Berbagi foto-audio-video dari laptop/PC ke Smart TV dengan DLNA

Salah satu tujuan membangun koneksi antara laptop/PC dengan SmartTV adalah untuk berbagi media berupa file audio, video, /film dan foto yang tersimpan di dalam laptop/PC. Salah satu Teknologi yang sering digunakan adalah DLNA (Digital Living Network Alliance). Karena hampir bisa dipastikan semua Smart TV yang ada di pasaran memiliki teknologi DLNA ini. Hanya istilahnya saja yang kadang berbeda antara merek yang satu dengan dengan merek TV yang lain. Sebagai contoh pada Smart TV merek Samsung istilah untuk teknologi DLNA adalah Allshare, Smart TV LG menggunakana istilah Smartshare, Smart TV Philips menggunakan istilah SimplyShare. Mengenai DLNA ini bisa anda baca di sini.

Koneksi laptop ke HDTV dengan DLNA

Syarat untuk membangun jaringan DLNA.

  1. Perangkat sudah memiliki DLNA Certified.
    Ini berarti hanya dengan mengaktifkan fitur DLNA, maka perangkat tersebut akan terhubung dengan perangkat lain dalam jaringan DLNA. Tanpa memerlukan aplikasi tambahan lagi.
  2. Perangat harus terkoneksi dengan jaringan  wi-fi internet di rumah.
    Hampir semua perangkat digital sekarang memiliki koneksi wireless wi-fi. Karenannya TV yang dimaksud dalam tulisan ini adalah Smart TV, karena telah memiliki kemampuan akses internet dengan wi-fi.

Khusus untuk laptop/PC, tidak perlu direpotkan dengan urusan DLNA certified atau tidak. Cukup dengan menginstall aplikasi yang cocok, akan membuat laptop/PC menjadi perangkat yang DLNA compatible. Karena fungsi aplikasi yang akan diinstall bertujuan menjadikan laptop/PC menjadi sebuah ‘server’ dalam jaringan DLNA sehingga file-file media berupa audio, video dan foto dapat diakses oleh perangkat yang lain.

Selain itu, walaupun laptop/PC tidak terdapat dalam daftar DLNA certified products, selama laptop PC memiliki Media center, menggunakan Windows 7 ke atas, ini sudah DLNA compatible. Ada cara setting pada Media center agar media yang ditersimpan di laptop/PC dapat diakses dalam jaringan DLNA. Kita bahas lain waktu. Untuk saat ini kita cari mudahnya saja dengan menginstall aplikasi DLNA yang bersesuaian dengan Smart TV yang kita miliki. Ikuti saja langkah-langkah mudah berikut ini.

 

1. Download aplikasi DLNA untuk latop/PC yang sesuai dengan smart TV yang anda miliki.

  • Untuk LG Smart TV download “Smartshare for windows” (di sini)
  • Untuk Samsung Smart TV download “Allshare for windows” (di sini)
  • Untuk Philips Smart TV download “SimplyShare for windows” (di sini)

Jika tidak bisa mendapatkan aplikasi yang sesuai,  coba gunakan beberapa aplikasi DLNA dari pihak ke tiga seperti, Plex, TVersity, Twonky or Windows Media Player.

2. Setelah selesai download, diinstall kemudian ikuti petunjuknya.
Dengan menginstall aplikasi DLNA ini, secara tidak langsung telah membuat laptop/PC menjadi DLNA compatible. Karena aplikasi ini berfungsi membuat laptop/PC menjadi sebuah server di dalam jaringan DLNA.
Kemudian sebaiknya file-file media berupa foto, music atau video yang akan diakses oleh Smart TV, kita kelompokkan dalam satu folder dan sub folder sehingga nanti mudah mengorganisirnya dengan aplikasi DLNA yang sudah anda install.

3. Hidupkan Smart TV nya.

  1. Klik Home dari remote control-nya
  2. Klik Input List, untuk memilih sumber input bagi TV seperti Antena atau DVD player atau USB drive dll.
  3. Dalam daftar Input List, terdapat Antena TV, HDMI ,USB dan juga Nama latop/PC anda. Kita pilih yang sesuai dengan nama kaptop/PC kita seperti contoh gambar berikut. Kemudian kita pilih file media apa yang akan kita tonton.
Memilih input dari laptop pada SmartTV

Memilih input dari laptop pada SmartTV

Mungkin caranya agak berbeda dengan smart TV yang anda miliki.  Yang penting tujuannya memilih input TV yang berasal dari  laptop/PC anda.


Artikel terkait:
– Cara mengaktifkan PC Link pada Asus Zenfone (Screen Mirroring)
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Membangun jaringan DLNA di rumah (DLNA Home Network)
– Antara Wi-Fi, WLAN dan LAN
– Antara Wi-Fi, Wi-Fi Direct dan Bluetooth
Berbagi foto-audio-video dari smartphone atau tablet ke Smart TV dengan DLNA
– Apa itu Miracast, bedanya dengan DLNA, Wi-Fi Direct, Intel® WiDi, AirPlay dan Chromecast
– Tampilkan layar laptop windows 8.1 dan 10 ke Smart TV dengan Miracast
– Memanfaatkan fitur Soft AP pada Smart TV