TV UHD termurah dan terkecil, LG 40UB800T

Awal tahun 2015 ini promosi TV UHD / 4K nampak begitu gencar di berbagai ritel elektronik. Bahkan produsen pun seolah bersaing memasarkan produk TV UHD masing-masing. Salah satu yang kami ulas di sini adalah adalah TV UHD produk LG 40 inchi, LG 40UB800T. Sebuah TV Led, jenis smart TV dengan kategori Ultra HD / 4K. Saat promosi bulan februari lalu, di salah satu ritel harganya kurang dari Rp 6,4 Juta. Harga yang tergolong sangat murah dibandingkan dengan merk lain. Seri LG 40UB800T ini berukuran 40 inci yang merupakan ukuran TV Led UHD terkecil. Perbadingan merk lain TV UHD ukuran layar terkecil, misalnya Samsung : 55” (UA55F9000AM), Panasonic : 48 (LED TV VIERA TH-48AX670G) dan Sony: 49” KD-49X8500B (data diambil dari website resmi mereka di Indonesia)

Walaupun terkecil tetap memiliki fitur yang tak kalah dengan yang ukurannya besar-besar. Berikut fitur-fitur yang di miliki TV UHD LG 40UB800T ini.

LG Smart TV UHDTV

(Lihat juga: Cara download dan install aplikasi pada Smart TV LG)

Layar.
Memiliki layar IPS Led dengan aspek rasio standar 16 : 9 dan resolusi 3840 x 2160p yang berarti 4 kali lipat dari resolusi full hd (1920 x 1080p).

Tuner DVB-T2
Seperti TV Led LG lainnya, hampir bisa dipastikan seluruh produk TV Led LG keluaran 2014 hingga sekarang, semua telah menggunakan tuner DVB-T2 untuk menangkap siaran TV Digital di Indonesia. Tidak terkecuali TV Led LG UHD seri LG 40UB800T ini.

Smart TV
Masuk dalam kategori Smart TV yang berarti bisa langsung terhubung ke internet karena sudah dilengkapi built in Wi-fi dan fitur pendukung lainnya. Tidak sekedar nonton acara TV, tapi juga bisa berselancar, nonton youtube serta konten konten dari internet lainnya.

Upscaling dengan 4K True Engine
Dilengkapi dengan 4K True Engine, yang berfungsi, meningkatkan kualitas gambar yang resolusinya di bawah Ultra HD menjadi gambar yang kualitasnya mendekati Ultra HD yang dikenal dengan istilah upscaling. Apa maksud dan pengertian upscaling pada TV UHD, selengkapnya lihat di sini.

LG Upscaling dengan True 4K Engine

Port HDMI
Port HDMI sudah menggunakan HDMI versi 2.0 yang bisa mentransfer sinyal video kualitas maksimal 4K60fps. Seperti di ketahui keadiran HDMI v2.0 adalah untuk mendukung transfer video 4K / Ultra HD hingga 60 frame per second. Umumnya video yang ada sekarang adalah 24/30 frame per second. Sedangkan sebuah video dikatakan sebagai video 4K jika resolusinya 4K dengan 60 frame per second. Sementara kabel HDMI seri sebelumnya yaitu versi 1,4, hanya bisa transfer sinyal video 4K hingga 30 fps saja.

Port HDMI v2.0 pada TV UHD LG

HEVC h.265 codec
Juga sudah dilengkapi HEVC h.265 codec. Ini adalah codec untuk kompres video UHD /4K yang streaming di internet. TV Ultra HD harus memiliki codec ini agar bisa nonton film 4K yang streaming dari internet. HEVC disingkat High Efficiency Video Codec. Bagi yang biasa download film dari internet mungkin kenal dengan istilah h.264. Itu berarti film tersebut telah dikompres dengan codec h.264. Untuk video 4K kompresinya menggunakan h.265 HEVC. Tujuan kompresi video ini adalah untuk mengurangi ukuran file konten video UHD, sehingga tidak terlalu membebani bandwidth internet.

Smartshare
Dengan Smartshare kita bisa menampilkan foto, video dari perangkat yang kompatibel pada TV UHD LG. Smartshare nama lain untuk DLNA untuk produk LG. Misalnya kita ingin menampilkan koleksi foto atau film yang ada di smatphone atau tablet kita. Smartphone atau gadget-gadget terakhir umumnya telah dilengkapi dengan DLNA sehingga dapat saling berbagi konten antar gadget. Tentang DLNA ini selengkapnya lihat di sini. Cara menggunakan smartshare silahkan lihat di sini.

smartshare-berbagi konten dari smartphone, laptop dan lain-lain dengan smart TV LG

Magic Remote
Dan yang terbaru lainnya dari LG adalah menggunakan Magic Remote kontrol. Remote yang berfungsi layaknya sebuah mouse pada di laptop/PC. Magic Remote ini juga bisa difungsikan sebagai remote universal. Cukup 1 remote untuk berbagai perangkat digital.
Ada 3 fitur utama pada Magic remote ini.
– Pointing: arahkan ke pilihan menju yang dikehendaki dan klik.
– Wheel: Geser layar ke atas ke bawah, perbesar – perkecil dengan roda seperti pada mouse di laptop/PC.
– Voice: dekatkan ke mulut dan ucapkan apa yang diinginkan terhadap TV UHD anda.

(Baca juga: LG Magic Remote Control – Masalah dan solusinya)

Magic Remote LG


 

Artikel Terkait:
– Apa itu Ultra HD atau 4K TV?
– Apa maksud Upscaling pada pesawat TV UHD / 4K?
– Yang perlu diketahui mengenai konten Ultra HD / 4K
– Mencari konten video 4K / Ultra HD di Youtube dan cara memainkannya
– Apa beda HDTV dengan UHDTV
– Tampilkan layar laptop windows 8.1 dan 10 ke Smart TV dengan Miracast
– Setup Miracast pada smartphone atau tablet dengan Smart TV (berbagai merek)
– Berbagi foto-audio-video dari smartphone atau tablet ke Smart TV dengan DLNA
– Membangun jaringan DLNA di rumah (DLNA Home Network)
– Berbagi foto-audio-video dari laptop/PC ke Smart TV dengan DLNA
– LG Magic Remote Control – Masalah dan solusinya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...