Cara install dan menggunakan Whatsapp pada perangkat android tanpa simcard

Salah satu syarat untuk menggunakan Whatsapp adalah perangkat android kita harus terkoneksi dengan jaringan internet, baik itu melalui paket data internet dari simcard atau melalui wi-fi hotspot. Selama perangkat android terkoneksi dengan jaringan internet, berarti kita tetap bisa menggunakan Whatsapp diperangkat android smartphone atau tablet. No HP / simcard kita digunakan hanya saat registrasi saja, setelah itu kita tetap dapat menggunakan Whatsapp tanpa simcard selama perangkat android kita terkoneksi dengan internet melalui wi-fi hotspot.

Whatsapp

Untuk lebih mempermudah, kita ambil contoh kasus.
Saya punya HP lawas yang hanya bisa digunakan untuk SMS atau telp, kemudian saya punya tablet tanpa kartu sim / simcard yang selalu terkoneksi dengan jaringan wi-fi di rumah atau numpang tetangga, yang hanya digunakan untuk browsing internet dan main game anak. Karena teman-teman sekolah dulu ngajak untuk gabung di Whatsapp, maka sayapun merasa wajib untuk bermain Whatsapp. Intinya saya pingin main Whatsapp di tablet android tanpa menggunakan simcard yang ada pada HP lawas saya.

Berikut langkah-langkahnya:

A. Install Whatsapp.

  • Pada tablet androidnya, buka Menu, cari dan klik Play store. (Tablet harus sudah terkoneksi dengan internet dengan wi-fi).
  • Pada halaman Play store, ketik “Whatsapp” di kotak pencarian yang bertuliskan “Google Play”. Akan muncul beberapa pilihan. Klik “Whatsapp Messenger” dan klik Install. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
  • Selesai Install, klik Open untuk membuka halaman registrasi Whatsapp.

Cara install whatsapp di tablet android

B. Registrasi Whatsapp.

  1. Pada halaman Registrasi / pendaftaran Whatsapp, klik “Agree and Continue
  2. Klik “Choose a Country” kemudian cari dan pilih nama negara kita
    • Secara otomatis kode negara kita “+62” akan terisi, kemudian masukan nomor hp lawas yang akan kita gunakan untuk registrasi. Klik OK
    • Muncul jendela konfirmasi, klik OK juga.
  3. Kita dibawa masuk ke halaman “SMS Verification”, tunggu beberapa saat, sekitar 10 menitan, dan biarkan sampai selesai. Selama menunggu proses verifikasi, akan terdengar ada sms masuk ke hp lawas anda. Itu adalah nomor verifikasi yang diberikan Whatsapp. Biarkan saja sampai muncul pesan gagal verifikasi lewat SMS.Registrasi Whatsapp-1
  4. Dihalaman gagal konfirmasi lewat SMS, kita pilih verifikasi lewat telpon, klik Call Me.
  5. Akan ada telpon masuk ke hp lawas kita. Terima saja, tidak usah terburu-buru, karena yang menelpon kita adalah robot yang menyebutkan nomor verifikasi berulang-ulang (menggunakan bahasa Inggris), sambil kita masukkan nomor yang kita dengar, di halaman verifikasi. Jika nomor verikasi yang kita masukkan benar, kita akan dibawa ke halaman selanjutnya, yaitu halaman mengisi profil kita.
  6. Selanjutnya kita di minta mengisi profil kita. Silahkan isi apa saja, yang mudah dikenal oleh teman-teman kita. Termasuk juga masukkan foto jika anda mau dengan menge-klik lokasi gambar. Kemudian klik Next dibagian sudut kanan atas. Kita dibawa ke halaman konfirmasi dan pemberitahuan gratis selama satu tahun. Klik Continue dan registrasi selesai.Registrasi Whatsapp-2

C. Memindahkan atau meng-copy nomor hp teman ke dalam tablet.

Di sini Whatsapp belum bisa digunakan, karena di tablet kita tidak ada nomor kontak / hp teman-teman kita. Semua nomor hp ada di dalam hp lawas. Di sini kita akan memindahkan semua nomor hp teman-teman kita ke dalam tablet.

