Apa itu 4G LTE

4G adalah singkatan dari Fourth Generation, yang berarti generasi ke empat dari perkembangan teknologi jaringan telpon seluler, sebagaai perkembangan dari teknologi pendahulunya, yatu 3G dan 2G. 4G merupakan standar yang ditetapkan oleh ITU (International Telecommunication Union)  diantaranya, komunikasi suara berbasis IP (Internet Protocol), kecepatan streaming data dan multimedia setidaknya 100 Megabit/detik saat mobilitas tinggi hingga 1Gbit/detik saat mobilitas rendah. Sederhananya teknologi 4G memiliki kemampuan menyalurkan suara, video dan data secara bersamaan (triple play) dengan kecepatan yang tinggi.

4G teknologi

Untuk dapat menggunakan jaringan 4G ini tentu kita harus memiliki perangkat smartphone atau tablet yang mendukung teknologi 4G ini dan sudah tersedia jaringan 4G di wilayah kita. Beberapa perangkat smartphone keluaran tahun 2015 ini sidah mendukung teknologi jaringan nirkabel 4G ini. Atau kalau tidak cukup membeli modem 4G nya saja yang bisa digunaan untuk berinternet via laptop atau PC seperti gambar berikut.

Huawei_4G_LTE-modem

Beberapa teknologi yang dianggap memenuhi standard 4G diantaranya adalah LTE (Long Term Evolution) Swedia 2009 dan Wimax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) Korea Selatan 2006.

LTE (Long Term Evolution).
LTE merupakan teknologi komunikasi nirkabel 4G yang di kembangkan oleh 3GPP (3rd Generation Partnership Project) yang memiliki kemampuan download hingga 300 mbps dan upload 75 mbps, berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access) untuk aksess data kecepatan tinggi. Teknologi 3GPP LTE ini kemudian dipasarkan dengan istilah 4G LTE.

LTE dianggap sebagai jaringan seluler tercepat saat ini dan dapat menggantikan teknologi UMTS/HSDPA. Bahkan LTE juga dianggap memiliki pertumbuhan yang pesat saat ini.

Teknologi 4G LTE yang ada sekarang, sebenarnya belum memenuhi standar 4G yang ditetapkan oleh ITU sepenuhnya. Kemungkinan teknologi LTE Avanced mendatang akan memenuhi standar teknologi 4G.

Wimax (Worldwide Interoperability for Microwave Access).
Selain teknologi LTE,  ada juga Wimax yang di kembangkan oleh Forum Wimax sebagai pilihan untuk teknologi 4G, dengan nama resmi IEEE 802.16. (Ingat Wi-Fi, IEEE 802.11 ?). Dan memang teknologi Wimax ini sebenarnya turunan dari teknologi wi-fi bukan dari teknologi seluler yang kemudian diajukan oleh forum Wimax untuk digunakan sebagai salah satu teknologi 4G.

WiMAX (singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access), merupakan teknologi koneksi broadband nirkabel (broadband wireless access, disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi serta jangkauan yang luas. WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar, tidak eksklusif serta memiliki kecepatan data yang besar hingga 70 Mbps.

Penerapan 4G di Indonesia.
Beberapa vendor lokal telah mulai memanfaatkan teknologi 4G ini. Namun hanya terbatas pada daerah tertentu saja. Mudah-mudahan kedepannya akan menjangkau seluruh daerah di tanah air.

wimax 4g LTE

Sitra WiMAX
Sitra WiMAX meluncurkan layanan 4G Broadband nirkabel pertama di Indonesia pada bulan Juni 2010. Sesuai namanya, perusahaan ini menggunakan teknologi Wimax sebagai jaringan 4G nya.  Sitra WiMAX merupakan bagian dari Lippo Group dan merek dagang terbaru dari PT. Firstmedia Tbk. Wilayah layananannya meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Provinsi Banten, Sumatera Utara, dan Provinsi NAD.

Telkomsel 4G LTE

Telkomsel 4G LTE
Telkomsel pertamakali uji coba layanan 4G pada saat konferensi APEC 1-8 Oktober 2013 lalu di Bali. Saat ini Telkomsel telah memperkenalkan Telkomsel 4G LTE di beberapa kota di Jakarta seperti terlihat di beberapa stasiun TV lokal beberapa waktu lalu saat launching Telkomsel 4G LTE. Kartu uSIM Telkomsel (Kartu perdana 4G LTE) tersedia di GraPARI Jakarta dan Bali. Pelanggan dapat menukarkan kartu lamanya dengan kartu uSIM tanpa harus berganti nomor.

bolt 4G LTE

Bolt Super 4G LTE
Bolt Super 4G LTE merupakan merek dagang dari PT. Internux yang menyediakan layanan 4G LTE sejak 14 November 2013. Area layanan yang dijangkau adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang. Teknologi yang digunakan adalah Time Division Duplex (TDD-LTE) pada frekuensi 2300 MHz.

XL 4G LTE

XL HotRod 4G LTE
XL Axiata melakukan ujicoba terhadap jaringan 4G pada 28 Oktober 2014. Kecepatan internet XL 4G LTE diklaim dapat mencapai 100 Mbps. Percobaan ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran logo dan motto baru XL Axiata. Setelah ujicoba, XL akan melebarkan sayap 4G LTE di 5 kota besar di Indonesia.

indosat-4g-lte

Indosat Super 4G-LTE
Indosat melakukan ujicoba terhadap jaringan 4G LTE di daerah sekitar Monas, Jakarta pada 20 November 2014 dengan menggunakan media BTS di atas Gedung Indosat. Kecepatan internet Indosat Super 4G-LTE diklaim dapat mencapai 185 Mbps untuk download dan 41 Mbps untuk upload. Ujicoba ini dilakukan bersamaan dengan Ulang tahun Indosat yang ke 47. Setelah diujicoba, Indosat akan melebarkan sayap 4G LTE di 23 kota lainnya.

source: www.en.wikipedia.org/wiki/4G dan www.id.wikipedia.org/wiki/4G

Artikel terkait:
– Jenis-jenis OS smartphone
– Jenis-jenis layar sentuh pada smartphone
– Apa beda Phablet dan Tablet
– Asus Zenfone 2, hadirnya penerus keluarga Zenfone
– Perbandingan spesifikasi Asus Zenfone 2, Asus Zenfone 4, Asus Zenfone 5 dan Asus Zenfone 6
– Apa beda laptop, notebook, netbook, ultrabook, chromebook dan macbook
– Apa itu SSD (Solid State Drive), apa bedanya dengan Hardisk (HDD)?
– Yang perlu diketahui dari smartwatch
– Jenis-jenis simcard
– Apa maksud airplane mode dan cara mengaktifkannya
– Tethering, berbagi koneksi internet dari smartphone: WI-Fi Tethering
– Berbagi koneksi internet dari smartphone ke laptop/PC dengan USB Tethering
Antara Padfone dan Fonepad, apa bedanya?