Tethering, berbagi koneksi internet dari smartphone: Wi-Fi Tethering

Salah satu kecanggihan yang ditawarkan smartphone saat ini adalah adanya fitur yang dinamakan Tethering. Apa yang dimaksud dengan Tethering? Tethering adalah salah satu fitur dari smartphone untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain seperti tablet, laptop, smart TV ataupun smartphone yang lain.

Biasanya untuk bisa berinternet dengan nyaman dengan smartphone, kita akan membeli paket data dari operator seluler. Paket data ini bisa kita bagi dengan perangkat lain seperti tersebut di atas. Dengan demikian kita tidak perlu membeli paket data lagi untuk perangkat yang lain. Inilah yang dimaksud dengan Tethering. Smartphone kita difungsikan sebagai hotspot atau modem bagi perangkat yang lain, namun smartphone tersebut tetap bisa kita gunakan untuk berinternet. Istilahnya kita membuat smartphone kita menjadi portabel hotspot bagi perangkat lain.

Ilustrasi Wi-Fi Tethering

Ilustrasi Wi-Fi Tethering

Ada beberapa cara untuk menggunakan Tethering ini (cara menghubungkan perangkat lain ke smartphone yang berfungsi sebagai hotspot atau modem).

  1. Wi-Fi Tethering
  2. USB Tethering
  3. Bluetooth Tethering

Wi-Fi Tethering.

Ini yang saat ini umum digunakan karena kebanyakan perangkat yang bisa koneksi internet memiliki port Wi-Fi ini. Kita tinggal mengaktifkan fitur Tethering dari smartphone yang akan kita jadikan sebagai portabel wi-fi hotspot yang tentunya telah memiliki paket data yang memadai untuk kita bagi.

Berikut caranya:

  1. Masuk ke bagian Setting
  2. Dibawah bagian Wireless and Networks lalu klik atau tap Tethering. Kalau tidak ketemu, klik more..
  3. Klik bagian Wi-Fi hotspot atau pada smartphone merk lain disebut juga Portable Wi-Fi hotspot atau Personal hotspot. Seperti terlihat pada gambar berikut.
Wi-fi tethering

Wi-fi tethering

Setelah kita aktifkan Wi-fi hotspot terlihat gambar wi-fi tethering di pojok atas kiri (lihat gambar 3 di atas). Ini berbeda dengan gambar Wi-fi yang sebelumnya kita gunakan dan akan terputus secara otomatis, karena sekarang smartphone telah berganti fungsi sebagai wi-fi hotspot bagi perangkat lain. Hasilnya kita lihat pada perangkat lain misalkan laptop atau tablet. Akan terlihat satu tambahan hotspot lagi yaitu hotspot dari smartphone yang telah kita aktifkan tethering-nya, seperti  terlihat pada gambar berikut.

Wi-fi hotspot terdeteksi pada laptop dan tablet

Wi-fi hotspot terdeteksi pada laptop dan tablet

Setelah Wi-Fi hotspot dari smartphone terdeteksi oleh perangkat lain, berarti perangkat tersebut telah bisa koneksi ke internet menggunakan wi-fi hotspot dari smartphone kita. Silahkan di klik wi-fi hotspot tersebut kemudian klik connect agar terkoneksi ke jaringan internet.

Tapi sebaiknya lakukan dulu setup Wi-Fi hotspotnya sebelum diaktifkan. Ini untuk menghindari pihat luar ikut menggunaan paket data internet anda. Caranya seperti di atas, sebelum aktifkan wi-fi hotspot klik bagian setup wi-fi hotspot. Lakukan beberapa setting yang diperlukan seperti memberikan nama hotspotnya dan password. Jika sudah selesai klik save. Seperti terlihat pada gambar berikut.

Wi-fi tethering setup

Wi-fi tethering setup

Berikutnya USB Tethering dan Bluetooth Tethering. Baca juga Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet

Catatan:

  1. Penggunaan smartphone sebagai portabel hotspot akan cepat menguras baterai smartphone tersebut. Agar lebih nyaman sebaiknya smartphone tersebut biarkan selalu dalam keadaan di cas.
  2. Kelebihan berbagi koneksi internet dengan metode Wi-Fi Tethering, kita dapat berbagi koneksi internet ke banyak perangkat yang membutuhkan jaringan internet.
  3. Jika sebelumnya smartphone kita terkoneksi dengan internet dengan menggunakan jaringan wi-fi yang tersedia di rumah, dengan diaktifkannya fungsi wi-fi tethering pada smartphone tersebut maka koneksi ke jaringan wi-fi di rumah akan terputus secara otomatis dan seratus persen menggunakan paket data yang ada di smartphone kita.
  4. Ketika kita ingin menikmati siaran TV dari internet menggunakan smart TV kita, yang dikenal dengan IPTV (Internet Protocol Television). Misalkan modem speedy di rumah kecepatan cuman 1 Mbps sementara persyaratan untuk bisa menikmati IPTV membutuhkan kecepatan internet minimal 10 Mbps. Untuk mengatasi hal ini solusinya adalah dengan membeli paket data internet kecepatan tinggi yang saat ini banyak ditawarkan beberapa operator seluler. Setelah kita memiliki paket data internet kecepatan tinggi, smartphone kita fungsikan sebagai wi-fi hotspot bagi smart TV untuk menikmati IPTV.

Artikel terkait:
– Berbagi koneksi internet dari smartphone ke laptop/PC dengan USB Tethering
– Bluetooth Tethering: Berbagi koneksi internet dengan Bluetooth
– Apa maksud airplane mode dan cara mengaktifkannya
– Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet
– Apa itu 4G LTE
– Mengaktifkan USB Debugging dan memunculkan menu Developer options pada android
– Cara menyembunyikan Menu Developer option (Opsi pengembang) pada android
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Update Airdroid, menampilkan layar android di laptop/PC tanpa root
– 3 cara screenshot pada Asus Zenfone 4, 5, 6 dan 2
– Membuat group ikon di Layar depan (Home Screen) perangkat Android
– ShareLink: Aplikasi transfer file antara komputer dan perangkat android dengan atau tanpa wi-fi