Cara melacak perangkat android yang hilang dengan Android Device Manager

Salah satu cara untuk melacak keberadaan perangkat android, smartphone atau tablet yang hilang adalah dengan menggunakan Android Device Manager (ADM) yang merupakan bawaan asli sistem operasi Android. Di samping mudah digunakan dan gratis, kita tidak perlu menginstall aplikasi lainnya untuk keperluan ini. Persyaratan yang dibutuhkan adalah:

  • Perangkat android anda harus terkoneksi dengan akun Google anda
  • Perangkat android harus terkoneksi dengan internet
  • Laptop/PC yang terhubung ke internet untuk melacak perangkat android yang hilang

Android Device Manager

Kemudian ikuti langkah-langkah seperti berikut.

1. Aktifkan Android Device Manager pada perangkat android.

  • Menu > Google setting (1) > Security (2)
  • Dibawah bagian Android Device Manager, klik atau centang (jika belum aktif) pada tulisan “Remotely locate this device” dan klik juga pada tulisan “Allow remote lock and erase” (3).  Dihalaman berikutnya klik Activate (4).

Aktifkan Android Device Manager

Mengaktifkan “Remotely locate this device”,  berarti mengijinkan Google untuk melacak keberadaan perangkat android. Dan mengaktifkan “Allow remote lock and erase”, berarti mengiinkan Google untuk mengunci dan menghapus data di dalam perangkat android tersebut, tentu dengan persetujuan anda saat melacak perangkat android anda.

2. Pastikan akses Lokasi diaktifkan.

  • Menu > Settings > Location pada posisi ON

Aktifkan Lokasi Android

Mohon diteliti, antara menu Settings dengan Goggle Settings, gambar ikonnya berbeda. Settings, ikonnya roda gigi biasa, sedangkan Google Settings, ikonnya bergambar roda gigi dengan huruf “G” di tengahnya. Untuk mengaktifkan setting Location, bisa melalui Quick settings, lalu klik ikon Location untuk mengaktifkannya. Jika berwarna terang berarti sudah aktif. Ini juga tergantung jenis produk smartphone atau tablet yang anda gunakan.

Melacak perangkat android melalui internet browser dari laptop/PC.
Kunjungi: https://www.google.com/android/devicemanager. Anda diminta untuk sign in (masuk) ke website tersebut. Gunakan akun Google (alamat email Google) yang sama dengan akun Google yang digunakan pada perangkat android anda. Jika anda menggunakan dua atau lebih perangkat android yang menggunakan akun Google yang sama, website google tersebut akan memberikan pilihan perangkat android anda yang mana yang akan dilacak. Semua bisa dilacak, tinggal anda memilihnya.

Setelah anda masukkan alamat email Google dan passwordnya, muncul popp up welcome dan klik Accept. Kemudian website ADM akan melacak lokasi perangkat android anda. Lokasi perangkat android segera terdeteksi lengkap dengan map (petanya) beserta nama lokasi, terakhir terlacak, kapan terakhir digunakan dan perkiraan akurasi letaknya. Anda bisa memperbesar gambar peta untuk memastikan keberadaan perangkat android tersebut.

Memilih android yang akan dilacak

Tanda yang dilingkar pada gambar di atas,

  1. Memilih perangkat android yang akan di lacak jika anda memiliki lebih dari satu perangkat android yang menggunakan akun Google yang sama
  2. Mengulangi pencarian lokasi perangkat android anda.

Melacak posisi perangkat Android dengan Android Device Manager

Kemudian anda diberi tiga pilihan, apa yang akan diperbuat terhadap perangkat android yang sedang dilacak tersebut.

