Yang perlu diketahui mengenai konten Ultra HD / 4K

Pesawat TV Ultra HD / 4K sudah banyak beredar di pasar, bahkan mungkin kita sudah memilikinya. Namun untuk konten yang resolusinya juga Ultra HD seperti, film, masih jarang tersedia. Konten ini banyak macamnya. seperti film, video clip, game, dokumentasi dan sebagainnya.
Yang menjadi penyebab utama sulitnya mendapatkan konten yang Ultra HD ini adalah ukuran filenya yang sangat besar. Sebuah Blu Ray disk dual layer, kapasitas maksimumnya 50 gigabytes, tidak sanggup untuk menampung film yang resolusinya Ultra HD yang ukuran filenya sekitar 100 gigabytes.

Ukuran file yang sangat besar ini memperngaruhi berbagai aspek lainnya. Seperti:

1. Kecepatan internet sekitar 25 mbps jika ingin nonton konten Ultra HD secara streaming.
2. Juga dibutuhkan kapasitas penyimpan yang sangat besar. Untuk satu film saja dibutuhkan  sekitar 100 gigabytes.
3. Membutuhkan kabel HDMI yang support konten Ultra HD/4K seperti jenis High Speed HDMI.

Untuk konten Ultra HD ini digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu:

1. Konten Ultra HD asli, “Native 4K”. Maksudnya konten yang memang diproduksi dengan kualitas UHD. Videonya di rekam menggunakan kamera video UHD/4K, di-edit kemudian  diproduksi tetap resolusi UHD/4K. Konten Ultra HD jenis ini masih jarang dan sulit kita dapatkan.

2. Konten Ultra HD “Mastered in 4K”.
Sebenarnnya ini istilah yang dikeluarkan Sony untuk film-film blu-ray Full HD (1080) yang telah di re-mastered (diproduksi ulang) menggunakan sumber yang resolusinya Ultra HD /4K. Memang hasilnya lebih baik dari blu-ray Full HD biasa (yang sumbernya juga Full HD) namun ia tetaplah blu-ray dan masih bisa di mainkan di perangkat blu-ray player. Konten Ultra HD Matered in 4K ini kita mainkan di blu-ray player kemudian pada TV UHD-nya di upscaling (secara otomatis) sehingga menghasilkan gambar yang mendekati kualitas Ultra HD / 4K. Jadi ia tetaplah blu-ray namun kualitasnya saja yang lebih baik. Berikut contoh Konten Ultra HD “Mastered in 4K” yang dirilis SONY.

Film Ghost mastered in 4K
Film Ghost mastered in 4K

Hal lain yang perlu kita ketahui mengenai konten Ultra HD adalah sampai saat ini belum ada media penyimpan khusus film UHD/4K. Kita kenal kepingan CD (Compact Disc), untuk menyimpan VCD, DVD, HD DVD dan Blu-Ray Disc, dan belum ada disc untuk sebuah film Ultra HD. Namun sepertinya tidak akan lama lagi akan ada blu-ray 4K yang siap dengan konten Ultra HD nya. Menurut BDA (Blu-Ray Disc Association) sekitar akhir tahun 2015 blu-ray 4K akan mulai diperkenalkan ke konsumen.


 

Artikel Terkait:
Apa itu UHD TV / 4K TV?
Apa maksud Upscaling pada pesawat TV UHD / 4K?
Mencari konten Ultra HD di Youtube dan cara memainkannya
Aba beda HDTV dan UHDTV
– TV UHD termurah dan terkecil, LG 40UB800T
– Tampilkan layar laptop windows 8.1 dan 10 ke Smart TV dengan Miracast
– Setup Miracast pada smartphone atau tablet dengan Smart TV (berbagai merek)
– Berbagi foto-audio-video dari smartphone atau tablet ke Smart TV dengan DLNA
– Membangun jaringan DLNA di rumah (DLNA Home Network)
– Berbagi foto-audio-video dari laptop/PC ke Smart TV dengan DLNA
– LG Magic Remote Control – Masalah dan solusinya
– 4K UHD mulai hadir di smartphone

Tags:,