Cara setup perangkat android pertama kali

Selama ini jika kita membeli perangkat android yang baru pada sebuah ritel elektronik, biasanya kita terima beres saja. Jarang di antara kita yang tahu secara detail langkah-langkah mengaktifkan perangkat android pertama kali hingga bisa digunakan. Bahkan terkadang kita sendiri tidak tahu password email yang digunakan untuk mengaktifkan fasilitas Google Play store karena yang membuatkan akun Google kita adalah penjualnya bukan kita sendiri dan  penjualnya pun lupa kasih tahu ke kita.

Tulisan ini sekedar memberikan informasi praktis yang mungkin saja perlu kita ketahui mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan jika kita mendapat perangkat android baru.

Perangkat android baru

1. Pasang Simcard.
Silahkan buka buku panduannya untuk mengetahui bagaimana cara memasang simcard nya. Juga perlu diperhatikan apakah perangkat android menggunaan simcard biasa atau simcard mikro. Simcard mikro ini sekarang banyak digunakan pada produk smartphone terbaru. Berikut gambar simcard reguler dan simcard mikro sebagai perbandingan.

reguler and micro simcard

Jika perangkat android baru anda ternyata menggunakan simcrad mikro, berarti simcard nya perlu dipotong. Untuk memotong simcard tidak boleh sembarangan, nanti malah merusak. Sebaiknya datangi saja kantor layanan operator seluler nya (kayak Graha Telkomsel atau Gallery Indosat) untuk dipotong simcard nya. Atau bisa anda mita tolong ke toko ritel smartphone / tablet. Biasanya mereka juga memiliki alat potongnya.

2. Memilih bahasa yang digunakan.
Setelah perangkat androidnya dihidupkan, kita diminta memilih bahasa yang akan digunakan pada perangkat tersebut. Geser layarnya ke bawah sampai ketemu dengan pilihan bahasa yang diinginkan.

3. Aktifkan koneksi internetnya.
Setelah kita memilih bahasa yang diinginkan, kemudian kita aktifkan koneksi internetnya. Jika di tempat kita terdapat koneksi internet Wi-Fi, maka kita gunakan jaringan Wi-Fi nya untuk terhubung ke jaringan internet. Biasanya pada layarnya langsung meminta kita untuk memilih koneksi Wi-Fi. Kalau tidak bisa masuk ke:

Menu ==> Setting (Ind: Pengaturan) ==> Wi-Fi ==> ON

Setelah kita ON-kan Wi-Fi nya akan muncul beberapa koneksi Wi-Fi, termasuk punya tetanggapun ikut terdeteksi. Pilih Wi-Fi punya kita sendiri, masukkan password nya dan tekan Connect agar perangkat android kita terhubung ke internet.

Setup android pertama kali-1

Gambar 1. Pilih Bahasa dan jaringan Wi-Fi.

Jika kita tidak memiliki koneksi internet Wi-Fi, maka kita gunakan koneksi internet menggunakan simcard kita yang telah kita pasang pada langkah pertama di atas. Tentu ini akan memakan pulsa simcard nya. Pastikan simcard nya memiliki cukup pulsa agar setup ini tidak terputus karena pulsa habis. Namun dalam pembahasan kali ini kita pakai konseksi internet menggunakan Wi-Fi saja.

Mungkin ada yang bertanya kenapa harus terkoneksi dengan internet?
Koneksi internet di sini digunakan untuk membuat atau mengaktifkan akun Google anda berupa akun email dari Google (seperti ini: xxxxx@gmail.com).

Kenapa harus punya akun Google?
Karena jika kita ingin memanfaatkan atau menggunakan aplikasi-aplikasi android maka kita harus memiliki akun Google ini. Jika tidak, maka perangkat android kita fiturnya jadi terbatas sekali. Lagian tidak ada salahnya memiliki akun Google jika ternyata malah meningkatkan fitur dan kinerja perangkat android kita, dan yang pasti banyak yang gratis. Di samping itu perlu diketahui juga bahwa sistem operasi android yang dipergunakan oleh berbagai perangkat android sebenarnya milik Google dan dipergunakan secara gratis.

4. Login atau setup akun Google.
Sekali terhubung ke internet kita langsung dibawa ke halaman akun Google. Terdapat beberapa pilihan pada halaman ini yang disesuaikan dengan kondisi kita.

