Mencari konten video 4K / Ultra HD di Youtube dan cara memainkannya

Tak diragukan lagi Youtube merupakan tempat sumbernya video. Dan yang penting gratis pastinya. Konten video yang resolusinya Ultra HD sudah lumayan banyak. Ada dua cara untuk nonton video Ultra HD / 4K dari Youtube, yaitu:

youtube ultra HD

1. Streaming langsung via TV Ultra HD.
Jika ingin nonton dengan cara streaming, anda harus memenuhi syarat berikut, yaitu:- memiliki kecepatan internet 25 mbps.
– TV Ultra HD nya bisa terkoneksi ke internet.

Umumnya TV Ultra HD yang sekarang banyak beredar di pasaran adalah jenis Smart TV 4K / Ultra HD. Artinya sudah dilengkapi WiFi untuk bisa koneksi dengan internet. Jika belum anda harus membeli aksesoris agar TV Ultra HD bisa koneksi dengan internet. Biasanya disebut dengan istilah dongle.

Jika internet anda kecepatannya kurang dari 25 mbps, sebaiknya lupakan saja, pakai cara yang ke dua berikut, lebih sederhana dan  gak ribet.

2. Download dulu via PC baru kemudian di tonton di TV Ultra HD.
Untuk yang ke dua ini yang diperlukan adalah software downloader untuk download video dari Youtube. Silahkan cari software Youtube downloader gratis di google. Saya rekomendasikan pakai WinX YouTube Downloader. Klik di sini jika ingin download. Kemudian di install di PC anda. Setelah selesai coba di jalankan sambil buka halaman youtube. Cari video 4K kemudian copy linknya. Masuk ke program WinX YouTube downloader. Klik tambah link video Youtube (1), lalu klik tombol paste & analize (2) untuk me-paste link video tadi sekaligus menganalisa untuk mengetahui resolusi yang tersedia.

WinX YouTube Downloader

Tunggu beberapa saat (tergantung kecepatan internet anda). Kemudian muncul jendela pilihan resolusi yang tersedia. Kita pilih resolusi standar 4K saja, yaitu yang 2160 piksel.

WinX YouTube Downloader-2

Kemudian klik tombol download dan tunggulah sampai downloadnya selesai.

Setelah kita download konten video 4K-nya, sekarang tinggal bagaimana cara kita memainkannya di TV UHD. Ada beberapa cara, namun yang paling mudah adalah dengan meng-copy-nya ke flash drive, (jika kapasitasnya tidak cukup, gunakan portable hardisk). Lalu colokkan ke port USB hdd (atau port USB mana saja) pada TV UHD-nya. Hidupkan TV nya lalu pilih input TV dari Flash drive ini. Lalu klik film nya untuk memutarnya.

Nonton konten Video 4K / Ultra HD di PC/Laptop.

Selama ini kita mungkin tidak pernah menghadapi kendala yang serius jika ingin nonton video dari Youtube di laptop/PC maupun di tablet atau smartphone baik dengan cara streaming maupun setelah di download. Namun ketika berurusan dengan konten video 4K/Ultra HD nampaknya banyak yang akan kecewa, apalagi kalo nontonnya secara streaming. Kendalanya yaitu pada kecepatan koneksi internet dan kemampuan dari laptop/PC.

Sekarang silahkan coba dua kemampuan di atas.

1. Streaming.
Kunjungi Youtube, cari video yang 4K/Ultra HD. Pilih yang kualitas nya 4K/Ultra HD dengan cara klik bagian setting kemudian pilih video yang resolusinya 2160p seperti gambar berikut. Coba mainkan.

Youtube-4K

Di situlah baru terasa, bagaimana rasanya nonton video 4K/Ultra HD dari Youtube secara streaming. kemudian coba cara selanjutnya.

2.  Download dulu video 4K/Ultra HD dari Youtube seperti cara – cara di atas yang menggunakan Youtube downloader. Setelah selesai coba mainkan di Laptop / PC anda. Gimana Hasilnya? Jika hasilnya tidak putus-putus dan laptop/PC anda tidak kepanasan berarti laptop/P anda sanggup memainkan vvideo 4K/Ultra HD.

Sebagai catatan, tidak semua video 4K dari Youtube bisa kita nikmati di TV UHD kita. Di laptop/PC kita bisa nontonnya tapi ketika di mainkan di TV 4K/Ultra HD kita, muncul error, video tidak support. Ada beberapa faktor penyebabnya, diantaranya adalah karena masalah codec yang tidak dimiliki oleh TV UHD kita atau juga pembuatannya yang keluar dari aturan yang disepakati sehingga tidak semua TV UHD bisa memainkannya.

Artikel Terkait:
Apa itu Ultra HD / 4K TV?
Apa maksud Upscaling pada TV Ultra HD / 4K?
–  Apa beda HDTV dan UHDTV
Yang perlu diketahui mengenai konten 4K / UHD
– TV UHD termurah dan terkecil, LG 40UB800T
– LG Magic Remote Control – Masalah dan solusinya
– Cara download dan install aplikasi pada Smart TV Samsung
– 4K UHD mulai hadir di smartphone

Tags:,