Berbagi koneksi internet dari smartphone ke laptop/PC dengan USB Tethering

Pada tulisan sebelumnya telah kita bahas tentang Wi-Fi Tethering yang bertujuan membuat smartphone berfungsi sebagai sebuah personal wi-fi hotspot. Sehingga kita dapat berbagi paket data internet dari smartphone tersebut dengan perangkat lain seperti tablet, laptop dan smart TV.

Sebagai kelanjutannya sekarang kita bahas tentang USB Tethering. Misalkan di suatu tempat kita tidak mendapatkan jaringan hotspot gratis, sementara kita perlu melakukan sesuatu dengan laptop kita. Saatnya kita gunakan smartphone kita untuk berbagi koneksi internet dengan laptop. Smartphone kita fungsikan sebagai modem bagi laptop dengan menggunakan kabel USB charger dari smartphone kita. Untuk keperluan ini kita aktifkan fitur USB Tethering dari smartphone tersebut.

USB Tethering

USB Tethering

Untuk mengaktifkan USB Tethering, sebelumnya aktifkan dahulu USB Debugging pada smartphone kita, caranya:

  1. Masuk ke bagian Settings
  2. di bagian System pilih menu Developer Options (Opsi Pengembang)
  3. Aktifkan (ON-kan) Developer Options
  4. Klik bagian USB Debugging untuk mengaktifkannya.

Seperti terlihat pada gambar berikut:

USB Debugging

USB Debugging

Jika dibagian Settings tidak ditemukan menu Developer Options (Opsi Pengembang) anda perlu memunculkan menu ini, lihat caranya di bagian tulisan Mengaktifkan USB Debugging dan memunculkan menu Developer options.

Setelah USB Debugging di aktifkan, kemudian aktifkan USB Tethering-nya.

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Tethering
  3. USB Tethering.

Terlihat USB Tethering masih redup belum bisa diaktifkan karena USB kabel belum terhubung dengan laptop. Hubungkan laptop dengan smartphone dengan kabel USB (bisa gunakan kabel USB charger smartphone).
Setelah terhubung dengan laptop pilihan USB Tethering akan terlihat terang kemudian di klik untuk mengaktifkannya.

USB Tethering

USB Tethering

Terlihat dua gambar di pojok kiri atas dari smartphone yang kita aktifkan USB Tetheringn-nya. Gambar USB (1) yang berarti USB Tethering telah aktif dan Gambar bar vertikal (2) yang menandakan USB Debugging juga aktif.

Setelah USB Tethering diaktifkan, laptop akan segera merespon dengan menginstall driver yang diperlukan secara otomatis dan menganggap smartphone kita sebagai sebuah modem jaringan internet yang baru. Setelah itu beberapa pilihan mengenai lokasi jaringan internet ini, Home Network, Work Network atau Public Network. Silahkan pilih apa saja karena ini sekedar penamaan jaringan internet baru yang kita pakai.

USB Tethering-laptop3

USB Tethering pada laptop

Dari gambar di atas, gambar 1 laptop yang menggunakan wi-fi dan gambar 2 laptop yang menggunakan smartphone untuk koneksi ke internet. Terlihat gambar ikon yang berbeda dari ke dua jaringan internet. Sekarang berarti laptop sudah terkoneksi ke internet melalui smartphone kita.

Catatan:

  • Berbagi koneksi internet dengan menggunakan USB Tethering sekaligus kita melakukan pengisian baterai smartphone. Dengan demikian koneksi internet tetap terjaga selama baterai laptop juga masih ada.
  • USB Tethering tidak bisa berbagi koneksi internet ke banyak perangkat selain dari pada satu perangkat yang terkoneksi dengan kabel USB ke smartphone.
  • Smartphone yang diaktifkan USB Tethering-nya koneksi wi-fi tetap aktif. Sehingga kita punya dua pilihan untuk koneksi internet dengan USB Tethering ini. Tetap menggunakan koneksi internet wi-fi (jika memang terdapat hotspot di situ) yang kemudian dibagi dengan laptop, atau mengguanakn paket data broadband yang dimiliki oleh smartphone tersebut, seperti diilustrasikan dengan gambar berikut.
Iustrasi USB Tethering dengan wi-fi atau broadband

IIustrasi USB Tethering dengan wi-fi atau broadband

Di antara kedua koneksi jaringan internet ini, broadband dan wi-fi, biasanya koneksi wi-fi diprioritaskan. Jika terdapat hotspot gratis maka smartphone kita akan terkoneksi ke internet dengan menggunakan wi-fi. Namun jika enggan menggunakan koneksi internet lewat hotspot, misalkan karena kecepatannya lamban, kita bisa memilih koneksi internet broadband dengan mematikan koneksi wi-finya.


Artikel terkait:
Tethering, berbagi koneksi internet dari smartphone: WI-Fi Tethering
– Bluetooth Tethering: Berbagi koneksi internet dengan Bluetooth
– Apa maksud airplane mode dan cara mengaktifkannya
Berbagai jenis dan versi kabel USB
Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Mengaktifkan USB Debugging dan memunculkan menu Developer options pada android
– Cara menyembunyikan Menu Developer option (Opsi pengembang) pada android
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Update Airdroid, menampilkan layar android di laptop/PC tanpa root
– USB OTG (On The Go), apa maksud dan fungsinya
– Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet