Windows 10: Hal yang perlu diketahui mengenai upgrade gratis ke Windows 10

Microsoft telah merilis Windows 10 bulan Juli lalu sebagai versi berikutnya dari versi-versi sebelumnya seperti Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1. Namun ada keunikan pada peluncuran Windows 10 ini, yang sangat berbeda dengan sistem operasi Windows sebelumnya, yaitu penawaran untuk upgrade gratis bagi para pengguna sistem operasi windows sebelumnya. Tentunya ini sangat menggembirakan bagi para pengguna Windows yang memang mayoritas kita adalah pengguna sistem operasi keluaran dari Microsoft ini. Dan bahkan di beberapa situs mengatakan pengguna sistem operasi Windows bajakanpun bisa upgrade ke Windows 10 ini secara gratis juga… Benarkah?

Windows 10 logo
Windows 10 logo

Penulis coba cari info sebanyak-banyaknya dari situs-situs luar yang penulis anggap terpercaya dan juga dari situs resmi Microsoft seputar upgrade gratis Windows 10 ini. Dan penulis rangkum dalam beberapa poin berikut ini.

Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai upgrade ke Windows 10 secara gratis.

  1. Apa semua pengguna sistem operasi windows bisa dapat kesempatan upgrade ke Windows 10 secara gratis?
    Bagi para pengguna yang perangkatnya menggunakan sistem operasi Windows 7, Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1 bisa mendapat kesempatan upgrade ke Windows 10 secara gratis. Tidak termasuk pengguna Windows 8. Jadi jika anda pengguna sistem operasi Windows 8, Windows Vista, Windows Xp, Enterprises atau sistem Operasi windows lainnya, anda tidak akan mendapatkan kesempatan untuk upgrade ke Windows 10 secara gratis. Sekali lagi hanya untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 (PC atau Phone) saja..!!
    Khusus pengguna windows 8, lakukan dulu upgrade ke Windows 8.1 (gratis juga tentunya) baru kemudian bisa upgrade ke Windows 10 secara gratis..
  2. Apakah selamanya bisa upgrade secara gratis?
    Upgrade gratis ini hanya berlaku untuk periode 1 tahun saja sejak pertama dirilis. Microsoft meluncurkan sistem operasi Windows 10 pada tanggal 29 Juli 2015. Yang berarti nanti setelah 29 Juli 2016 kesempatan untuk upgrade gratis tidak berlaku lagi.
    Tentang upgrade gratis periode 1 tahun ini banyak yang salah paham. Setelah kita upgrade gratis dalam periode waktu tersebut (29 Juli 2015 – 29 Juli 2016), kemudian setelah 29 Juli 2016 apa kita harus bayar..?? Jawabanya tidak. Jika kita telah upgrade dalam periode waktu tersebut berarti kita selamanya dapat menggunakan Windows 10 original tanpa diminta bayar sepeserpun dikemudian hari. Termasuk update-updatenya juga gratis.
  3. Apakah upgrade gratis Windows 10 ini full version atau trial version?
    Ya kita akan mendapatkan gratis Windows 10 full version, bukan trial atau versi pengantar (introductory). Layaknya kita beli software windows yang asli.
  4. Edisi Windows 10 yang mana yang akan kita dapatkan secara gratis?
    Microsoft merilis Windows 10 dalam 7 edisi, diantaranya adalah Windows 10 HomeWindows 10 Pro, dan Windows 10 Mobile. Edisi Windows 10 yang akan anda dapatkan secara gratis tergantung dari edisi Windows 7 atau Windows 8.1 yang anda gunakan saat ini. Untuk lebih jelasnya lihat tabel berikut:

    Dari EdisiDIganti Edisi
    Windows 7 StarterWindows 10 Home
    Windows 7 Home BasicWindows 10 Home
    Windows 7 Home PremiumWindows 10 Home
    Windows 7 ProfessionalWindows 10 Pro
    Windows 7 UltimateWindows 10 Pro
    Windows 8.1Windows 10 Home
    Windows 8.1 ProWindows 10 Pro
    Windows 8.1 Pro for StudentsWindows 10 Pro
    Windows Phone 8.1Windows 10 Mobile
  5. Apakah setelah upgrade ke Windows 10 kita masih bisa balik ke Windows sebelumnya?
    Kita diberi waktu satu bulan sejak pertama upgrade ke Windows 10 untuk kembali ke windows sebelumnya. Caranya masuk ke menu Settings > Update & security > Recovery > Get Started

