Cara download dan install aplikasi pada Smart TV Samsung

Ada dua jenis aplikasi pada Smart TV, pertama, aplikasi yang sudah terinstall sering disebut sebagai “Pre installed apps”. Aplikasi ini sudah diinstall oleh produsen Smart TV yang anda gunakan dan siap digunakan, tinggal anda memilihnya jika ingin menjalankannya. Dan kedua, aplikasi yang belum terinstall. Aplikasi ini perlu anda download dan diinstall pada Smart TV untuk menjalankannya. Untuk Smart TV Samsung, aplikasi ini ada di halaman “Samsung Apps“.

Berikut langkah-langkah cara menginstall aplikasi pada Smart TV Samsung.

1. Pastikan Smart TV nya terhubung ke jaringan intenet, dengan kabel Ethernet atau tanpa kabel (wireless).
2. Tekan “Smart Hub” dari remote control.
3. Dibagian paling atas menu, pilih dan klik “Apps“.

Cara install aplikasi Samsung Smart TV-1

4. Dibagian “Recommended” cari dan klik “Samsung Apps“. Anda di bawa masuk ke menu “Samsung Apps”. Di menu ini terdapat daftar aplikasi dan kategori di layar smart TV. Ada aplikasi Video, Games, Sport, Lifestyle dan lain-lain. Silahkan anda memilihnya.
Cara install aplikasi Smart TV Samsung-2

5. Setelah memilih aplikasi yang ingin diinstall, lalu tekan “Enter”. Beberapa aplikasi mungkin berbayar, jika anda ingin menginstall aplikasi ini silahkan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pembayaran dengan Smart Hub. Dalam contoh ini menginstall aplikasi gratis, Youtube.

Cara install aplikasi Samsung Smart TV-3

6. Tekan “Enter” sekali lagi untuk mulai download dan menginstall aplikasi tersebut. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi tersebut selesai didownload dan diinstall.

Cara install aplikasi Smart TV Samsung-4

7. Setelah selesai, klik “Run” untuk langsung menjalanan aplikasi tersebut. Jika tidak, klik “Close” untuk keluar dari aplikasi tersebut.

Cara install aplikasi Samsung Smart TV-5

8. Aplikasi yang sudah di download/terinstall tadi akan tersimpan di bagian “My Apps”. Jika dibagian “My Apps” sudah penuh, aplikasi tersebut akan berada di halaman “More Apps”. Jika anda ingin mengatur / menata letak aplikasi-aplikasi yang sudah anda install, di bagian More Apps, klik Options > Tools > Edit.

Cara install aplikasi Samsung Smart TV-6

Lihat juga Cara download dan install aplikasi pada Smart TV LG

(Source & Pict credit to: http://www.samsung.com/ie/support/skp/faq/1052455)

Catatan.
Aplikasi yang sudah diinstall oleh Samsung (Pre-installed apps) jika diklik aplikasi tersebut akan langsung terbuka tanpa ada permintaan download. Namun jika belum terintall, maka anda diminta untuk download dan install seperti langkah di atas.


Artikel terkait:
– Membuka Facebook dan Twitter di Smart TV
– Sistem Operasi [OS] pada Smart TV 2015: Android TV, Firefox, Tizen, WebOS
– Apa beda HDTV dengan UHDTV
– Mencari konten video 4K / Ultra HD di Youtube dan cara memainkannya
– Apa itu Ultra HD atau 4K TV?
– Cara download dan install aplikasi pada Smart TV LG
– Apa itu Android TV, merk TV apa saja yang menggunakan android TV