Apa maksud airplane mode dan cara mengaktifkannya

Ketika kita bepergian dengan pesawat terbang biasanya kita di minta mematikan perangkat seluler kita, seperti handphone, smartphone, tablet atau perangkat sejenis yang menggunakan sinyal untuk berkomunikasi. Hal ini disebabkan karena sinyal dari perangkat tersebut akan mengganggu sistem navigasi pesawat terbang selama dalam penerbangan. Dan ini memang harus kita patuhi agar penerbangan kita selamat sampai tujuan. Namun hal ini akan sangat membosankan apalagi perjalanan tersebut memakan waktu berjam-jam.

Untuk mengatasi hal ini, para produsen smartphone telah menyematkan satu fitur yang dinamakan airplane mode. Di saat perjalanan menggunakan pesawat terbang fitur ini bisa kita aktifkan sehingga kita tidak perlu mematikan smartphone kita.

airplane mode
airplane mode

Berikut beberapa fungsi dari smartphone atau tablet yang akan di nonaktifkan ketika fitur airplane mode diaktifkan, apapun perangkat yang kita gunakan, smartphone android, iPhone, windows phone dan lain-lain.

  • Sinyal telpons seluler. Sinyal telpon akan terputus dengan jaringan operator. Fungsi apapun yang menggunakan sinyal telpon, sms, mms atau paket data, semua tidak berfungsi.
  • Wi-Fi. Fungsi wi-fi akan terputus sama sekali. Biasanya perangkat wi-fi pada smartphone akan melakukan scanning secara otomatis untuk mencari sinyal wi-fi. Dengan diaktifkannya fitur airplane mode perangkat wi-fi akan berhenti melakukan scanning jaringan wi-fi. Bahkan jika kita masih terhubung dengan jaringan wi-fi, maka akan segera terputus saat fitur airplane mode diaktifkan.
  • Bluetooth. Sinyal bluetooth juga ikut tidak berfungsi saat fitur airplane mode diaktifkan.
  • GPS. GPS termasuk ikut di nonaktikan ketika fitur airplane mode aktif. Namun pada beberapa perangkat smartphone fungsi GPS masih bisa tetap aktif.

Dengan kata lain, semua fungsi smartphone yang menggunakan sinyal tidak akan berfungsi selama fitur airplane mode diaktifkan. Namun fungsi-fungsi smartphone yang lain yang tidak membutuhkan sinyal tetap bisa kita gunakan, seperti, mp3 player, baca-baca ebook, main game, nonton video yang tersimpan di dalam perangkat tersebut atau nulis email yang akan tersimpan dalam draft dan baru dikirim setelah nanti sinyal aktif kembali. Perjalanan kita jadi tidak lagi membosankan.

(Khusus mengenai Wi-Fi, Bluetooth dan GPS, terdapat beberapa catatan tergantung dari perangkat smartphone atau tablet yang kita miliki dan regulasi dari penerbangan lokal. Lihat catatan di bagian bawah tulisan ini..)

Cara mengkatifkan fitur airplane mode.

  1. Setting
  2. Di bawah bagian Wireless and Nerworks , cari Airplane mode. Atau kalau tidak ditemukan klik More..
  3. Aktifkan (ON-kan) Airplane mode. dengan cara geser ke tombol ON atau klik / centang pada kotak kosong di sebelah kanannya. (lihat gambar di bawah ini)

Atau dengan cara cepat,

  1. Masuk ke menu tampilan Quick Settings, dengan cara menarik (menggeser) layar dari tepi atas layar ke bawah.
  2. Cari icon bergambar pesawat terbang. Klik untuk mengaktifkan Airplane mode. Gambar icon akan berubah warna dari gelap ke terang yang menunjukkan fitur Airplane mode telah diaktfkan, seperti gambar berikut.
Aktifkan airplane mode
Aktifkan airplane mode

Berikut gambar perbedaan antara sebelum airplane mode diaktifkan dan sesudah airplane mode diaktifkan.