    Cara kembali ke windows bersi sebelumnya dari Windows 10
    Cara kembali ke windows bersi sebelumnya dari Windows 10


  6. Apakah aplikasi atau program-program sebelumnya tetap berjalan dengan baik setelah upgrade ke Windows 10?
    Aplikasi atau program yang digunakan pada windows sebelumnya akan tetap berjalan baik setelah upgrade ke Windows 10. Proses upgrade ini sangat mulus, sehingga penulis merasa seolah-olah tidak ada perubahan apa-apa. Bahkan tampilan home screen nya sepintas lalu tidak ada perubahan dari windows sebelumnya. Namun setealah membuka-buka menu dan mengganti home screen nya barulah terasa bedanya.
  7. Apakah pengguna Windows bajakan juga dapat kesempatan upgrade ke Windows 10 gratis?
    Walaupun tidak secara eksplisit  menjelaskan bahwa Microsoft tidak akan menyediakan upgrade gratis bagi pengguna windows bajakan, namun info dari situs resminya, Microsoft hanya menyatakan bahwa upgrade ke Windows 10 tersedia gratis bagi para pengguna ‘genuine Windows 7 Service Pack 1 or Windows 8.1 Update‘. Berikut screenshot dari situs resmi Microsoft Windows.
Screecshot situs resmi Microsoft windows 10
Screecshot situs resmi Microsoft windows 10

Namun sepertinya Microsoft tidak menutup kemungkinan hal tersebut, melihat banyaknya pemberitaan pengguna Windows bajakan dapat juga upgrade  ke Windows 10 secara gratis. Akan tetapi yang perlu dicatat adalah bahwa perangkatnya akan tercatat sebagai pengguna ilegal sedangkan Windows 10 yang didapatkan tetap original. Kita tidak tahu pasti sekenario apa yang akan dimainkan Microsoft kedepannya dengan memberikan upgrade ke Windows 10 gratis juga ke pengguna windows bajakan. Yang pasti ini bukan semacam amnesti bagi pengguna windows bajakan selama ini. Selain itu, dampak apa yang akan di alami pengguna windows bajakan setelah beberapa waktu atau setelah satu tahun menginstal Windows 10? Ini yang nampaknya belum terjawab dan perlu dipikirkan kembali…

Tips.

  • Bagi pengguna Windows 8, lakukan dahulu upgrade ke Windows 8.1 (gratis) baru kemudian bisa upgrade ke Windows 10.
  • Jika anda pengguna windows selain sistem operasi Windows 7 atau 8.1 atau anda penggguna sistem operasi Windows bajakan, dan anda ingin mendapatkan Windows 10 secara gratis ( atau mungkin sudah kapok menggunakan windows bajakan selama ini), coba ganti (beli) Windows 7 atau 8.1 original. Setelah diinstall di laptop/PC, lakukan upgrade ke Windows 10, mumpung masih gratis. Ini solusi yang lebih murah dan legal daripada beli Windows 10 secara langsung…

Artikel  Terkait:
– Windows 10: Cara upgrade ke Windows 10 dengan gratis
Cara mendapatkan Notifikasi Get Windows 10 dari Microsoft
– Upgrade ke windows 10 tanpa menunggu notifikasi dari Microsoft
– Antara Update, Upgrade dan Clean Install. Apa bedanya?
– 5 hal yang perlu dilakukan setelah upgrade ke Windows 10
– Perbedaan antara Windows 10 dengan Windows 8 dan Windows 7
– Cara mengaktifkan fitur Cortana pada Windows 10 untuk wilayah di luar Amerika (US)
– Tampilkan layar laptop windows 8.1 dan 10 ke Smart TV dengan Miracast
– Cara sembunyikan “Test Mode Windows 10″ pada halaman depan Windows 10
– Sistem Operasi [OS] pada Smart TV 2015: Android TV, Firefox, Tizen, WebOS
– Mengatasi problem Wi-Fi pada Windows 10