Apa itu Miracast, bedanya dengan DLNA, Wi-Fi Direct, Intel® WiDi, AirPlay dan Chromecast

Untuk mudah memahami apa itu Miracast, bayangkanlah dengan sebuah alat yang dinamakan Proyektor. Misalkan kita sedang presentasi menggunakan laptop yang terhubung dengan Proyektor digital. Data-data yang dibuka di laptop diproyeksikan ke layar yang lebih besar oleh proyektor digital sehingga semua yang hadir dapat melihat hasil presantasi kita. Apa saja yang ada di layar laptop, akan dirpoyeksikan ke layar yang lebih besar.

Miracast-logo

Begitu juga dengan teknologi Miracast, yaitu berfungsi menampilkan apa saja ada pada layar sebuah perangkat ke layar perangkat yang lain. Misalkan kita menghubungkan smartphone dengan TV dengan teknologi Miracast. Apa yang muncul di layar TV adalah cerminan dari apa yang terdapat pada layar smartphone. Jika sedang browsing intenet dari smartphone, maka di layar TV pun akan menampilkan hal yang sama. Karena nya teknologi Miracast di sebut juga Screen Mirroring, cerminan layar. Namun istilah Screen Mirroring tidak hanya sebatas Miracast saja. Banyak teknik atau cara untuk Screen mirroring, diantaranya dengan menggunakan kabel HDMI. Karenanya Miracast dianggap sebagai “Wireless HDMI”.

Jadi Miracast adalah sebuah standar teknologi koneksi nirkabel yang memungkinkan sebuah perangkat mencerminkan isi layarnya pada layar perangkat yang lain. Standar ini ditetapkan oleh Wi-Fi Alliance yang mengacu pada spesifikiasi Wireless Display. Teknologi yang digunakan adalah teknologi Wi-Fi Direct sehingga ke dua perangkat dapat terkoneksi secara langsung tanpa memerlukan perantara.

Penggunaan Miracast.

Smart TV
Rata-rata smart TV sudah memiliki teknologi Miracast ini dan smart TV sering digunakan sebagai layar cerminan / layar ke dua / layar penerima. Sedangkan layar pertama / layar pemancar nya bisa berasal dari laptop, smartphone, tablet atau perangkat lain yang memiliki layar lebih kecil dan memiliki teknologi Miracast. Fitur Miracast pada smart TV biasanya tertulis dengan jelas sehingga kita tidak susah mencarinya.

Home > Settings > Network.
Di dalam bagian ini terdapat Internet Connection, Wi-Fi Direct, Miracast dan lain-lain

Android
Perangkat Android 4.2 ke atas sudah mendukung Miracast, namun namanya berbeda-beda tergantung dari produsen masing-masing, diantaranya seperti: Play To / Wireless Display / Screen Mirror / Wireless Mirroring / Cast Screen / Screen casting. Anda bisa mencarinya di menu Settings, dibagian Wireless & Network atau di bagian Display.

Windows
Pada Windows 8.1 ke atas, fitur Miracast sudah digunakan, namun ini juga tergantung perangkat komputernya. Misalkan ada membeli laptop dengan sistem operasi Windows 8.1 bisa dipastikan laptopnya sudah Miracast compatible. Namun jika anda menggunakan Windows 8.1 upgrade dari Windows sebelumnya, kemungkinan laptopnya belum mendukung Miracast.

Intel mendukung Miracast dengan teknologi Intel® WiDi (Wireless Display). Komputer atau laptop yang terdapat logo Intel® WiDi bisa menggunakan fitur Miracast. Untuk menggunakan teknologi Intel® WiDi perangkat  komputer atau laptop harus memenuhi persyaratannya. Intel telah menyediakan Tool untuk mengecek apakah perangkat anda bisa menggunakan Intel® WiDi atau tidak. Silahkan download tool-nya di website resmi Intel di SINI. Setelah download. lalu jalankan. Jika saat ini anda ingin membeli laptop baru, pastikan logo Intel® WiDi ada pada laptop tersebut.