Pada handphone, nomor kontak tersimpan di dua tempat, yaitu didalam hp dan di dalam simcard. Kita copy-kan semua nomor kontak ke dalam simcard. Caranya tergantung hp anda masing-masing. Secara umum:

  • Buka Menu > Contacts (phonebook) > cari dan pilih Copy > pilih “From Phone to SIM” > OK
  • Setelah selesai, matikan hp dan cabut simcard nya.

Pada tablet, matikan tablet, pasang simcard-nya, dan hidupkan. Tunggu beberapa saat karena tablet sedang mendeteksi simcard yang dianggapnya baru.

  1. Klik Menu > cari dan klik People/Phonebook/Contacts
  2. Pada halaman Contacts, klik Menu (ikon berupa 3 titik vertikal yang ada di bagian bawah layar) kemudian pilih Import/Export atau Copy Contacts, atau sejenisnya.
  3. Pada halaman, “Copy contacts from” pilih Simcard yang yang kita baru pasang. Kadang disebut dengan nama operator selulernya (Indosat, Telkomsel atau apa saja operator seluler simcard anda berasal). Kemudian klik Next.
    Meng-copy nomor kontak hp ke tablet
  4. Pada halaman “Copy Contacts to” pilih tempat menyimpannya, yaitu Tablet. Kemudian klik Next.
  5. Akan muncul semua nomor kontak dari simcard. Pilih semuanya, “Select All“. Tombol Select All ini kadang tersembunyi. Klik tab pada bagian atas layar yang ada tulisan “0 Selected“.
  6. Akan muncul jendela kecil bertuliskan “Select All“, lalu diklik. Semua no kontak akan terpilih ditandai dengan muncul tanda centang atau perubahan warna background pada setiap no kontak. Kemudian klik Next atau OK pada sudut kanan atas. Tunggu proses copy sampai selesai. Setelah selesai matikan tablet, cabut simcard, kembalikan ke hp lawas kita.

Meng-copy nomor kontak hp ke tablet-2

 

Selesai proses meng-copy atau memindahkan nomor kontek dari hp lawas ke tablet.

D. Menggunakan Whatsapp di tablet android tanpa simcard.

Kita akan menggunakan Whatsapp pertamakali pada tablet android tanpa simcard. (Tadi simcard sudah dicabut kan?). Hidupkan kembali tabletnya, tunggu beberapa saat.

  • Klik ikon Whatsapp di dalam Menu atau di layar depan untuk membuka halaman Whatsapp.
  • Klik pada tab “Contacts” di bagian atas layar. Akan muncul nomor kontak teman-teman kita yang sudah menggunakan Whatsapp beserta fotonya yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng….
  • Lalu kita test kirim pesan pada salah satu teman kita. Klik salah satu no kontak hp teman. Jika kita klik fotonya, kita akan melihat fotonya dalam ukuran besar.
  • Tuliskan beberapa kalimat. Setelah selesai klik kepala panah dibagian kanan untuk mengirim pesan kita.
  • Pesan terkirim. Tunggu balasan teman anda…..selesai.

Cara menggunakan Whatsapp

Sekarang teman-teman anda sudah tahu kalau anda sudah menggunakan whatsapp. Saat mereka membuka whatsapp kemudian menge-klik tab Contact, nama anda akan muncul didaftar kontak whatsapp mereka. Selesai. Sengaja kami tulis tutorial ini secara detil agar kawan-kawan yang baru pertamakali menggunakan whatsapp dapat dengan mudah memahaminya. Selamat berjumpa dengan teman-teman lama anda dan rebutan tablet dengan anak anda….he…he.

(Tutorial cara install dan menggunakan whatsapp pada tablet android tanpa simcar ini kami praktekkan menggunakan tablet android ‘Vandroid E1C+’. Semoga tidak berbeda jauh dengan tablet yang anda miliki.)


Artikel terkait:
– Cara stop notifikasi dari Facebook pada perangkat Android
– Cara mainkan WhatsApp di laptop/Pc (WhatsApp Web)
– Cara aktifkan fitur Telepon pada WhatsApp
Aplikasi Whatsapp untuk Laptop/PC
– Membuka Facebook dan Twitter di Smart TV
– Settings Youtube dan Search engine agar aman buat anak-anak kita
– Cara menulis cepat pada keyboard android dengan fitur Trace input
– Backup dan Restore Whatsapp, transfer chat ke hp baru