5 hal yang perlu dilakukan setelah upgrade ke Windows 10

Sekarang anda sudah memanfaatkan tawaran dari Microsoft untuk meg-upgrade sistem operasi Windows ke Windows 10 dengan gratis. Setelah klik sana-sini mungkin anda baru akan merasakan bedanya dengan windows anda sebelumnya, sementara setting-an dan program aplikasi masih tetap berjalan dengan baik walaupun sistem operasinya sudah diganti ke Windows 10. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan setelah selesai upgrade ke Windows 10.

Windows 10: Settings

1. Jalankan Windows 10 update.

Sebelum melakukan upgrade ke Windows 10, pada Windows sebelumnya kita telah telah melakukan update bahkan kita ubah settingan-nya ke automatic update berharap dapat “undangan” dari Microsoft untuk upgrade gratis ke Windows 10. Mungkin juga diantara kita telah mencopot (uninstall) anti malware-nya yang diyakini akan menghalangi munculnya notifikasi Get Windows 10. Dan kini setelah anda upgrade ke Windows 10 coba jalankan update nya juga siapa tahu telah ada beberapa update yang mungkin terlewatkan. Berikut caranya:

Start (pojok kiri bawah gambar Windows) > Settings > Update & security > Windows update

Jika ada update silahkan klik Next atau Install. Setelah menginstall update biasanya PC perlu di restart. Jika anda menginginkan restart PC sekarang, klik Restart Now. Jika tidak, secara default Windows 10 telah menjadwalkan restart PC anda. Silahkan ubah jadwalnya jika dirasa jadwal restart yang ditetapkan tidak cocok dengan anda.

Masalah restart PC setelah install update ada dua pilihan pada Windows 10, yaitu notifikasi jadwal restart (Notify to schedule restart)  atau restart otomatis (Automatic). Untuk mengubahnya,

Start > Settings > Update & securityWindows update > Advance options (link bagian bawah)

Silahkan pilih antara Automatic (recommended) dan Notify to schedule restart, seperti contoh gambar berikut:

Windows 10: Pilihan Restart setelah install update
Windows 10: Pilihan Restart setelah install update

Sistem update pada Windows 10 agak berbeda dengan Windows sebelumnya. Tidak semua update dapat kita pilih kemudian diinstal secara manual. Kebanyakan update akan didownload dan ter-install secara otomatis. Kita hanya bisa memilih jadwal restartnya saja.

2. Privasi Settings.

Saat upgrade ke Windows 10, kita memilih Express settings, (masih ingatkan..?). Lihat gambar berikut untuk mengingatnya.

Windows 10 upgrade - Express settings
Windows 10 upgrade – Express settings

Silahkan di cek kembali privasi settingnya. Mungkin ada yang tidak sesuai dengan keinginan anda. Silahkan klik masing-masing bagian privasi setting di jendela sebelah kiri. Pelajari baik-baik sebelum anda mengaktifkan atau menon-aktifkan masing-masing settings. Menon-aktifkan pilihan setting akan berdampak pada cara Windows 10 bekerja. Juga cek aplikasi mana saja yang boleh mengkases data pribadi anda.

Sebagai contoh misalkan camera (webcam). Beberapa aplikasi memang perlu mengkases camera atau webcam perangkat anda. Tapi bagi aplikasi internet browser Microsoft Edge, tentu tidak perlu menggunakan camera perangkat anda. Jika sesekali diperlukan Microsoft Edge mengakses camera anda, tinggal ubah saja settingannya.

Berikut cara masuk ke bagian privasi settings.

Start > Settings > Privacy

Privasi settings
Privasi settings

3. Aktifkan System Protection.

Pada Windows sebelumnya System Protection dinamakan System Restore. Secara default System Protection tidak diaktifkan. Untuk jaga-jaga siapa tahu kedepannya anda menginstall update atau aplikasi yang justru merusak kinerja PC anda. Anda bisa kembali ke kondisi sebelum anda menginstall update atau aplikasi yang merusak tadi dengan System Protection ini. Caranya:

Start > File Explorer (klik tanda panah) > This PC (klik kanan) > klik Properties

Windows 10: Masuk ke System

Anda akan dibawa masuk ke System. Di panel sebelah kiri klik System Protection untuk membuka jendela System Protection. Kemudian klik drive C: > Configure > muncul jendela System Protection drive C: > pilih Turn On system protection > Apply > OK, seperti terlihat pada gambar berikut.

Windows 10: Mangaktifkan system protection
Windows 10: Mangaktifkan system protection

4. Non-aktifkan Wi-fi sharing.

Salah satu fitur yang dimiliki Windows 10 adalah Wi-fi sense. Salah satu fungsi dari fitur ini adalah membagikan data akses jaringan wi-fi yang kita miliki (yang sedang kita akses) kepada teman kita di Facebook, Outlook dan Skype. Tujuannya adalah ketika teman kita berada dalam satu hotspot wi-fi dengan kita, teman kita tadi juga dapat mengakses hotspot wi-fi tersebut tanpa meminta password misalnya, sehingga kita akan tetap bisa selalu berhubungan dengan teman kita tadi.

Ambil contoh, teman Facebook kita datang ke rumah kita. Dia membawa perangkat misalkan tablet yang juga memiliki fitur Wi-fi sense. Tablet teman kita tadi secara otomatis akan dapat mengakses ke jaringan wi-fi yang kita miliki di rumah. Idenya seperti itu. Sepertinya fitur yang bagus namun sangat berbahaya. jadi sebiknya kita non aktifkan saja. Caranya:

Klik Settings > Nerwork & Internet > Klik Manage Wi-Fi settings

Di bawah tulisan “For Network I select, share them with my..” , kosongkan kotak pilihan disebelah Facebook, Outlook dan Skype. Off kan juga “Connect to networks shared by my contacs“. Seperti terlihat pada gambar berikut:

WIndows 10: Manage wifi settings
WIndows 10: Manage wifi settings

5. Setting tampilan Windows 10.

Setelah upgrade ke Windows 10 tampilan halaman depan tidak berubah. Masih memakai wallpaper yang lama. Silahkan diganti ke tampilan Windows 10 sesuai dengan selera anda. Carannya:

Di layar depan (Home Screen) klik kanan > pilih dan klik Personalise

Masuk ke Setting Tampilan Windows 10
Masuk ke Setting Tampilan Windows 10

Anda dibawah masuk ke setting Personalization seperti gambar berikut. Di sini anda bisa mengubah tampilan Background, Colors, Lock Screen, Themes dan Start.

Setting Tampilan Windows 10
Setting Tampilan Windows 10

Di bagian Themes, anda bisa mendownload themes dari Microsoft dengan me-klik Themes, kemudian klik link Get more themes online dibagian kanan.


Artikel terkait:
– Windows 10: Hal yang perlu diketahui mengenai upgrade gratis ke Windows 10
– Windows 10: Cara upgrade ke Windows 10 dengan gratis
– Cara mendapatkan Notifikasi Get Windows 10 dari Microsoft
– Upgrade ke windows 10 tanpa menunggu notifikasi dari Microsoft
– Antara Update, Upgrade dan Clean Install. Apa bedanya?
– Perbedaan antara Windows 10 dengan Windows 8 dan Windows 7
– Cara mengaktifkan fitur Cortana pada Windows 10 untuk wilayah di luar Amerika (US)
– Tampilkan layar laptop windows 8.1 dan 10 ke Smart TV dengan Miracast
– Cara sembunyikan “Test Mode Windows 10″ pada halaman depan Windows 1
– Mengatasi problem Wi-Fi pada Windows 10