Membuat group ikon di Layar depan (Home Screen) perangkat Android

Salah satu keunggulan android adalah begitu banyak aplikasi yang bisa kita download di Play store. Mulai dari game, aplikasi photo, camera, video, tool, hingga ke aplikasi yang sangat unik yang kadang kita merasa surprise dengan teknologi android ini. Bisa dipastikan perangkat android anda seolah penuh dengan aplikasi yang anda download sendiri. Belum lagi aplikasi bawaan android yang terus di update oleh developer-nya.

Home Screen dengan group ikon

Aplikasi yang sering digunakan biasanya kita buatkan shortcut-nya dan diletakkan di halaman utama (Home Screen). Walau sudah kita buatkan beberapa home screen tambahan, namun tetap saja penuh. Belum lagi beberapa widget pun sudah kita pasang di layar utama. Semua jadi nampak semrawut bahkan terkadang bingung memilihnya, seperti kami contohkan dengan gambar berikut.

Home screen yang tidak rapi
Gambar-1: Home screen atau layar utama yang penuh dengan ikon

Dari gambar di atas, terlihat ada 3 home screen (layar utama) yang penuh dengan shortcut ikon aplikasi yang kita anggap perlu. Bagaimana kalau kita buat layar utamanya, sederhana dan rapi dan hanya memiliki satu layar utama saja , seperti gambar berikut?

Home screen yang rapi dan sederhana
Gambar-2: Home screen atau layar utama yang rapi dan sederhana

Semua ikon kita kelompokan sesuai dengan fungsinya dan karakteristiknya masing-masing. Misalnya, shortcut ikon FB, WA, BBM, SMS kita buat satu group menjadi Medsos, seperti gambar-2 di atas. Caranya cukup mudah tanpa harus download aplikasi apapun dan tanpa harus menghapus satupun ikon dari layar utama 1, 2 dan 3. Ikuti langkah-langkahnya berikut.

1. Membuat group ikon.

Misalkan kita ingin menyatukan ikon FB, WA, BBM, Contact dan SMS dalam satu group. Agar lebih mudah gunakan dua jari, kanan dan kiri. Pertama tekan agak lama ikon WA dengan jari kiri, sampai gambarnya membesar yang menandakan ikon tersebut bisa di geser-geser tempatnya, lalu tekan ikon FB dengan jari kanan. Terlihat muncul kotak di sekitar ikon FB menandakan terbentuknya group baru. Kemudian lepaskan dulu jari kiri dari ikon WA, dan akan terlihat ikon WA bergeser memasuki kotak ikon FB. Lalu lepaskan jari kanan. Sekarang ikon WA dan FB sudah berada dalam satu group. Lakukan hal yang sama dengan ikon BBM, Contact dan SMS, sehingga kelima ikon tersebut menyatu dalam satu group, seperti terlihat pada gambar berikut.

Cara membuat group ikon di Home screen android
Gambar-3: Cara membuat group ikon di Home screen / layar utama android

Buat group yang lain dengan cara yang sama sesuai fungsi atau karakteristik masing-masing. Untuk membuat group ikon ini bisa juga dilakukan dengan satu jari saja, dengan cara menggeser sebuah ikon lalu ditumpangkan dengan ikon lain yang ingin kita buat groupnya. Namun terkadang agak sulit karena kalau tidak pas ikon yang ditumpangi akan bergeser posisi ke tempat lain.

2. Memberi nama group.

Dari contoh di atas, group akan diberi nama otomatis, “Communication” atau “Social”. Namun kita bisa merubahnya. Klik group yang sudah kita buat, lalu klik nama group “Communication” tersebut untuk mengedit atau menggantinya. Akan muncul keyboard di layar android. Dalam contoh ini group “”Communication” kita ganti nama “Medsos”. Jika sudah, tekan Done atau OK dari keyboard. Terlihat nama group sudah berganti menjadi “Medsos”, seperti gambar berikut.

Mengganti nama group ikon
Gambar-4: Cara mengganti nama group ikon

3. Memindahkan ikon dari layar utama 2 atau 3 ke layar utama satu.

Dari gambar-1 di atas, terlihat ikon-ikon menyebar di layar utama 2 dan 3. Kita ingin memindahkan ikon-ikon yang ada di layar utama 2 dan 3 ke layar utama 1 agar bisa kita kelompokkan dengan yang sejenis. Untuk memindahkan ikon-ikon tersebut, tekan agak lama sampai ikon sedikit membesar yang berarti ikon bisa dipindahkan. Kemudian bawa ikon tersebut ke tepi layar sebelah kiri, sampai terlihat garis putih tegak lurus di tepi layar sebelah kiri dan layar berganti ke posisi layar utama 1, lalu lepaskan ikon tersebut.

Memindah ikon antar home screen
Gambar-5: Cara memindahkan ikon antar home screen / layar utama

Setelah semua ikon-ikon dipindahkan ke layar utama 1, silahkan buat group seperti cara pertama di atas.

 4. Menghapus home screen atau layar utama 2 dan 3.

Setelah seluruh ikon dipindahkan ke layar utama 1, layar utama 2 dan 3 jadi kosong. Kita akan hapus layar utama 2 dan 3 ini. Caranya, geser layar ke posisi layar utama 2 atau 3 yang sudah kosong. Tekan agak lama ditengah layar, sampai muncul “Manage Home”.

  • Klik Home Edit (1) > Klik Edit Pages (2) masuk ke halaman Page Management (3)
  • Tekan agak lama ikon layar utama 2 sampai terlihat agak membesar dan muncul pilihan Remove – Replace – Save di atasnya (4), kemudian geser ke atas “Remove” sampai muncul warna kemerahan (5), dan lepaskan. Sekarang layar utama 2 sudah terhapus. Silahkan hapus juga layar utama 3 dengan cara yang sama.
  • Terakhir, tinggal satu layar utama saja di mana tempat group ikon yang kita buat di atas. Kilik tombol Home untuk ke luar.
Menghapus home screen
Gambar-6: Cara menghapus home screen yang tidak terpakai atau kosong

Sekarang kita punya hanya satu layar utama saja yang memuat seluruh ikon yang telah kita jadikan dalam beberapa group seperti gambar-2 diatas. Terlihat rapi, mudah mengakasesnya dan simple, tidak semrawut dan susah diakses seperti sebelumnya (gambar-1).

(Dipraktekkan menggunakan ASUS Zenfone 5 dan ASUS Fonepad S)


Artikel terkait:
– Mengaktifkan USB Debugging dan memunculkan menu Developer options pada android
– Cara menyembunyikan Menu Developer option (Opsi pengembang) pada android
– Tethering, berbagi koneksi internet dari smartphone: Wi-Fi Tethering
– Apa maksud airplane mode dan cara mengaktifkannya
– Cara install dan menggunakan Whatsapp pada perangkat android tanpa simcard
– Melacak perangkat android dengan mesin pencari Google
– Cara settings keyboard android untuk bahasa Arab
– Cara menulis cepat pada keyboard android dengan fitur Trace input
– Settings Anti Flicker (anti kedip) pada camera android
– Launcher dan cara mengganti launcher pada android
– Smart cover hp android; Tips dan solusi