Cara download dan menginstall aplikasi Smart TV LG - de-Tekno.com

Cara download dan menginstall aplikasi Smart TV LG

Untuk menginstall aplikasi di Smart TV LG perlu disesuaikan dengan Sistem Operasi yang digunakan. Produk Smart TV LG menggunakan dua jenis sistem operasi (OS). Yaitu Netcast dan WebOS. Untuk produksi sebelum tahun 2013 Smart TV LG menggunakan sistem operasi Netcast. Sedangkan untuk produksi setelah tahun 2013 (hingga sekarang 2020) Smart TV LG menggunakan sistem operasi WebOS.

Tidak menutup kemungkinan produk dengan sistem operasi Netcast masih beredar di pasaran apalgi jika anda membeli Smart TV LG second (bekas). Untuk membedakan Smart TV LG yang menggunakan sistem operasi Netcast dengan yang menggunakan sistem operasi WebOS terlihat dari tampilan layar utamanya seperti gambar berikut.

LG Smart TV OS

Namun walaupun berbeda sistem operasi yang digunakan, kedua jenis Smart TV LG menggunakan Magic Remote. Dalam tutorial berikut ENTER = menekan tombol Scroll dan tombol Navigasi untuk mengarahkan kursor.

LG Magic Remote

Sebelum anda lanjut, jika anda sampai ke situs ini bermaksud untuk menambah atau menginstall aplikasi seperti Disney+ Hotstar, WE TV atau lainnya silahkan lihat di bagian Catatan di akhir tulisan ini (updated 2021).

Untuk cara menginstall aplikasi di Smart TV LG kami bedakan menjadi dua bagian. Bagian pertama (A) untuk Smart TV LG WebOS dan yang kedua (B) untuk Smart TV Netcast. Silahkan ikuti sesuai dengan jenis sistem operasi Smart TV LG anda.

A. Cara menginstall aplikasi di Smart TV LG WebOS

Pastikan Smar TV LG sudah terkoneksi dengan internet, lalu ikuti langkah berikut:
1. Tekan tombol HOME dari Remote
2. Di sisi bawah layar terlihat beberapa aplikasi dan media. Silahkan cari dan bawa kursor ke LG Content Store lalu tekan ENTER.

LG WebOS Home Screen

3. Di halaman LG Content Store terlihat ada beberapa kelompok aplikasi. Klik Tombol Apps di atas layar untuk melihat daftar aplikasi yang disediakan. Atau gunakan pencarian (tombol kaca pembesar di atas kanan layar) jika ingin mencari aplikasi tertentu.

LG Content Store

4. Silahkan lihat hasil pencarian di bawah layar dengan menggeser/menggulung layar ke atas. Lalu pilih aplikasi yang di maksud.
5. Klik Tombol Install untuk memulai download dan menginstall aplikasi. Tunggu sampai proses selesai.

LG Install app

6. Jika sudah klik tombol Launch untuk membuka aplikasi.

Baca juga:
Cara mengganti Services Country LG Smart TV
Cara update software / firmware Smart TV LG

B. Cara menginstall aplikasi di Smart TV LG NetCast

Pastikan Smar TV LG sudah terkoneksi dengan internet, lalu ikuti langkah berikut:
1. Klik “Home” dari remote control dan masuk ke “Smart Menu”
2. Kemudian “Login” dengan memasukkan ‘username’ dan ‘password’ akun LG anda. Jika belum ada akun LG, pilih “Sign up” dan ikuti petunjuk pada layar TV.
4. Setelah “Login”, Pilih “LG Smart world”

Cara install apps pada Smart TV LG

Memilih aplikasi yang akan diinstall

5. Cari dan pilih aplikasi yang ingin diinstall. Untuk memudahkan pilih kategorinya dulu, game, news, entertainment dan lain-lain yang ada di panel sebelah kiri.
6. Setelah anda memilih aplikasi yang diinginkan, perhatikan review dan harga (jika berbayar) dari aplikasi tersebut.
7. Lalu klik “Install” untuk menginstall aplikasi tersebut.

