Koneksi Asus Padfone ke laptop/PC dengan kabel USB

Secara umum koneksi perangkat android ke laptop atau komputer tidak terlalu sulit, tinggal colokkan kabel USB pada ke dua perangkat dan komputer akan langsung mendeteksi perangkat android kita. Jiika perangkat androidnya tidak terdeteksi di komputer, biasanya dikarenakan driver USB android di komputer belum terinstall atau rusak (corrupt). Untuk kasus ini silahkan cari dan download driver USB Android untuk komputer sesuai dengan versi Windows nya, Windows XP, Vista, 7, 8 atau 10.

Namun jika anda mengubungkan perangkat android Asus Padfone langsung dari tablet ke komputer, maka komputer tidak akan mendeteksi Asus Padfone anda. Kenapa?
Ini alasannya…

Asus Padfone

Asus Padfone: Smartphone + Tablet dock

Asus Padfone terdiri dari dua hardware atau perangkat, yaitu smartphone Asus Padfone dan tablet Asus, yang diistilahkan dengan “Tablet dock” atau “Station”. Smartphone Asus Padfone berfungsi layaknya sebuah smartphone dengan fitur-fiturnya, sedangkan tablet hanyalah sebuah perangkat yang berfungsi “merubah” smartphone Asus Padfone menjadi layaknya sebuah tablet. Jika smartphone Asus Padfone di tancapkan pada tablet dock nya, maka perangkat Asus Padfone menjadi sebuah tablet. Namun jika smartphone nya di cabut dari tablet dock, maka tablet dock tidak akan berfungsi apa-apa.

(Baca juga: Antara Padfone dan Fonepad, apa bedanya? )

Jadi sebenarnya, perangkat Asus Padfone secara keseluruhan (smartphone + tablet) “nyawa” atau “mesinnya” ada pada smartphone nya. Sedangkan tablet dock hanya sebagai display tablet saja ketika smartphone dipasangkan pada tablet dock.

Koneksi USB dari tablet dock Asus Padfone

Koneksi USB dari tablet dock Asus Padfone

Port micro USB yang ada pada tablet dock hanya berfungsi sebagai charging (pengecasan) saja, karena memang masing-masing komponen (smartphone dan tablet dock) memiliki baterainya masing-masing. Pengecasan baterai melalui port USB tablet dock akan mengecas kedua baterai, yaitu baterai tablet dock dan baterai smartphone nya juga.

Koneksi USB dari Smartphone Padfone

Koneksi USB dari Smartphone Padfone

Namun jika menghubungkan Asus Padfone dengan komputer melalui tablet dock, komputer tidak akan mendeteksi apa-apa selain pengisian baterai saja. Jika kita ingin mentransfer file ke komputer menggunakan kabel USB, kita harus melalui smartphone nya, jangan melalui tablet dock. Caranya, matikan Asus padfone, lepaskan smartphone dari tablet dock. Hidupkan smartphone nya (biasanya saat dicabut dari tablet dock, smartphone akan hidup sendiri), tancapkan kabel USB di port micro USB di bagian bawah smartphone nya dan hubungkan ke komputer. Komputer akan segera mendeteksi smartphone Asus Padfone anda.


Artikel terkait:
– Upgrade Asus Padfone S (PF500KL) ke Lollipop
– Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Cara mengaktifkan PC Link pada Asus Zenfone (Screen Mirroring)
– Fitur baru PC Link: Merekam video layar android dan Koneksi tanpa kabel menggunakan Wi-Fi
– Antara Padfone dan Fonepad, apa bedanya?
– Update Airdroid, menampilkan layar android di laptop/PC tanpa root
– USB OTG (On The Go), apa maksud dan fungsinya
– Apa itu NFC dan bagaimana cara menggunakannya