Perbedaan antara Windows 10 dengan Windows 8 dan Windows 7

Berikut beberapa kelebihan Windows 10 beserta fitur-fitur baru yang membedakannya dari sistem operasi sebelumnya, terutama Windows 7 dan Windows 8.

Harga.
Untuk mendapatkan Windows 7 atau Windows 8, Microsoft tidak pernah memberikannya secara gratis secara massal, sementara untuk Windows 10 kita bisa mendapatkannya secara gratis dengan cara upgrade walau dengan syarat tertentu. Kesempatan apgrade gratis ini hanya berlaku 1 tahun sejak 29 juli 2015 hingga 29 Juli 2016. Jika anda upgrade nya setelah 29 Juli 2016, anda tidak akan lagi mendapatkannya dengan gratis. (selengkapnya lihat di sini).

Windows 10 merupakan sistem operasi universal dan fleksibel.
Windows 10 merupakan proyek ambisi Microsoft  yang dapat berjalan disemua jenis perangkat yang menggunakan sistem operasi produk Microsoft mulai dari desktop, laptop, perangkat hibrida, tablet dan smartphone. Semua aplikasi yang terdapat di Windows Store akan dapat kita jalankan di semua perangkat yang berbasis Windows 10, baik itu desktop, tablet atau smartphone.

Sebagai contoh jika anda download game Angry Bird di smartphone, maka game tersebut bisa juga anda mainkan di perangkat PC anda tanpa memerlukan aplikasi lain seperti emulator.

Selain itu, dengan fitur Continuum yang terdapat pada Windows 10, kita dapat menghubungkan smartphone atau tablet dengan monitor dan keyboard dan menggunakannya layaknya sebuah PC. Interfacenya mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan yang dimiliki.

Game dan Xbox.
Windows 10 datang dengan DirectX 12. Jika anda maniak game, anda wajib memiliki DirextX 12. Dari laporan awal menyatakan kinerja DirectX lebih baik 30% – 40% dari DirextX11. Sementara Windows 7 dan Windows 8 tidak bisa mengakses DirectX 12.

Windows 10 datang dengan dukungan game streaming dari Xbox one. Controller game untuk Xbox one kompatibel dengan perangkat PC Windows 10. Ini berarti game yang ada di Xbox one dapat juga anda mainkan di laptop/PC. Selain itu, streaming game dari Xbox one sangat cepat dan responsif dan tidak akan tersedia di Windows 7 atau Windows 8.

Windows-10 dan Xbox-One

Fungsi Pencarian dan Cortana.
Pada Windows 8, sudah terdapat fungsi pencarian secara online, sedangkan Windows 7 hanya dilengkapi fungsi pencarian secara lokal saja, maksudnya pencarian yang hanya terdapat di dalam perangkat itu saja. Windows 10 telah menggabungkan fungsi pencarian keduanya dengan baik (online ataupun lokal) dengan fitur Cortana. Cortana bertindak sebagai asisten suara (voice assistant), kita hanya memberikan perintah kepada Cortana untuk mencari sesuatu online atau lokal, dan juga melakukan sesuatu seperti membuka email, membuat jadwal dan sebaginya. Untuk pencarian online, Cortana berkolaborasi dengan mesin pencari milik Microsoft, yaitu Bing.

Cortana mirip dengan Siri pada Apple iOS dan Google Voice Search (Google Now) pada Android.

Windows 10 - Cortana

Edge browser.
Sebelumnya browser internet produk Microsoft adalah Internet Explorer. Masa-masa awal kemunculannya browser ini sangat terkenal. Namun sekarang ketenarannya dikalahkan oleh Firefox dan Chrome dari Google. Mungkin karena nama Internet Explorer sudah usang atau citranya kurang bagus, Microsoft lebih memilih memunculkan nama baru untuk browser internetnya dan membuatnya betul-betul beda dengan Internet Explorer, yaitu Edge browser. Nampaknya Microsoft tidak main-main dengan browser barunya ini. Microsoft ingin meraih kembali kejayaan yang pernah diraih Internet Explorer. Edge browser tercatat memiliki kecepatan yang signifikan dibanding saudaranya Internet Explorer dan browser-browser lainnya. Dan Edge browser ini hanya terdapat pada Windows 10.

Internet Explorer diganti Microsoft Edge

 

Virtual Desktop.
Selama ini untuk membuat virtual desktop, kita membutuhkan software aplikasi khusus, seperti Microsoft Virtual PC, VMware Workstation dan Parallels Desktop pada Mac. Di Windows 10 ini, Microsoft telah menambahkan fitur Virtual Desktop. Dengan fitur ini kita tidak perlu memiliki beberapa monitor dan software khusus untuk membuat desktop bayangan. Kita dapat menciptakan desktop bayangan dalam satu monitor dengan membaginya menjadi beberapa bagian sesuai keperluan. Masing-masing bekerja sendiri-sendiri, layaknya kita memiliki beberapa desktop/PC. Fitur yang sangat bagus tentunya bagi yang ingin memisahkan antara pekerjaan dan kesenangan.

Windows 10: Virtual Desktops

Windows Hello.
Fitur lain yang dimiliki Windows 10 adalah Windows Hello. Cara baru untuk masuk (sign in) ke perangkat kita selain menggunakan password. Dengan fitur Windows Hello ini, kita bisa menggunakan sidik jari, wajah dan iris mata kita untuk masuk (sign in) ke perangkat kita asalkan telah dilengkapi alat pendukung yang sesuai, seperti alat pendeteksi sidik jari, pemindai wajah dan pemindai iris mata. Hanya dengan mendekatkan wajah atau menyentuh alat pendeteksi kita bisa masuk ke perangkat kita tanpa menggunakan password atau kata kunci.

Untuk saat ini Windows Hello baru digunakan untuk mendeteksi sidik jari. Bagi yang perangkatnya sudah dilengkapi pemindai sidik jari, fitur Windows Hello ini sudah bisa difungsikan. Untuk mendeteksi wajah dan iris mata, belum tersedia. Kelak Windows Hello juga dilengkapi kemampuan ini ke depannya, demikian janji Microsoft.

Windows Hello


Artikel terkait:
– Windows 10: Hal yang perlu diketahui mengenai upgrade gratis ke Windows 10
– Windows 10: Cara upgrade ke Windows 10 dengan gratis
– Cara mendapatkan Notifikasi Get Windows 10 dari Microsoft
– Upgrade ke windows 10 tanpa menunggu notifikasi dari Microsoft
– Antara Update, Upgrade dan Clean Install. Apa bedanya?
– 5 hal yang perlu dilakukan setelah upgrade ke Windows 10
Cara mengaktifkan fitur Cortana pada Windows 10 untuk wilayah di luar Amerika (US)
– Mengatasi problem Wi-Fi pada Windows 10
– Apa beda laptop, notebook, netbook, ultrabook, chromebook dan macbook
– Apa beda Phablet dan Tablet
Cara sembunyikan “Test Mode Windows 10″ pada halaman depan Windows 10
– Tampilkan layar laptop windows 8.1 dan 10 ke Smart TV dengan Miracast

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...