Cara mengaktifkan fitur Cortana pada Windows 10 untuk wilayah di luar Amerika (US)

Apa itu Cortana?

Cortana adalah asisten pribadi virtual yang merupakan salah satu fitur baru pada Windows 10. Sebagai asisten pribadi, Cortana akan selalu menuruti perintah juragannya. Untuk melakukan sesuatu, seperti pencarian file yang ada di dalam perangkat laptop/PC, pencarian lewat internet, buka email, setting alarm dan sebagainya (asal bukan perintah yang gak-gak aja ya). Intinya kita sebagai juragannya hanya memberikan perintah melalui mikrofon kepada Cortana untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan. Sebelumnya fitur ini sudah ada di Windows phone kemudian diangkat ke perangkat desktop (laptop/PC) sebagai bagian dari sistem operasi Windows 10.

Windows 10: Cara mengaktifkan Cortana

Kalau di perangkat berbasis iOS, asisten pribadi virtual ini namanya, Siri. Kalau di Google namanya Google Now. Dan untuk saat ini bahasa yang digunakan oleh Cortana baru sebatas bahasa Inggris saja. Namun ke depannya Microsoft juga akan “meng-kursus-kan” Cortana bahasa lokal, seningga bisa menggunakan bahasa lokal juragannya juga.

Secara default, aktif – tidaknya Cortana tergantung dari wilayah kita masing-masing. Bagi kita orang Indonesia, saat upgrade ke Windows 10, fitur Cortana dalam keadaan tidak aktif. Namun dengan sedikit settings kita yang tinggal diluar Amerika (US) pun tetap bisa menggunakan fitur ini, asalkan perintah bahasa Inggris yang kita gunakan dapat dimengerti oleh Cortana.

Cara mengaktifkan Cortana.

  • Start > Settings > Time & Language
  • Klik Region and Language di panel sebelah kiri
  • Di bagian Country or region. pada dropdown menu pilih United States

Di bagian Languages, jika sudah ada pilihan bahasa English (United States), klik pada English (United States), kemudian klik Set as default

Windows 10: Mengaktifkam Cortana

Jika belum ada pilihan bahasa English (United States), klik tanda “+” pada bagian Add Language.

  • Pilih English (United States).
  • Setelah muncul di bawah “+ Add Languages”, klik lagi English (United States), kemudian akan muncul pilihan Set as Default – Options – Remove. Kita  klik Options, lalu klik Download.
  • Selesai download, kembali ke bagian Region and Language dan klik pada English (United States), kemudian klik Set as default
  • Di panel sebelah kiri, klik Speech kemudian centang kotak kosong sebelah tulisan “Recognize non-native accents for this language“. Maksudnya agar Cortana mengenali aksen kita yang bukan orang pribumi-nya Amerika.

Windows 10: Memilih Cortana laki-laki atau wanita

Ups…ternyata Cortana tidak mestik cewek ya. Cortana bisa jadi cowok juga. Kalau mau Cortana cewek pilih Microsoft Zira Mobile. Kalau mau Cortana cowok pilih Microsoft Mark Mobile. (Harusnye kalo cewek namenye Cartini, kalo cowok namenye Cartono……ya)

Ini baru langkah “membangunkan” Cortana. Selanjutnya kenalan sama Cortana. Agar bisa menjadi aspri (asisten pribadi) yang terampil, Cortana butuh informasi tentang juragannya. Seperti nama, lokasi, hobi, makanan dan sebagainya.  Berikan informasi yang dubutuhkan oleh Cortana.

Untuk memulai kenalan,

  • Klik kotak pencarian Search the web and Windows di pojok kiri bawah. Sebelumnya kotak perncarian ini berupa ikon bergambar kaca pembesar. Setelah di bagian Country and region kita ganti  ke United States, berubah menjadi kotak pencarian. Akan muncul jendela seperti gambar berikut.

Windows 10: Memberikan informasi yang Cortana butuhkan

  • Dari jendela Cortana klik Setting (bergambar ikon roda gigi), kemudian On-kan Cortana.
  • Selanjutnya ikuti apa yang diminta Cortana. Nama sapaan kita sebagai juragannya dan sebagainya…
  • Setelah selesai, akan muncul gambar seperti berikut.

Windows 10: Kenalan awal dengan Cortana selesai

Kenalan dengan Cortana sudah selesai. Informasi tentang juragannya sudah dia catat di buku catatannya, Notebook. Kedepannya jika masih ada informasi yang harus di berikan ke Cortana, bisa di tambahkan di notebook Cortana. Atau sekedar ngecek catatannya (jangan-jangan die ngejelekin juragannye) bisa kita buka buku catatannya dengan mengeklik ikon bergambar notebook di panel sebelah kiri jendela Cortana di bawah ikon Home bergambar rumah.

Terakhir, klik Got it. Akan muncul ikon Cortana berupa lingkaran kecil di kotak pencarian pojok kiri bawah dengan tulisan Ask me anything. Seperti gambar berikut. Ini berarti Cortana siap melayani juragannya.

Windows 10: Cortana siap melayani anda

Untuk mengistirahatkan (menonaktifkan) Cortana, klik kotak pencarian Cortana > klik Notebook > Settings > Off-kan Cortana.

Windows 10: Nonaktifkan Cortana

Sekarang muncul ikon Cortana berupa lingkaran kecil di atas tombol Start Menu. Untuk mengaktifkan Cortana kembali, cukup klik kotak pencarian, Search the web and Windows lalu klik ikon Cortana ini.

Windows 10: Mengaktifkan Cortana kembali

Sebagai tambahan,

  • Sebaiknya kita buat akun Microsoft dulu agar bisa menggunakan fitur-fitur Windows 10 secara maksimal. Membuat akun di Microsoft tidak harus dengan membuat akun e-mail baru, cukup dengan menggunakan akun e-mail kita yang sudah ada, dari gmail misalnya.
  • Perangkat laptop/PC selalu terkoneksi dengan internet, kalau tidak Cortana tidak bisa mencari di web.
  • Cortana berkolaborasi dengan Bing, mesin pencarinya Microsoft, bukan Google.
  • Mikrofon harus selalu terkoneksi ke perangkat laptop/PC kita agar tetap bisa berkomunikasi dengan Cortana.

Dah beres…


Artikel terkait:
– Windows 10: Hal yang perlu diketahui mengenai upgrade gratis ke Windows 10
– Windows 10: Cara upgrade ke Windows 10 dengan gratis
– Cara mendapatkan Notifikasi Get Windows 10 dari Microsoft
– Upgrade ke windows 10 tanpa menunggu notifikasi dari Microsoft
– Antara Update, Upgrade dan Clean Install. Apa bedanya?
– 5 hal yang perlu dilakukan setelah upgrade ke Windows 10
– Perbedaan antara Windows 10 dengan Windows 8 dan Windows 7
– Cara sembunyikan “Test Mode Windows 10″ pada halaman depan Windows 10
– Tampilkan layar laptop windows 8.1 dan 10 ke Smart TV dengan Miracast
– Mengatasi problem Wi-Fi pada Windows 10

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...