Sebelum Airplane mode diaktifkan:

Airplane mode off
Airplane mode off

Dari gambar di atas terlihat pada menu utama, menu settings dan pada menu quick settings, sinyal seluler, wi-fi, bluetooth dan paket data kesemuanya masih aktif. Ini berarti fitur Airplane mode masih belum diaktifkan.

Sesudah Airplane mode diaktifkan:

Airplane mode ON
Airplane mode ON

Dari gambar diatas terlihat ada gambar icon pesawat pada menu utama. Ini menunjukkan fitur airplane mode telah diaktifkan. Sementara gambar icon sinyal seluler, wi-fi dan bluetooth sudah tidak nampak lagi di layar menu utama. Begitu juga di menu settings, secara otomatis wi-fi dan bluetooth menjadi off. Pada menu quick settings juga terlihat gambar icon pesawat menyala terang sedangkan icon wi-fi, bluetooth dan mobile data (paket data) redup (off).

Catatan..

  • Semua maskapai penerbangan komersial sepakat untuk wajib menonaktifkan sinyal seluler di saat terbang. Sehingga saat fitur Airplane mode diaktifkan, sinyal seluler menjadi tidak aktif. Demikian juga dengan paket data (mobile data) yang anda miliki, tetap tidak bisa digunakan karena terputus dengan jaringan operator.
  • Walaupun saat fitur Airplane mode diaktifkan fungsi wi-fi dan bluetooth secara otomatis nonaktif, kedua fungsi ini (wi-fi dan bluetooth) tetap bisa diaktifkan secara manual. Hal ini tergantung dari regulasi maskapai pesawat terbang bersangkutan dan jenis perangkat smartphone kita. Jika maskapai tersebut menawarkan jaringan hotspot wi-fi di dalam pesawat (katanya tidak gratis) berarti kita boleh mengaktifkan fungsi wi-fi dari smartphone kita. Seperti terlihat pada gambar berikut.
Wi-fi dan bluetooth tetap aktif saat airplane mode aktif
Wi-fi dan bluetooth tetap aktif saat airplane mode aktif
  • Begitu juga dengan bluetooth tetap bisa diaktifkan secara manual walaupun fitur airplane mode masih tetap aktif. Beberapa aksesoris menggunakan bluetooth seperti mouse, keyboard dan headset. Karenanya jika diperlukan masih boleh mengaktifkan fungsi bluetooth.
  • Fungsi GPS pada beberapa perangkat smartphone ikut dinonaktifkan saat fitur airplane mode diaktifkan, namun pada sebagian perangkat smartphone yang lain fungsi GPS tetap aktif walau airplane mode diaktifkan.
  • Satu lagi, Emergency calls (panggilan telpon darurat) masih tetap bisa digunakan walupun fitur airplane mode diaktifkan. Ini juga tergantung dari jenis perangkat smartphone yang anda gunakan.

Beberapa catatan diatas didasarkan pada aturan yang dikeluarkan oleh FAA (revised review October 2013) yang membolehkan penggunakan wi-fi, bluetooth dan GPS selama penerbangan. Namun semua kembali kepada regulasi maskapai pesawat terbang yang bersangkutan mengijinkan atau tidak penggunaan wi-fi, bluetooth dan GPS selama perjalanan. Karenanya saat pertama mengaktifkan fitur airplane mode, wi-fi dan bluetooth ikut dinonaktifkan secara otomatis.

(Note: Tulisan ini dipraktekkan menggunakan ASUS Zenfone 5)


Artikel terkait:
Apa itu 4G LTE
Jenis-jenis OS smartphone
Jenis-jenis simcard
3 cara screenshot pada Asus Zenfone 4, 5, 6 dan 2
– Tethering, berbagi koneksi internet dari smartphone: WI-Fi Tethering
– Berbagi koneksi internet dari smartphone ke laptop/PC dengan USB Tethering
Aplikasi Android Device Manager pada perangkat android
– Membuat group ikon di Layar depan (Home Screen) perangkat Android
– Settings Anti Flicker (anti kedip) pada camera android