Antara Browser dan Search Engine, apa bedanya?

Browser diartikan penjelajah internet, sedangkan Search engine diartikan sebagai Mesin pencari.
Dalam bahasa sehari-hari sering kita mendengar saran dari teman atau baca di internet, “cari aja di google”, atau “googling aja” yang berarti menyuruh kita untuk mencari informasi yang kita maksud di internet menggunakan Search engine. Mungkin kita tidak pernah kita mendengar, “Bing aja atau Yahoo aja”. Padahal mungkin saja yang kita gunakan untuk mencari informasi di internet adalah search engine Yahoo atau Bing, bukannya Google. Ya, istilah Google sudah begitu melekat dengan dunia internet.

Contoh search engines atau mesin pencariGoogle, Yahoo atau Bing merupakan contoh dari Search Engine atau Mesin pencari. Search engine merupakan sebuah program yang digunakan untuk mencari informasi berdasarkan kata-kata yang kita ketikkan dikotak pencarian mesin pencari tersebut. Program search engine ini berbentuk website (halaman website) yang tidak terdapat pada komputer atau perangkat kita. Adanya di internet dan seperti halaman website lainnya, search engine ini berformat; www.google.com, www.yahoo.com, www.bing.com agar bisa dibuka oleh sebuah Browser. Tanpa aplikasi browser kita tidak akan bisa membuka search engine google, yahoo atau bing.

Untuk mengakses atau membuka halaman website search engine ini dibutuhkan sebuah Browser, yang diartikan sebagai Penjelajah internet. Browser atau penjelajah internet ini adalah sebuah software program yang terinstall di perangkat kita yang berfungsi untuk mengakses halaman website. Halaman website harus berbentuk World Wide Web (WWW) agar bisa dibuka oleh sebuah browser. Jika tidak maka tidak bisa dibuka oleh browser. Cukup banyak jenis browser yang bisa kita gunakan, di antaranya seperti Chrome, Firefox, Opera, Edge, Safari dan lain-lain.

Macam-macam penjelajah internet atau browser

Sulit bagi kita untuk menghafal halaman website yang begitu banyak dan berformat www.****.com lalu kita ketikkan di kotak address bar dari browser tersebut. Di sinilah peranan search engine. Kita jalankan dulu aplikasi browser, kemudian gunakankan search engine yang disediakan oleh browser tersebut, lalu kita ketikkan kata yang kita cari, maka search engine akan menampilkan daftar website-website yang memuat kata-kata tersebut. Kita klik salah satu website tersebut yang kemudian akan ditampilkan di halaman browser. Selesai.

Ilustrasi gambar berikut mungkin akan membantu memperjelas penggunaan browser dan search engine. Di sini kita menggunakan browser Edge dari Microsoft dan search engine-nya menggunakan Bing.

Buka browser Edge
Gambar-1. Jalankan browser Edge

Gambar 1, menjalankan aplikasi browser atau penjelajah internet Edge. Terlihat alamat website masih kosong. Kita diberi pilihan untuk mencari dengan search engine Bing atau memasukan sebuah alamat website lengkap, www.****.com.

Memasukkan kata pada address bar browser Edge
Gambar-2: Memasukkan kata pada address bar browser Edge, “Kayu”

Gambar-2: Memasukkan kata yang akan di cari pada kotak alamat atau address bar browser Edge. Misalnya kata “Kayu”. Terlihat muncul daftar pilihan, apakah akan mencari kata “Kayu” menggunakan search engine Bing atau langsung mengunjungi alamat “www.kayu.com”. Jika kita tekan Enter, berarti kita ingin mencari kata “kayu” menggunakan search engine Bing.

Daftar hasil pencarian search engine Edge
Gambar-3: Daftar hasil pencarian search engine Edge

Gambar-3. Sekarang kita masuk ke alamat website search engine bing.com. Terlihat alamat search engine bing muncul di kotak alamat browser Edge, yang kami beri tanda merah. Halaman search engine Bing ini dipenuhi daftar alamat website yang memuat kata “kayu” yang kita cari. Misalkan kita pilih dan klik www.kayu.com, maka browser Edge sekarang menampilkan isi dari alamat website tersebut, seperti gambar-4 di bawah.

Isi sebuah website yang ditampilkan di halaman browser Edge
Gambar-4: Isi sebuah website yang ditampilkan di halaman browser Edge

Saat ini, sebuah browser secara default (sesuai bawaannya) akan menggunakan search engine masing-masing. Browser Chrome dari Google misalnya, secara default menggunakan search engine Google. Browser Internet Explorer atau Edge dari Microsoft akan menggunakan search engine Bing. Namun ini tidak mutlak. Kita bisa mengganti search engine sesuai selera kita di bagian setting browser tersebut.

Kesimpulan.
1. Browser adalah program software yang terinstall di perangkat komputer kita, sedangkan Search engine adalah program yang terdapat di internet.
2. Browser digunakan untuk membuka halaman website yang berformat www, sedangkan Search engine digunakan untuk manampilkan daftar website yang memuat kata-kata yang kita cari.
3. Tanpa Browser kita tidak bisa membuka halaman Search engine. Search engine bagian dari objek internet yang hanya bisa di akses menggunakan sebuah Browser. Sedangkan browser adalah aplikasi untuk membuka Browser cukup kita
4. Saat ini, browser sudah terintegrasi dengan search engine masing-masing, sehingga terasa sulit membedakan antara mana search engine dan browser.


Artikel terkait:
– Cara menambahkan dan menghapus akun Google pada smartphone atau tablet android
– Melacak perangkat android dengan mesin pencari Google
– Settings Youtube dan Search engine agar aman buat anak-anak kita
– Cara menampilkan alamat usaha di Google maps
– Cloud storage, tempat menyimpan data digital di internet
– Google drive: Mengakses dan menggunakan Google drive dari PC
– Google drive: Berbagi file yang tersimpan di Google drive