Cara install apps pada Smart TV LG-2
8. Perhatikan persyaratan untuk menggunakan aplikasi tersebut. Biasanya minta koneksi internet. Lalu klik OK. Proses download dan install dimulai. Lamanya proses ini tergantung dari ukuran file dari applikasi tersebut.
9. Setelah selesai diinstall, klik “Launch” untuk menjalanan aplikasi tersebut.

Cara install apps pada Smart TV LG-3

Launch – menjalankan aplikasi yang sudah diinstall

Aplikasi yang sudah diinstall akan masuk ke dalam daftar “My Apps”. Jika suatu saat anda ingin menjalankan aplikasi ini, anda tinggal buka menu “My Apps”.

Folder My Apps - Cara install apps pada Smart TV LG-4

Folder My Apps tempat aplikasi yang sudah diinstall

Di sini tidak ada pilihan untuk menginstall aplikasi tersebut ke external drive seperti USB flashdrive, selama memory yang ada pada Smart TV nya masih mencukupi.

Berikut cara menghapus atau delete aplikasi  ada smart TV LG.

  1. Buka folder “My Apps” dari Home menu. Di folder ini terlihat daftar semua aplikasi yang sudah terinstall seperti gambar di atas.
  2. Klik edit di pojok kanan atas, yang bergambar ikon pensil. Di pojok kanan atas juga terlihat ada kotak terbuka dengan tulisan “Drag here to delete”. Seperti gambar berikut:

    Cara menghapus aplikasi yang sudah terinstall di Smart TV LG

    Cara menghapus aplikasi yang sudah terinstall di Smart TV LG

  3. Pilih aplikasi yang akan di hapus / uninstall, klik dan tahan aplikasi tersebut. Terlihat pointer magic remote seperti sedang menggenggam, lalu seret aplikasi tersebut ke kotak “pembuangan” di pojok atasnya dan lepaskan “genggaman” magic remote.
  4. Klik OK pada jendela konfirmasi delete file.
  5. Jika sudah selesai, menghapus aplikasi-aplikasi yang diinginkan, klik “Complete” di pojok kanan atas.

(Updated 2020)

Catatan
  • Selain dengan cara menginstall, untuk menambah aplikasi di Smart TV LG bisa dilakukan dengan update Software/Firmware atau Mengganti Service Country.
  • Aplikasi yang bisa di-download dan di-install hanyalah aplikasi yang tersedia di toko aplikasi saja (LG Content store). Namun jika anda bermaksud untuk menambah atau menginstall aplikasi seperti Disney+ Hotstar, WE tv atau aplikasi lainnya, anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan melakukan update Firmware dan mengganti Service Country.
  • Update Firmware berfungsi untuk memperbarui Software Smart TV LG anda termasuk memunculkan aplikasi baru di toko aplikasi LG. Selengkapnya cara Update Firmware silahkan lihat di:
    Cara update software / firmware Smart TV LG.
    Setelah melakukan update Firmware silahkan cari di dalam LG Content store nya, adakah aplikasi yang diinginkan. Jika ada silahkan di-install.
  • Ketersediaan aplikasi di LG Content store, tergantung dari geografi negara tempat perangkat Smart TV LG dipasarkan. Dengan Mengganti Service Region maka aplikasi yang tersedia di toko aplikasinya juga ikut berubah sesuai dengan negara yang dipilih. Layanan Disney+ Hotstar pusatnya di India. Layanan WE TV pusatnya di Amerika (US). Jadi jika anda menginginkan Disney+ Hotstar, di pilihan negaranya pilih lah India. Dan pilih US untuk WE TV. Selengkapnya untuk mengganti service region silahkan lihat di:
    Cara mengganti Services Country LG Smart TV

Artikel terkait:

Screen Mirroring iphone ke Smart TV | LG Samsung SONY
Cara mengganti Services Country LG Smart TV
Cara mengganti Service Region Samsung Smart TV
Yang perlu diketahui jika menginstall aplikasi di Smart TV
Cara menggunakan Zoom di Smart TV (semua merk)
– Sistem Operasi [OS] pada Smart TV: Android TV, Firefox, Tizen, WebOS
– Berbagi foto-audio-video dari laptop/PC ke Smart TV dengan DLNA
– Berbagi foto-audio-video dari smartphone atau tablet ke Smart TV dengan DLNA

error: Content is protected !!