah apapun yang anda buka di smartphone/tablet, akan muncul di layar Smart TV. Facebook,Twitter, Whatsapp, BBM atau lainnya. Ini umumnya dikenal dengan istilah Screen Mirroring. Cerminan atau proyeksi layar smartphone/tablet ke layar smart TV.

Catatan.
Aplikasi medsos seperti Facebook atau Twitter, sudah tidak ada lagi dalam daftar aplikasi smart TV LG produksi 2014 ke atas. Untuk Smart TV LG sebelumnya, aplikasi tersebut masih ada. Karenanya jika kita ingin membuka Facebook atau Twitter menggunakan cara nomor 1 di atas, sudah tidak bisa lagi. Pilihannya hanya pada cara ke 2 dan ke 3. Ini dikarenakan Facebook dan Twitter telah mencabut ijinnya pada Smart TV LG. Dan LG pun menghapus aplikasi ke dua medsos tersebut. (Source: http://www.lgwebos.com/topic/1899-no-facebook/)


Artikel terkait:
– Cara aktifkan fitur Telepon pada WhatsApp
– Cara mainkan WhatsApp di laptop/Pc (WhatsApp Web)
– Cara stop notifikasi dari Facebook pada perangkat Android
– Cara install dan menggunakan Whatsapp pada perangkat android tanpa simcard
– Sistem Operasi [OS] pada Smart TV 2015: Android TV, Firefox, Tizen, WebOS
– Cara download dan install aplikasi pada Smart TV Samsung
– Cara download dan install aplikasi pada Smart TV LG
– Settings Youtube dan Search engine agar aman buat anak-anak kita