Membangun jaringan DLNA di rumah (DLNA Home Network)

Apa itu DLNA.
DLNA singkatan dari Digital Living Network Alliance. Sebuah lembaga non profit yang domotori oleh Sony di tahun 2003 dan diikuti oleh berbagai perusahaan elektronik terkemuka. Tujuan lembaga ini adalah untuk menetapkan standar komunikasi antar perangkat digital agar dapat saling berbagi media seperti foto, video, audio satu sama lain tanpa menggunakan kabel dan tanpa mempedulikan merek perangkat tersebut. Selama sebuah perangkat menggunakan standar koneksi yang ditetapkan DLNA (DLNA compatible), maka perangkat tersebut dapat dimasukkan ke dalam jaringan DLNA.

Jaringan DLNA di rumah

Koneksi DLNA dibangun di atas jaringan wi-fi dan menggunakan teknologi UPnP (Universal Plug and Play) untuk dapat saling berkomunikasi antara perangkat yang satu dengan yang lain. Karenanya untuk membangun jaringan DLNA, harus memiliki jaringan wi-fi dari router modem yang selama ini digunakan untuk akses internet di rumah.

Membangun jaringan DLNA.

Modem internet, komputer , smartphone, tablet, smart TV dan audio player mungkin bukan barang baru di rumah kita. Di sini kita coba membangun jaringan DLNA dengan memanfaatkan perangkat-perangkat tersebut. Dalam jaringan DLNA setiap perangkat memiliki peran masing-masing yang dikategorikan sebagai berikut:

  1. DMS (Digital Media Server).
    Perangkat dalam kategori ini berperan menyediakan media berupa foto, audio dan video agar dapat diakses dan dimainkan oleh perangkat lain. Di sini komputer kita perankan sebagai DMS karena biasanya kita banyak menyimpan koleksi foto, film dan lagu di dalamnya.
  2. DMP (Digital Media Player).
    Perangkat dalam ketegori ini berperan menampilkan atau memainkan media yang disediakan oleh DMS. Dalam hal ini smart TV kita gunakan sebagai DMP yang memainkan koleksi media dari komputer.
  3. DMC (Digital Media Controller).
    Perangkat dalam kategori ini berperan mengontrol perangkat-perangkat lain di dalam jaringan DLNA. Mengambil media dari DMS kemudian memainkannya ke DMR (Digital Media Renderer). Dalam hal ini kita fungsikan smartphone sebagai DMC. Sebagai contoh, Smartphone memilihkan media yang sesuai yang ada pada komputer (DMS) lalu dikirim ke DMR (berupa audio player atau smart TV) untuk memainkannya.
  4. DMR (Digital Media Renderer).
    Perangkat dalam kategori ini hampir sama dengan DMP yaitu berperan memainkan media. Bedanya DMP dapat memilih media yang akan dimainkan sedangkan DMR tidak dapat memilah media yang bisa dimainkan sehingga harus dibantu oleh DMC. Perangkat yang digolongkan sebagai DMR umumnya seperti perangkat AV Receiver seperti Stereo Set atau Home Theater. Namun DMP-pun bisa dikategorikan sebagai DMR juga karena dapat juga menerima perintah dari DMC. Seperti smart TV yang memainkan media yang diperintahkan oleh smartphone yang berperan sebagai DMC.

Setup masing-masing perangkat.
Di sini kita akan melakukan setup pada komputer sebagai DMS, smartphone atau tablet sebagai DMC dan smart TV sebagai DMP yang juga bisa berperan sebagai DMR.

