Jenis-jenis layar sentuh pada smartphone

Ada berbagai jenis layar sentuh yang yang digunakan di berbagai smartphone yang penting untuk kita ketahui sebelum membelinya. Beberapa tahun terakhir smartphone dengan layar sentuh yang besar sangat populer. Dalam posting ini kami akan menjelaskan berbagai jenis layar sentuh yang banyak digunakan pada smartphone.

Layar sentuh (touchscreen)

TFT LCD
TFT singkatan dari Thin Film Transistor. Technology TFT LCD adalah jenis yang paling umum digunakan pada layar ponsel. TFT LCD menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan resolusi yang lebih tinggi dibanding jenis layar LCD generasi sebelumnya. Namun kekurangan Layar TFT LCD ini adalah terletak pada sudut pandang yang sempit dan gambar yang dihasilkan menjadi tidak jelas jika dilihat di bawah sinar matahari langsung.

Layar TFT LCD yang besar banyak mengkonsumsi daya karenanya dianggap tidak battery friendly.  Namun karena biaya produksinya murah, layar jenis ini masih banyak digunakan pada ponsel berbiaya murah dan smartphone menengah ke bawah.

IPS-LCD
IPS singkatan dari In-Plan Switching. Jenis layar LCD yang memberikan sudut pandang yang luas dan konsumsi daya yang rendah. Namun IPS LCD lebih mahal, karenanya bayak digunakan pada smartphone kelas menengah atas, seperti Apple’s iPhone dan iPad. Jenis layar IPS LCD yang resolusinya lebih tinggi digunakan pada Apple’s iPhone 4, dan dinamakan Retina Display.

IPS, In-Plan Switching Display

OLED
OLED singkatan dari Organic Light Emiting Diode, yang berarti dioda pemancar cahaya organik. Ini merupakan teknologi layar display terbaru pada perangkat smartphone dan monitor.

Pada teknologi OLED, lapisan bahan organik (berbasis karbon) disisipkan di antara dua lembar bahan konduktif (anoda dan katoda), yang kemudian disisipkan lagi di antara pelat kaca atas (segel) dan pelat kaca bawah (substrat). Ketika pulsa listrik diterapkan pada dua lembar bahan konduktif tadi, bahan organik akan menghasilkan kilauan (luminescent) cahaya listrik. Kecerahan dan warna dapat bervariasi tergantung pada pulsa listriknya.

OLEDs jauh lebih baik dibandingkan dengan LCD karena reproduksi warna yang luar biasa, waktu respon (response time) yang super cepat, sudut pandang yang lebih luas, kecerahan yang lebih tinggi dan desain yang sangat ringan.

AMOLED
OLED terbagi menjadi 2 jenis yaitu AMOLED dan PAMOLED. Bedanya, yang satu OLED aktif yang satunya lagi OLED pasif. OLED aktif dinamakan AMOLED, Active-Matrix Organic Light Emiting Diode, dan yang pasif dinamakan PMOLED, Passive-Matrix Light Emiting Diode. Jenis PMOLED ini banyak digunakan pada MP3 Player dan secara umum ukurannya tidak lebih dari 3 inch. Tidak bisa dibuat ukuran yang besar-besar.

Jenis AMOLED menjadi perhatian khusus karena memiliki semua sifat OLED, seperti reproduksi warna yang luar biasa, waktu respon (response time) yang super cepat, sudut pandang yang lebih luas, kecerahan yang lebih tinggi dan desain yang sangat ringan, ditambah lagi dapat dibuat dehgan ukuran yang sangat besar. Layar AMOLED kini menjadi main stream bagi produk smartphone dan TV digital mutakhir.

Samsung_flexible_AMOLED

Super AMOLED
Super AMOLED merupakan versi tingkat lanjut dari AMOLED yang dikembangkan oleh Samsung. Sensor sentuhnya dibangun di atas layar itu sendiri tanpa harus menambahkan lapisan khusus untuk sensor sentuhnya. Dengan demikian ukurannya akan jauh lebih tipis dibandingkan dengan layar OLED yang sensor sentuhnya dibangun di atas lapisan tersendiri.

Layar display Super AMOLED ini juga jauh lebih responsif dibandingkan layar display AMOLED lainnya. Smartphone papan atas produksi Samsung terakhir telah menggunakan layar display Super Amoled ini, seperti pada smartphone Samsung’s Galaxy S6 dan S6 Edge.

Super Amoled pada Samsung-Galaxy-S6-Edge

Retina Display
Istilah ini dikenalkan oleh Apple untuk menyebut layar smartphone resolusi tinggi (640 x 960 piksel) yang terbuat dari jenis layar IPS LCD yang di gunakan pada iPhone 4. Mereka menyebutnya demikian (Retina Display) karena pikselnya tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Di samping itu memang layar Retina Display menghasilkan gambar yang tajam dan cemerlang.

Apple's Retina Display

Haptic / Tactile Touchscreen.
Haptic telah digunakan oleh Blackberry dan Nokia untuk smartphone layar sentuh mereka dengan target pasar para pengusaha. Teknologi ini memberikan umpan balik taktil (sentuhan) pada saat layar disentuh sehingga memberikan konfirmasi langsung dan jelas kepada pengguna.

BB Haptic / Tactile Touchscreen

Haptic telah terbukti secara signifikan meningkatkan kinerja pengguna, akurasi dan kepuasan saat mengetik pada layar sentuh.

Artikel Terkait:
– Jenis-jenis OS smartphone
– Cara mengaktifkan PC Link pada Asus Zenfone
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Mengaktifkan USB Debugging dan memunculkan menu Developer options pada android
– Cara menyembunyikan Menu Developer option (Opsi pengembang) pada android
– Cara mainkan WhatsApp di laptop/Pc (WhatsApp Web)
Asus Zenfone 2,hadirnya penerus keluarga Zenfone
– Yang perlu diketahui dari smartwatch
– Apa itu 4G LTE
– Jenis-jenis simcard
– Apa maksud airplane mode dan cara mengaktifkannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...