Cara menyembunyikan Menu Developer option (Opsi pengembang) pada android

Sebelumnya telah kita bahas cara memunculkan menu Developer options (opsi pengembang) pada perangkat android versi 4,2 ke atas. Tujuannya adalah untuk mengaktifkan USB Debugging yang letaknya di dalam menu Developer options. Namun membiarkan USB Debugging terus-terusan aktif, tentu akan membahayakan keamanan perangkat android kita. Karena nya pada tulisan ini kita bahas cara menyembunyikan kembali menu Developer option tersebut agar tidak mudah diakses.

Android-Developer

Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke menu Setting (Setelan)
2. Di bawah Device (Perangkat) masuk ke menu Apps (Aplikasi).

3. Di dalam menu Apps, pilih tab All (Semua) untuk menampilkan semua aplikasi. Lalu cari scroll ke bawah ke bagian Settings (Setelan) seperti ditunjukkan gambar di bawah sebelah kanan di atas.

Cara sembunyikan developer option pada android

4. Dari menu Apps di atas, masuk ke bagian Settings seperti gambar berikut.

Cara sembunyikan developer option pada android-2

5. Seperti ditunjukkan pada gambar di atas, klik tombol Clear Data kemudian akan muncul popup seperti gambar sebelah kanan, klik tombol OK, dan selesai. Keberadaan menu Developer options (opsi pengembang) di dalam menu Setting (Setelan) Utama sudah tidak kelihatan lagi.

Catatan.
– Menu developer options akan muncul kembali saat dibutuhkan jika diperlukan untuk mengaktifkan USB debugging. Misalnya di saat kita ingin koneksi ke laptop/PC menggunakan aplikasi PC Link. Di saat kita mencolokkan USB ke laptop/PC, akan muncul menu Developer option agar kita mengaktifkan USB debugging yang ada didalamnya.
– Namun jika kita dengan sengaja mencari menu Developer options di perangkat android kita, tidak akan kita temukan karena sudah kita sembunyikan. Sekali lagi hal seperti ini hanya terjadi di android versi 4,2 ke atas. Sedangkan pada android versi di bawahnya, menu developer options akan mudah kita temukan.
– Cara menyembunyikan Menu Developer option (Opsi pengembang) pada android ini dipraktekkan mengunakan Asus Zenfone 5 dengan versi android 4.4.2 Kitkat.

Artikel Terkait:
Jenis-jenis OS smartphone
Cara mengaktifkan PC Link pada Asus Zenfone
Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
Mengaktifkan USB debugging dan memunculkan menu Developer options pada android
Macam-macam versi Android dan fitur-fiturnya
– Android 6 Marshmallow dan fitur-fitur barunya
– Cara aktifkan fitur Telepon pada WhatsApp
– Cara mainkan WhatsApp di laptop/Pc (WhatsApp Web)
– Cara setup perangkat android pertama kali
Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Berbagi koneksi internet dari smartphone ke laptop/PC dengan USB Tethering
– Membuat group ikon di Layar depan (Home Screen) perangkat Android