  1. Setup komputer sebagai DMS (Digital Media Server).
    Di sini kita akan menyiapkan komputer sebagai DMS di dalam jaringan DLNA, yang berfungsi menyediakan file-file media yang dapat diakses oleh perangkat lain. Karena hal ini sudah dibahas sebelumnya, silahkan lihat cara setup koneksi laptop/PC ke TV dengan DLNA.
  2. Setup Smart TV sebagai DMP (Digital Media Player).
    Karena umumnya smart TV sudah DLNA certified dan dilengkapi aplikasi DLNA, maka kita tidak perlu memerlukan setup apa-apa. Pastikan saja Smart TV sudah terkoneksi dengan jaringan internet di rumah.
  3. Setup Smartphone sebagai DMC (Digital Media Controller).
    Walaupun umumnya smartphone sudah DLNA certified, namun applikasi DLNA yang ada hanya berfungsi menjadikan smartphone sebaga DMS (Digital Media Server) saja, yang hanya sebagai penyedia file-file media agar bisa di akses smart TV. Untuk menjadikan smartphone sebagai DMC, kita perlu aplikasi dari pihak ke tiga. Cukup banyak aplikasi DMC ini di Google Play store. Yang telah kita coba gunakan diantaranya, UPnPlay, SmartDLNA, BubbleUPnp, Plex. Yang masih saya gunakan adalah SmartDLNA karena keduanya 100% gratis tanpa iklan.
    Di sini kita juga tidak perlu melakukan setup, cukup dengan menginstall salah satu aplikasi di atas, aplikasi secara otomatis melakukan setup sendiri.

Setelah setup selanjutnya hidupkan komputer dan aktifkan aplikasi DLNA (karena TV sy merek LG saya gunakan aplikasi Smartshare), hidupkan smart TV juga, dan pada smartphone aktifkan aplikasi yang tadi diinstall. Saya gunakan smartDLNA karena tampilannya rapi, mudah dimengerti dan tanpa iklan.

Setelah semua diaktifkan, kita bisa melihat perangkat apa saja yang saling terkoneksi. Caranya:

  • Dari komputer: pada Smartshare klik Settings (pojok kanan atas), di bagian panel sebelah kiri pilih “Allow/Block Other Devices“. Terlihat sudah ada dua perangkat yang terkoneksi dengan komputer, smartphone dan Smart TV.
PC-DLNA: Melihat perangkat lain dari smartshare
PC-DLNA: Melihat perangkat lain dari smartshare
  • Dari smart TV: pada  remote controlnya klik Home > klik Input list. Terlihat komputer dan smartphone sudah terdapat dalam Input List smart TV. Dari smartphone berupa folder My share dan Family.
Smart TV-DLNA: Melihat perangkat lain dari smart TV
Smart TV-DLNA: Melihat perangkat lain dari smart TV
  • Dari smartphone: Klik Menu, dari panel sebelah kiri klik Devices kemudian klik Renderer.
Smartphone-DLNA: Melihat perangkat lain dari smartphone
Smartphone-DLNA: Melihat perangkat lain dari smartphone

Setelah semuanya saling terkoneksi, kita coba test koneksi antar perangkat dalam jaringan DLNA ini dari masing-masing perangkat.



1. Dari Smart TV
.

  • Mengambil media dari komputer dan memainkannya di smart TV.
    • Klik Home dari remote control >> Input List >> pilih media dari komputer. Terdapat beberapa folder, cari file media yang akan kita mainkan di smart TV.
  • Mengambil media dari smartphone dan memainkannya di smart TV.
    • Klik Home dari remote control >> Input List >> pilih media dari smartphone. Juga terdapat beberapa folder. Cari media film atau foto atau lagu. Coba mainkan.

