3 cara screenshot pada Asus Zenfone 4, 5, 6 dan 2

Screenshot adalah sebuah cara untuk merekam gambar yang terdapat pada layar. Pada komputer Windows dinamakan print screen dengan menekan tombol keyboard “prt sc”.  Kemudian buka aplikasi edit foto seperti Paint dan di-paste, di-edit lalu di-save. Begitu juga pada perangkat android, seperti smarphone dan tablet, kita dapat menggunakan fitur ini dengan mudah, khususnya perangkat android versi Jelly Bean ke atas. Fitur screenshot telah menjadi fitur bawaan asli dari android. Sebelumnya untuk dapat melakukan screenshot atau screen capture, perangkat android harus menggunakan aplikasi tambahan.

Screenshot smartphone

Pada smartphone Asus Zenfone, baik itu Zenfone 4, 5, 6 atau 2, memiliki beberapa cara untuk melakukan screenshot seperti berikut ini.

1. Menekan tombol “Power + Volume down” secara bersamaan (Android default).

Cara screenshot ini merupakan bawaan asli sistem operasi android. Semua perangkat android dapat melakukan screenshot dengan cara ini, yaitu dengan menekan tombol P0wer dan tombol Volume down (kecilkan volume) kecuali perangkat android yang memiliki tombol tekan (push button) Home, bukan Touch Key (tombol sentuh), seperti pada smartphone keluaran Samsung. Kalau pada smartphone Samsung untuk melakukan screenshot yaitu dengan menekan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan.
Kedua tombol ini, Power dan Volume down, harus ditekan bersamaan sampai terdengan suara shutter kamera dan animasi layar mengecil, seolah-olah pergerakan shutter kemera sungguhan.

Melakukan screenshot pada Asus Zenfone 5 dengan tombol Power dan Volume down

2. Tombol sentuh “Recent Apps”.

Semua smartphone Asus Zenfone memiliki tombol sentuh Recent apps. Terletak di panel paling bawah kanan bergambar kotak persegi bertumpuk yang sederet dengan tombol sentuh Return (tanda panah melengkung), dan tombol sentuh Home (bergambar rumah).

Tombol Recent Apps Asus Zenfone

Untuk menggunakan tombol Recent Apps sebagai tombol screenshot, perlu dilakukan settings terlebih dahulu, caranya:

Menu > Settings > di bagian Device, klik ASUS customized settings > di bagian Touch Key, klik Recent apps key > akan muncul jendela pop up. pilih dan klik “Tap and hold to capture screen“.

Settings screenshot dengan Recent apps key

Setelah settings selesai, untuk melakukan screenshot, cukup dengan menekan tombol sentuh Recent Apps agak lama sampai terdengar suara shutter kemera dan terlihat animasi gambar mengecil.

3. Menggunakan screenshot pada Quick settings panel.

Secara default (bawaan smartphone Asus) pilihan screenshot di dalam panel Quick settings tidak ada. Namun kita bisa menempatkan fungsi screenshot di sini. Buka menu Quick settings dengan cara menarik layar dari tepi atas ke bawah. Menu pada panel Quick settings  dibagi dalam 3 kelompok, yaitu:

  1. Kelompok dengan 3 ikon kecil yang terletak di  layar paling atas. Terdiri dari ikon Edit Quick settings (kiri), ikon Settings (tengah), dan ikon Notification (kanan). Kelompok ini tidak bisa dirubah komposisinya.
  2. Kelompok Tools. Kelompok 4 ikon yang besar dibagian atas. Komposisinya bisa diganti dan dihapus, namun maksimal yang bisa ditampilkan hanya 4 ikon saja. Secara default, kelompok ini terisi dengan ikon Flashlight, ikon Boost, ikon Calculator dan ikon Quick Memo.
  3. Kelompok Items. Terdapat banyak ikon yang layarnya bisa di geser ke atas – ke bawah untuk melihat isi menu kelompok Items ini. Di sini terdapat ikon Wi-Fi, Owner, Sound, Airplane Mode, Bluetooth dan sebagainya. Kelompok ini komposisinya bisa diganti dan di hapus.