  • Belum punya akun Google.
    Jika kita belum punya akun Google, maka kita diminta membuatnya.  Tekan tombol Create untuk melanjutkan membuat akun Google. Pada halaman “Create new google account” silahkan ikuti petunjuknya, seperti isikan nama depan dan nama belakang anda sekaligus username anda serta password-nya.
    Setelah selesai tunggu beberapa saat agar perangkat android kita terhubung ke server Google.
Setup android pertama kali-2

Gambar 2. Buat akun baru Google.

  • Sudah punya akun Google.
    Jika sudah punya akun Google kita pilih tombol Sign in untuk masuk ke akun Google. Pada bagian username cukup kita masukan nama akun nya saja tanpa menyertakan “@gmail.com” – nya. Misalkan akun Google kita “budi@gmail.com” maka kita cukup isikan kata “budi” saja pada kotak username. Kalimat “@gmail.com” – nya tidak usah disertakan. Kemudian isikan juga password nya pada kotak password lalu klik atau tap tombol Sign in.
Setup android pertama kali-3

Gambar 3. Sign-in (masuk) ke akun Google

Kebanyakan perangkat android sekarang dilengkapi dengan GPS (Global Positioning System) yang berfungsi menunjukkan peta lokasi / posisi perangkat android kita. Sehingga posisi kita dengan mudah akan diketahui. Google akan memanfaatkan data ini untuk memberikan data hasil pencarian yang lebih baik serta berguna buat layanan-layanan Google lainnya. Jika anda menyetujuinya, beri tanda centang pada pilihan ini.

Perangkat android kita akan selalu disinkronkan dengan Google cloud. Istilah ini kita sederhanakan sebagai tempat mengolah dan menyimpan data kita di internet. Ini tentu sangat berguna sebagai backup data-data yang kita miliki. Data dan aplikasi yang ada di perangkat android kita akan selalu di backup dengan akun Google kita. Jika kita setuju dengan fasilitas ini, beri centang pada pilihan ini.

Setup android pertama kali-4

Gambar 4. Pelacakan posisi, backup dan restore.

5. Menentukan waktu dan tanggal.
Untuk menentukan waktu dan tanggal bisa dilakukan secara otomatis dari jaringan internet atau manual. Jika ingin dilakukan secara manual silahkan isi data waktu dan tanggal serta pilihan format waktu dan penanggalannya. Untuk menentukan tanggal, tekan Set date. Untuk menentukan Zona Waktu tekan Select Time Zone, Untuk menentukan waktu, tekan Set time.

Setup android pertama kali-4

Gambar 5. Pengaturan waktu, zona waktu, tanggal dan format

Sampai di sini, setup perangkat android selesai. Namun jika ingin menambah mencari game atau aplikasi yang baru silahkan masuk ke Google Playstore, dengan cara tekan Menu dan pilih Playstore.

Catatan:

  • Jika di tempat anda terdapat koneksi jaringan internet Wi-Fi, langkah pertama (Pasang Simcard) bisa di skip dulu.
  • Jika anda belum punya akun Google dan saat ini sibuk, sementara langkah 4 (Login atau setup akun Google) bisa anda tunda dahulu dengan menekan pilihan tombol SKIP seperti pada gambar 2 di atas. Namun pastikan anda kelak membuatnya di lain waktu.
  • Sekiranya anda merasa ada kesulitan membuat akun Google menggunakan smartphone / tablet android anda (karena anda merasa asing dengan menu-menu perangkat android barunya), anda bisa membuat akun Google menggunakan laptop atau PC. Baru kemudian anda login ke akun Google melalui perangkat android anda.

Artikel terkait:
Upgrade Kitkat ke Lollipop Asus Zenfone 5
– Upgrade Asus Padfone S (PF500KL) ke Lollipop
Cara melacak perangkat android yang hilang dengan Android Device Manager
– Cara menyembunyikan Menu Developer option (Opsi pengembang) pada android
– Mengaktifkan USB Debugging dan memunculkan menu Developer options pada android
– Jenis-jenis simcard
– Macam-macam versi Android dan fitur-fiturnya
– Android 6 Marshmallow dan fitur-fitur barunya
– Cara menambahkan dan menghapus akun Google pada smartphone atau tablet android
– Cara mengetahui nama dari versi Android pada smartphone/tablet