Intel® WiDi

Perbedaan Miracast dengan…:

  1. Wi-Fi.
    • Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk koneksi ke internet atau perangkat lain melalui perantara berupa akses point atau wireless router. (Selegkapnya tentang Wi-Fi di sini)
    • Miracast pun menggunakan teknologi yang sama, namun tidak membutuhkan perantara untuk terkoneksi dengan perangkat lain.
  2. DLNA.
    • DLNA adalah wujud lain penerapan teknologi W-Fi. Sama seperti Wi-Fi tetap membutuhkan akses point untuk terkoneksi dengan perangkat lain. Namun DLNA tidak membutuhkan internet. Hanya perlu “numpang” akses point-nya saja. Tujuannya sekedar berbagi konten media saja, berupa audio-video-foto saja dengan perangkat lain dalam jaringan DLNA. (Baca juga tentang jaringan DLNA di sini)
    • Miracast tidak membutuhkan akses point. Miracast dapat terkoneksi langsung dengan perangkat lain tanpa membutuhkan perantara seperti akses point. Miracast juga tidak berbagi media, tapi berbagi layar.
  3. Wi-Fi Direct.
    • Wi-Fi Direct tetap menggunakan teknologi Wi-Fi namun tidak membutuhkan perantara seperti akses point untuk terkoneksi dengan perangkat lain. Penggunaanya sangat luas termasuk pertukaran data secara langsung seperti halnya Bluetooth. (Baca lebih lanjut tentang Wi-Fi Direct di sini)
    • Miracast menggunakan teknologi Wi-Fi Direct, sehingga dapat berkomunikasi dengan perangkat yang lain secara langsung tanpa kabel. Namun Miracast hanya digunakan untuk mencerminkan isi layar dari perangkat yang satu ke dalam layar perangkat pasangannya. Persis sebuah Proyektor yang memproyeksikan layar laptop (misalnya) ke layar yang lebih besar. Karenanya pada Windows 8.1 dan Windows 10, Miracast diistilahkan dengan “Project”.
  4. Screen Mirroring.
    Screen Mirroring adalah istilah umum untuk menampilkan isi layar suatu perangkat ke layar perangkat yang lain. Dan Miracast adalah salah satu cara dalam Screen Mirroring. Selain Miracast ada lagi cara Screen Mirroring ini, seperti dengan kabel HDMI. Contohnya, lihat di sini. Screen Mirroring juga bisa menggunakan kabel USB, seperti koneksi dari smartphone ASUS ke Laptop dengan aplikasi PC Link.
  5. Intels’s WiDi.
    Intel’s WiDi sama dengan Miracast. Ini adalah bentuk dukungan Intel pada teknologi Miracast pada perangkat Laptop atau PC.
  6. AirPlay.
    AirPlay adalah bentuk lain dari Miracast yang hanya dikhususkan pada produk-produk Apple saja dan berbasis Mac OS.
  7. Chromecast.
    Chromecast merupakan sebuah alat khusus dari Google yang digunakan untuk koneksi Internet atau streaming multimedia. Sepintas lalu hasilnya mirip seperti Miracast, namun tidak untuk digunakan screen mirroring. Chromecast lebih difokuskan pada streaming multimedia dan akses internet.
    Alat ini lebih berguna jika anda tidak memiliki Smart TV namun ingin berfungsi seperti smart TV. Cukup anda colokkan ke HDTV lama anda di port HDMI. Kemudian Install aplikasi Chromecast dari Play store di perangkat smartphone, maka anda sudah bisa menggunakan HDTV anda seperti smart TV. Smartphone berfungsi seperti remote control bagi  Chromecast.

Artikel terkait
– Antara Wi-Fi, Wi-Fi Direct dan Bluetooth
– Antara Wi-Fi, WLAN dan LAN
– Membangun jaringan DLNA di rumah (DLNA Home Network)
– Berbagi foto-audio-video dari laptop/PC ke Smart TV dengan DLNA
– Berbagi foto-audio-video dari smartphone atau tablet ke Smart TV dengan DLNA
– Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Cara mengaktifkan PC Link pada Asus Zenfone (Screen Mirroring)
– Setup Miracast pada smartphone atau tablet dengan Smart TV (berbagai merek)
– Apa itu Chromecast dan kegunaannya
– Tampilkan layar laptop windows 8.1 dan 10 ke Smart TV dengan Miracast

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...