  1. Ring.
    Mengebel atau membunyikan perangkat android tersebut. Seperti seseorang sedang menelpon anda. Suara dering telpon akan berbunyi dengan volume maksimal walaupun pada perangkat androidnya volume di set pada posisi terendah atau posisi getar (vibrate). Coba anda test mengebel parangkat android yang sedang anda lacak tersebut. Perangkat android akan berdering selama 5 menit. Untuk mematikan dering tersebut, tekan tombol power pada perangkat android yang sedang di test.
  2. Lock.
    Mengunci perangkat android tersebut dari jarak jauh (dari website ini) dengan password walaupun sebelumnya perangkat tersebut belum ada passwordnya. Password ini anda yang tetapkan setelah mengeklik “Lock”. Dengan password yang dibuat secara darurat ini, perangkat anda tidak akan bisa dibuka orang lain sehingga tidak ada yang bisa menggunakan atau melihat data-data yang terdapat pada perangkat android anda. Untuk menggunakan fasilitas ini, klik Lock pada pada website di atas, masukkan password baru anda dua kali, lalu klik Lock.
  3. Erase.
    Jika ingin menghapus semua data pada perangkat android tersebut, klik “Erase”. Ini akan mengembalikan perangkat android pada posisi “Factory setting” yang akan menghapus semua data termasuk foto, video, setting dan aplikasi. Jika pilihan Erase ini diambil, setelahnya anda tidak bisa lagi melacaknya menggunakan Android Device Manager. Berarti anda rela perangkat tersebut hilang. Perlu di catat, bahwa data yang tersimpan di SD Card (External Memory) tidak dapat dihapus oleh fitur “Erase” ini.

Melacak perangkat android yang hilang menggunakan perangkat android anda yang lain.
Agar bisa melacak perangkat android yang lain, perangkat android yang anda gunakan harus ada aplikasi Android Device Manager. Jika belum ada, silahkan download di Play Store dan diinstall. Setelah selesai klik Open, pilih akun Google (alamat email Google) yang sama dengan perangkat android yang akan dilacak, kemudian klik “Accept”.

Selanjutnya aplikasi Android Device Manager akan segera melacak perangkat android yang akun Google-nya sama dengan akun pada aplikasi Android Device Manager. Selanjutnya, cara menggunakannya sama seperti pada cara melacak melalui website ADM di atas.

Aplikasi Android Device Manager pada perangkat android

Aplikasi Android Device Manager pada perangkat android

Tanda yang dilingkar merah, jika diklik berfungsi untuk memilih perangkat android yang lain yang akan dilacak.

Kesimpulan:

  • Sebelum terjadi, smartphone atau tablet android anda hilang, sebaiknya aktifkan Android Device Manager-nya seperti cara di atas.
  • Penting untuk memiliki akun Google sendiri. Jika belum segera bikin. Banyak sekali manfaatnya jika anda menggunakan smartphone atau tablet android. Diantaranya kita bisa menyimpan back-up perangkat android di Google Drive dengan menggunakan akun kita tadi. Suatu saat jika mengganti smartphone atau tablet, karena hilang atau beli baru, kita bisa mengembalikan data dan setting seperti pada smatphone atau tablet kita sebelumnya. (Baca juga: Cara menambahkan dan menghapus akun Google pada android)
  • Sebagian dari kita mungkin tidak memiliki akun Google sendiri. Saat beli perangkat android pertamakali, untuk mengaktifkannya kita menggunakan akun Google milik penjualnya atau akun Google dibuatkan penjualnya, sehingga lupa nama akunnya (alamat Email Google) dan passwordnya. Segera bikin akun Google sendiri dan ganti akun Google di perangkat android anda.
  • Apalagi jika anda beli smartphone atau tablet second (bekas pakai), akun Google-nya harus diganti dengan akun Google anda sendiri.

Artikel terkait:
– Macam-macam versi Android dan fitur-fiturnya
– Android 6 Marshmallow dan fitur-fitur barunya
– Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Cara setup perangkat android pertama kali
– 3 cara screenshot pada Asus Zenfone 4, 5, 6 dan 2
– Melacak perangkat android dengan mesin pencari Google
– Cara menambahkan dan menghapus akun Google pada smartphone atau tablet android
– Cara menulis cepat pada keyboard android dengan fitur Trace input
– Cara menampilkan alamat usaha di Google maps

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...