Cara stop notifikasi dari Facebook pada perangkat Android

Facebook telah menjadi jaringan sosial atau media sosial yang terbanyak digunakan saat ini. Memiliki banyak teman juga berarti akan banyak informasi yang kita dapatkan. Namun sayangnya informasi yang tidak pentingpun, atau yang tidak ada urusannya dengan kita, kadang muncul juga dinotifikasi perangkat android kita. Dan terkadang notifikasi ini muncul dengan suara yang dapat mengalihkan perhatian kita.

Facebook: Ssssss...tt

Di Facebook, notifikasi ini berupa:

  • aktifitas teman di group yang kita ikuti
  • pesan yang masuk
  • aplikasi semisal game yang teman kita mainkan (seperti poker)
  • teman kita telah berteman dengan orang lain (yang kita juga tidak kenal)
  • temannya teman kita (yang kita juga tidak kenal) yang berkomenter di wall atau gambar yang kita ada di tag di sana, dan lain-lain.

Jujur saja, kadang kita (khususnya saya) merasa terganggu dengan notifikasi yang dikirim oleh Facebook ini. Cukup kita tahu ada notifikasi yang masuk saat kita buka Facebook kita saja.

Jika anda sama dengan saya yang tidak mau menerima notifikasi dari Facebook, ikuti langkah-langkah berikut di perangkat android anda.

Cara 1:

1. Masuk ke Settings, dibawah bagian Device klik Apps (Applikasi). Akan muncul sederet aplikasi, cari Facebook kemudian klik.

Facebook: Non-aktifkan Notifikasi

Gambar 1: Facebook – Non-aktifkan Notifikasi

2. Dihalaman Aplikasi Facebook, dibagian atas ada tulisan “Show notifications” yang dicentang. Klik pada tanda centang tersebut untuk menghilangkan tanda centang. Akan muncul jendela pesan dari Facebook, lalu klik OK.

Facebook: Non-aktifkan Notifikasi-2

Gambar 2: Facebook – Non-aktifkan Notifikasi-2

Di perangkat android smartphone atau tablet lainnya caranya juga sama seperti di atas, mungkin nama bagian-bagiannya yang agak berbeda.

Seperti di Samsung Galaxy:

Settings > dibawah System Manager, klik Application Manager > klik Facebook seperti gambar 2 di atas.

Cara 2:

Atau jika anda ingin memilah-milah notifikasi yang anda inginkan dan mana yang tidak, iktui langkah berikut:

1. Dari perangkat android anda buka akun FB anda, dipojok kanan atas ada gambar tiga garis (orang bilang ikon menu hamburger), klik menu tersebut. Kemudian geser layar ke bawah sampai di bagian Help & Settings, dan klik App Settings, seperti gambar berikut.

Gambar 3: Facebook-Non-aktifkan Notifikasi-3

Gambar 3: Facebook-Non-aktifkan Notifikasi-3

2. Kemudian klik “Notifications“. Di sini terdapat banyak macam notifikasi, geser layar kebawah untuk melihat macam notifikasi yang ada. Anda bisa memilih notifikasi yang anda inginkan dan mana yang tidak dengan menggeser tombol masing-masing jenis notofikasi. Untuk menon-aktifkan geser tombol ke kiri, untuk mengaktifkan geser tomgol ke kanan. Jika anda merasa ingin menon-aktifkan semua notifikasi ini, cukup geser ke kiri tombol notifikasi paling atas di sebelah tulisan “Notifications“. Seperti terlihat pada gambar berikut:

Gambar 4: Facebook-Nontaktifkan Notifikasi-4

Gambar 4: Facebook-Nontaktifkan Notifikasi-4

Dan mulai saat ini kita tidak akan mendapatkan notifikasi tertentu dari Facebook, apalagi notifikasi bersuara yang Facebook anggap penting.


Artikrl terkait:
– Cara aktifkan fitur Telepon pada WhatsApp
– Cara mainkan WhatsApp di laptop/Pc (WhatsApp Web)
– Cara install dan menggunakan Whatsapp pada perangkat android tanpa simcard
– Melacak perangkat android dengan mesin pencari Google
– Membuka Facebook dan Twitter di Smart TV
– Settings Youtube dan Search engine agar aman buat anak-anak kita
– Backup dan Restore Whatsapp, transfer chat ke hp baru