Aktifkan USB Debugging dan munculkan Developer options (Android)

Aktifkan USB Debugging dan munculkan Developer options (Android)

Salah satu komunikasi antar perangkat digital yang umum dan mudah digunakan saat ini adalah dengan menggunakan kabel USB. Tinggal colokkan kabel USB nya pada ke dua perangkat, misalkan smartphone android dan laptop, lalu transfer data yang diinginkan. Pada versi android yang lain kita diminta untuk klik “Turn On USB Storage” pada jendela popup.

Android USB Debugging

Namun pada beberapa koneksi USB perangkat android, dibutuhkan pengaktifan USB Debugging. USB Debugging, sederhananya adalah koneksi USB antara android dengan laptop/PC yang membawa kita ke level yang lebih dalam. Bukan sekedar untuk transfer data saja. Misalkan pada koneksi android dengan laptop/PC menggunakan aplikasi PC Link. Koneksi ini membutuhkan pengaktifan USB Debugging.

Ada beberapa cara mengaktifkan USB Debugging berdasarkan versi androidnya. (Yang dalam kurung versi bahasa Indonesia bagi yang perangkat androidnya di stel menggunakan bahasa Indonesia).

1. Pada android 2.3

Settings (Setelan) > Applications (aplikasi) > Development (pengembang)> USB Debugging (Debugging USB)

2. Pada android 4

Settings (Setelan) > Developer options (opsi pengembang) > USB Debugging (Debugging USB)

3. Pada android 4.2 ke atas.
Pada android versi ini, menu “Developer options” (opsi pengembang)-nya di sembunyikan. Untuk munculkan Developer options, ikuti langkah berikut:

a. Masuk ke menu Settings (Setelan) > About (Tentang)
Letak menu About (Tentang) biasanya di Menu Setting (Setelan) paling bawah.

b. Pada Menu About (Tentang), cari dan masuk ke menu Build number (Nomor bentukan). Biasanya terdapat di menu Software information (Informasi software).

memunculkan Developer options

Tap (Klik) “Build number (Nomor bentukan)” sebanyak 7 kali. Pada beberapa tap pertama akan muncul popup “you are now 4 step away for being developer” (4 klik lagi jadi pengembang) teruskan tap 4 kali menu Build Number (Nomor bentukan) dan setelah selesai akan muncul popup pemberitahuan “you are now a developer” (sekarang anda pengembang).

Sekarang periksa kembali di menu Settings (Setelan) apakah menu Developer options (Opsi pengembang) sudah muncul. Jika sudah muncul masuk ke menu Developer options (Opsi pengembang) dan aktifkan USB Debugging (Debugging USB) dengan cara tap / klik area USB Debugging sepeti gambar berikut.

Mengaktifkan USB Debugging dan memunculkan menu Developer options pada android

Selesai sampai disini. Lokasi USB debugging ada di dalam menu Developer options. Ringkasnya, munculkan Developer options terlebih dahulu setelah itu kita baru  bisa mengakses USB Debugging.

Catatan.
Seharusnya USB Debugging hanya diaktifkan disaat dibutuhkan saja. Membiarkannya dalam keadaan terus aktif akan memberi kesempatan pihak ketiga mengakses lebih jauh ke perangkat android anda atau menginstall malware.

USB Debugging berada di dalam menu Developer options. Jika ingin me-non aktifkan USB Debugging saja, tinggal tap USB Debugging hingga hilang tanda centangnya. Atau sekaligus me-nonaktifkan fungsi Developer option-nya dengan cara tap bagian OFF -nya. Jika menu Developer Optionsnya tidak aktif, USB Debugging juga tidak aktif.

Artikel Terkait:
Jenis-jenis OS smartphone
Cara menghapus iklan pada hp Xiaomi (MIUI)
Cara koneksi android ke laptop/PC tanpa kabel menggunakan AirDroid
 Cara menyembunyikan Developer options pada android
Macam-macam versi Android dan fitur-fiturnya
– Cara mainkan WhatsApp di laptop/Pc (WhatsApp Web)
Berbagai jenis dan versi kabel USB
Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Berbagi koneksi internet dari smartphone ke laptop/PC dengan USB Tethering
– Membuat group ikon di Layar depan (Home Screen) perangkat Android

No Responses