2. Dari Smartphone.

  • Mengambil media dari komputer dan memainkannya di smart TV.
    • Jalankan aplikasi smartDLNA, klik Menu (3 garis horisontal pojok atas kiri) >> Klik devices >> pilih perangkat komputer kita >> Klik Share center >> cari Media berupa film / lagu / foto kemudian klik media tersebut >> muncul pop up Choose renderers, klik nama smart TV kita (gambar 1)
      Kembali ke folder Renderer (gambar 2). Klik Smart TV kita, smart TV sedang memainkan media yang kita pilih. Dari sini kita bisa mengontrol smart TV, mengecilkan volume, mempercepat posisi track film/lagu. Atau me-singkronkan antara smartphone dan smart TV (gambar 3).
Smartphone-DLNA: Control smart TV
Smartphone-DLNA: Control smart TV
  • Mengambil media dari komputer dan dimainkan di smartphone itu sendiri.
    • Cari media yang akan dimainkan seperti cara di atas, dan klik media tersebut >> pada pop up Choose renderer yang muncul klik nama smartphone kita. Dan media tersebut akan dimainkan pada smartphone kita.
  • Mengambil media dari komputer dan menyimpannya di smartphone.
    • Cari media yang akan dimainkan seperti cara di atas, kemudian klik tanda panah sebelah kanan media yang akan kita donwload dari komputer, muncul pop up Choose Open atau Download. Klik download. maka media tersebut akan tersimpan di folder download.
      Untuk melihatnya, klik menu pojok kiri atas, klik folder Download. Terlihat media yang barusan kita download dari komputer tadi.

3. Dari komputer.

  • Mengirimkan media yang akan dimainan di smart TV atau smartphone.
    • Dari menu depan smartshare misalkan kita pilih film. Pilih salah satu film, kemudian klik kanan >> klik Play To >> muncul pilihan smart TV atau smartphone. Jika kita pilih smart TV, maka media tersebut akan dimainkan pada smart TV. Namun jika kita pilih smartphone maka media tersebut tidak bisa dimainkan di smartphone.
PC-DLNA: Controll perangkat lain dari komputer
PC-DLNA: Controll perangkat lain dari komputer
  • Melihat dan membagikan media yang ada di smartphone.
    • Klik tab pojok kiri atas. Di sana terlihat beberapa folder lain, folder Family dan folder My Share. Kedua folder ini berasal dari smartphone. Klik folder Family yang sudah ada isinya. Kemudian klik salah satu media kemudian klik kanan, pilih smart TV. Maka media dari smartphone tersebut akan dimainkan di Smart TV.
PC-DLNA : Folder dari smartphone
PC-DLNA : Folder dari smartphone

Kesimpulan.

  1. Smart TV menganggap komputer dan smartphone sebagai penyedia konten (DMS, Digital Media Server). Karenanya Smart TV dapat mengakses media yang tersimpan pada kedua perangkat tersebut.
  2. Smartphone dapat mengambil media dari komputer dan merintahkan smart TV memainkannya. Dalam kasus ini smartphone menganggap smart TV sebagai DMR (Digital Media Renderer) dan menganggap komputer tetap sebagai DMS (Digital Media server).
  3. Komputer dapat memerintahkan Smart TV (ada pilihan Play to… smart TV) untuk memainkan media yang ditentukannya. Komputer seolah berperan sebagai DMC (Digital Media Controller) dan menganggap Smart TV sebagai DMR (Digital Media Renderer).
  4. Komputer menganggap smartphone sebagai penyedia konten media (DMS) karena dapat mengabil media dari smartphone dan sekaligus menganggap smartphone sebagai DMR (memainkan media) karena ada pilihan Play to yang mengarah ke smartphone.
  5. Dari point 1, 2, 3, 4, masing-masing perangkat tidak mutlak berperan sebagai DMS, DMP, DMC atau DMR. Namun yang pasti,  telah terjalin komunikasi antara ke tiga perangkat tersebut untuk saling berbagi media di dalam jaringan DLNA ini.

Selamat mencoba….


Artikel terkait:
Berbagi foto-audio-video dari laptop/PC ke Smart TV dengan DLNA
– Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Cara mengaktifkan PC Link pada Asus Zenfone (Screen Mirroring)
– Antara Wi-Fi, WLAN dan LAN
– Antara Wi-Fi, Wi-Fi Direct dan Bluetooth
Berbagi foto-audio-video dari smartphone atau tablet ke Smart TV dengan DLNA
– Apa itu Miracast, bedanya dengan DLNA, Wi-Fi Direct, Intel® WiDi, AirPlay dan Chromecast
– Apa itu Chromecast dan kegunaannya
– Memanfaatkan fitur Soft AP pada Smart TV