Cara aktifkan fitur Telepon pada WhatsApp

WhatsApp sekarang menawarkan fitur baru yaitu fitur telpon. Dengan fitur ini kita bisa nelpon gratis layaknya nelpon seperti biasa dengan ponsel. Gratis maksudnya sudah tidak ada tambahan biaya lagi selain dari paket internet bulanan yang selama ini kita gunakan.

Whatsapp

Fitur Telpon ini terdapat pada WhatsApp versi tertentu. Jika fitur telpon tidak ada pada WhatsApp anda, ini berarti WhatsApp anda perlu di update ke versi tersebut. Selama ini mungkin kita tidak menyadarinya kalau WhatsApp yang sudah terinstall di perangkat android kita ternyata memiliki fitur telpon.

Karenanya sebelum mendownload aplikasi WhatsApp ke versi terbaru ada baiknya cek dulu kembali aplikasi WhatsApp yang sudah terinstall di perangkat android anda apakah sudah ada fitur telpon atau belum. Berikut cara memastikannya.

Silahkan buka aplikasi WhatsApp nya. Lihat pada tab bagian atas nya. Di sana terdapat opsi  CALL | CHATS | CONTACTS seperti gambar berikut.

Fitur telpon whatsapp-2

Jika ada pilihan CALL berarti WhatsApp anda sudah bisa digunakan untuk telpon. Tentunya telpon ke sesama pengguna WhatsApp yang ada fitur CALL nya juga. Jika anda ingin langsung mencobanya, silahkan ikuti caranya di bagian paling bawah tulisan ini.

WhatsApp yang ada fitur telponnya adalah WhatsApp versi v2.12.5. Jika WhatsApp anda versi v2.12.5 berarti WhatsApp anda sudah ada fitur telponnya.

Gambar berikut menjelaskan cara cek versi WhatsApp yang ada di perangkat android kita.

> Masuk ke menu Setting (Setelan) dan geser layar ke bawah cari menu Apps (Aplikasi)
> Di dalam menu Apps (Aplikasi) geser layar ke bawah cari dan klik aplikasi WhatsApp.
> Di dalam menu WhatsApp akan terlihat versi nya di bagian atas kiri di bawa logo WhatsApp seperti gambar berikut.

Cara cek versi WhatsApp

Langkah ke dua ini sekedar memastikan versi nya saja. Yang terpenting adalah langkah pertama di atas, ada tidaknya pilihan CALL pada tab di bagian atas. Jika tidak, berarti memang WhatsApp anda belum memiliki fitur telpon dan perlu diganti. Untuk menggantinya silahkan di uninstall dulu apliksai WhatsApp yang ada di perangkat android anda sekarang. Setelah itu silahkan download aplikasi terbaru WhatsApp di Google Playstore melalui perangkat android anda, atau download lewat laptop/PC di alamat website WhatsApp di sini.

Jika anda download melalui perangkat android anda di Google Playstore, anda bisa memastikan versi WhatsApp nya, dengan cara sebagai berikut.

> Masuk ke menu Google Playstore
> di bagian atas layar, klik tab Apps
> Gunakan kolom pencarian untuk mencari “WhatsApp”
> Setelah ketemu, biasanya di posisi paling atas, lalu di klik “WhatsApp”
> Setelah masuk ke menu WhatsApp geser layar sedikit ke bawah, klik tulisan “READ MORE” (1) seperti gambar di bawah ini.

Cara download dan install WhatsApp di Googgle Playstore
> Geser layar terus ke bawah, nanti akan anda temukan halaman Developer WhatsApp , di sana terdapat versi dari WhatsApp yang sekarang anda buka, seperti terlihat pada gambar sebelah kanan di atas. Jika cocok versi nya, 2.12.5, kembali ke menu awal WhatsApp dan silahkan lanjutkan Install (2). Tunggu sampai selesai.

Jika anda download aplikasi WhatsApp melalui laptop/PC di alamat websitenya www.whatsapp.com, setelah anda masuk ke halaman download nya, terdapat tulisan kecil yang menjelaskan versi dari WhatsApp yang akan anda download seperti gambar di bawah ini. Setelah download selesai anda pindahkan ke perangkat android anda kemudian di install.

Halaman website download WhatsApp

Setelah WhatsApp versi terbaru sudah ter-install di perangkat android anda, silahkan jalankan / buka aplikasi WhatsApp nya dan lihat di bagian atas nya. Tentunya sekarang sudah ada fitur CALL nya juga.

Cara menggunakan fitur telpon WhatsApp pertamakali.

Cara menggunakan fitur telpon WhatsApp pertamakali

>Masuk ke aplikasi WhatsApp
> klik Tab Call akan muncul halaman WhatsApp seperti gambar 1 di atas.
> klik Call + yang ada di sudut kanan atas, lalu akan muncul daftar teman WhatsApp yang sudah bisa menggunakan fitur telpon WhatsApp. Silahkan pilih teman WhatsApp yang mau anda telpon.
> Gambar 2 di atas adalah sedang telpon teman WhatsApp. Semoga semakin berkurang biaya komunikasinya.

Artikel Terkait:
Cara install dan menggunakan Whatsapp pada perangkat android tanpa simcard
– Cara mengaktifkan PC Link pada Asus Zenfone
– Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid
– Mengaktifkan USB Debugging dan memunculkan menu Developer options pada android
– 
Cara stop notifikasi dari Facebook pada perangkat Android
– 
Cara mainkan WhatsApp di laptop/Pc (WhatsApp Web)
Membuka Facebook dan Twitter di Smart TV
– Settings Youtube dan Search engine agar aman buat anak-anak kita
– Cara settings keyboard android untuk bahasa Arab
– Cara menulis cepat pada keyboard android dengan fitur Trace input
– Backup dan Restore Whatsapp, transfer chat ke hp baru