Apa beda Phablet dan Tablet

Phablet adalah istilah yang diberikan kepada gadget yang secara fisik ukurannya lebih besar dari smartphone dan lebih kecil dari tablet. Terlalu kecil untuk dikatakan sebagai tablet dan terlalu besar untuk dikatakan smartphone. Lalu dipopulerkanlah istilah ph(one)(t)ablet untuk gadget yang tanggung ini. Melihat fungsinya phablet lebih cenderung seperti smartphone ini terlihat dari fitur-fitur yang disematkan di gadget ini. Berikut perbedaan antara phablet dan tablet yang kami rangkum.

Beda phablet dan tablet

1. Ukuran dan kualitas layar.
Tablet ukuran layarnya antara 7 inch hingga 10 inch.
Phablet ukuran layarnya antara 5 inch hingga 7 inch.
Sedangkan smartphone umumnya berukuran 4 hingga 5 inch.
Ukuran layar ini menjadi acuan apakah sebuah perangkat diketegorikan sebagai tablet atau phablet.

Kualitas layar phablet jauh lebih baik dari tablet. Umumnya phablet memiliki kualitas layar dengan resolusi 720p hingga 1080p / Full HD. Sedangkan tablet memiliki kualitas layar lebih rendah dari itu. Kepadatan pixel layar pun berbeda. Phablet memiliki kepadatan pixel per inch 240 ppi, sedangkan tablet hanya 210 ppi.

2. Kegunaan dan fitur.
Sebuah Phablet tidak beda dengan smartphone, bersifat portabilitas dan mobilitas. Fiturnya pun seprti layaknya smartphobne. Cuma ukurannya saja yang agak lebih besar. Menggenggam dan menempelkannya ke telinga saat menerima telpon masih tetap pantas. Sedangkan tablet haruslah berkemampuan lebih tinggi dalam mengolah data, cenderung diharapkan seperti layaknya pc. Namun jika ditempelkan ke telinga untuk menelpon atau menerima telpon sepertinya kurang pantas. Kecuali jika menggunakan bluetooth headset hands-free.

3. Kinerja dan Baterai.
Tablet dan smartphone memiliki daya tahan baterai yang hampir sama (sekitar 10-12 jam pada 2G), sedangkan phablets biasanya bisa tahan lebih dari 15 jam pemakaian tanpa harus diisi ulang. Menurut para pakar, kinerja baterai yang lebih baik dari phablets dibandingkan dengan tablet, disebabkan oleh kinerja prosesor yang lebih bagus serta kapasitas RAM yang lebih besar. Di samping itu, layar tablet yang lebih besar akan cenderung mengkonsumsi daya baterai lebih banyak lagi.

4. Kamera.
Pada awalnya kamera dianggap bukan hal yang penting untuk disematkan pada tablet karena sifat tablet yang tidak dirancang se-portable seperti phablet. Seperti terlihat pada iPad generasi awal yang sama sekali tidak dilengkapi dengan kamera. Namun keadaan jadi berubah. Tablet sekarang dilengkapi juga dengan fitur kamera belakang tapi dengan resolusi yang rendah. Akan sangat sulit menemukan tablet dengan kamera lebih dari 5 Mega pixel.

Beda dengan phablet yang memiliki fitur kamera 8 hingga 13 Mega pixel sama seperti kamera yang terdapat pada smartphone.

5. Ukuran fisik.
Secara umum tablet memiliki ukuran panjang, lebar, tebal dan berat lebih besar dari pada phablet. Mungkin ukuran fisik kedua gadget tablet dan phablet berikut bisa mewakili perbedaan ukuran fisik antara tablet dan phablet secara umum.

– Phablet Samsung galaxy mega 6.3:  memiliki ukuran layar 6,3 inch, ukuran panjang dan lebar 167,6 x 88mm, tebal 8 mm dan berat 199 gram.

– Tablet Samsung Galaxy Tab: memiliki layar (minimal) ukuran 7 inch, ukuran panjang dan lebar 188 x 11.1mm, tebal 9.9 mm dan berat 306 gram.

6. Penerapan.
Anak-anak prasekolah di seluruh dunia lebih akrab dengan tablet  daripada phablet. Ada beberapa aplikasi pendidikan yang memang disediakan untuk anak-anak pada tablet. Terkadang guru merekomendasikan penggunaan tablet untuk anak didik mereka agar mereka mulai mengenal teknologi ini di usia dini (gak gaptek).
Sedangkan phablets, bagaimanapun, masih dianggap sebagai ‘saudara besar’ smartphone – dan jarang digunakan oleh anak-anak di bawah usia tertentu.

Orang akan menggunakan kedua tangan mereka untuk mengoperasikan gadget. Sedangkan Phablets cukup dengan satu tangan. Nelpon, chatting / sms an, browsing, dan lainnya cukup dioperasikan dengan satu tangan dengan mudah.

Tablet kebanyakan dimiliki oleh orang-orang untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan mereka, seperti menggunakan aplikasi multimedia kapan dan di mana saja. Di sisi lain, phablets lebih banyak penerimaannya di kalangan generasi muda / berjiwa muda yang cenderung menggunakan aplikasi berbasis hiburan dan menggunakan layanan wi-fi secara teratur.

Berikut contoh phablet yang terkenal.

– Samsung Galaxy Note 3
– LG G Pro 2
– HTC One Max
– Nokia Lumia 1520
– OnePlus One
– LG G3


 

Artikel Terkait:
– Jenis-jenis layar sentuh pada smartphone
– Jenis-jenis OS smartphone
– Apa beda HDTV dengan UHDTV
 Asus Zenfone 2, hadirnya penerus keluarga Zenfone
– Yang perlu diketahui dari smartwatch
– Apa itu 4G LTE– Jenis-jenis simcard
– Apa beda laptop, notebook, netbook, ultrabook, chromebook dan macbook
– Antara Update, Upgrade dan Clean Install. Apa bedanya?
– Perbedaan antara Windows 10 dengan Windows 8 dan Windows 7