Menu Quick settings panel

Untuk mengganti isi menu dari masing-masing kelompok (kecuali kelompok pertama), klik ikon Edit Quick settings  yang bergambar pensil dan kertas, kemudian akan dibawa ke halaman Quick settins options. Terdapat banyak pilihan Tools dan Items. Untuk melihat isinya, geser layar bagian Tools dan Items ke atas – ke bawah. Di bagian Tools, terdapat Flashlight, Boost, Calculator, Quick memo, Camera, Screenshot, FM Radio dan lain-lain. Di bagian Items terdapat Owner, Wi-Fi, Auto-rotate, Sound, Location, Airplane mode, Bluetooth dan lain-lain. Jika komponen-komponen tersebut tercentang, berarti tertampilkan di dalam menu Quick settings.

Menu Quick settings options

Fitur Screenshot berada di bagian Tools. Maksimal Tool yang diijinkan pada panel Quick setting hanya 4 saja. Kita hapus yang tidak pernah digunakan misalnya Quick memo, dengan cara:

  1. Klik pilihan Quick memo sehingga tidak tercentang lagi.
  2. Kemudian klik pilihan Screenshot agar tercentang.
  3. Lalu klik Save di pojok kanan atas layar.

Tutup layar dengan klik Home. Buka lagi menu Quick settings untuk melihat isi atau komposisi menu Quick settings dengan cara menarik layar dari tepi atas ke bawah. Terlihat ikon Screenshot sudah berada di dalam menu Quick Settings. Jika kita klik ikon Screenshot, panel Quick settings  akan menutup dan smartphone akan merekam gambar layar yang sedang ditampilkan di layar.

Screenshot pada Menu Quick settings panel

Setiap kita melakukan screenshot, akan terlihat animasi layar bergerak mengecil dan terdengar suara shutter kamera. Hasil screenshot akan tersimpan di folder Screenshot. Untuk melihatnya buka Gallery atau Menu > File Manager > Images > Screenshot. Disamping itu foto yang tersimpan secara default menggunakan format JPEG. Jika ingin mengganti ke format lain seperti PNG, di dalam menu ASUS customized settings, di bagian Screenshot, klik Screenshot file format > pilih PNG. Di sini kita hanya diberi dua pilihan, JPEG atau PNG.

Catatan:

  1. Screenshot cara ke tiga ini terdapat pada Asus Zenfone 2, seri Zenfone terbaru dari ASUS. Namun ketika dicoba di Asus Zenfone 5, ternyata berhasil juga. Asus Zenfone 4 dan 6 tidak jauh berbeda dengan asus Zenfone 5.
  2. Cara melakukan screenshot dengan menekan “Tombol Power + Volume Down” secara bersamaan, dapat merekam gambar apa yang terdapat pada layar. Namun pada smartphone berlayar besar seperti ASUS Zenfone 6, tentu agak merepotkan apalagi kalau belum biasa menggunakannya, menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.
  3. Cara melakukan screenshot dengan settings tombol sentuh Recent Apps, dapat merekam gambar semua yang ada dilayar dan aksesnya sangat mudah, hanya dengan menekan tombol sentuh Recent apps agak lama sampai terdengar suara shutter kamera.
  4. Cara melakukan screenshot dari Quick Settings panel, juga cukup mudah, namun tidak bisa merekam gambar yang ada di Quick Settings panel itu sendiri.

Dari ketiga cara di atas mana yang lebih baik? Semua kembali kepada anda.


Artikel Terkait.
– Cara melacak perangkat android yang hilang dengan Android Device Manager
– Jenis-jenis simcard
– Apa maksud airplane mode dan cara mengaktifkannya
Cara menambahkan dan menghapus akun Google pada smartphone atau tablet android
– Perbandingan spesifikasi Asus Zenfone 2, Asus Zenfone 4, Asus Zenfone 5 dan Asus Zenfone 6
– Asus Zenfone 2, hadirnya penerus keluarga Zenfone
– Jenis-jenis OS smartphone
– Melacak perangkat android dengan mesin pencari Google

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...