Apa maksud Upscaling pada pesawat TV UHD / 4K?

Nampaknya perkembangan teknologi Televisi melangkah ‘lebih cepat’ dibanding ketersediaan konten yang sesuai dengan teknologi tersebut. Di pasar sudah banyak beredar TV UHD, (Ultra High Definition) atau dikenal dengan nama UHDTV / 4K TV. Namun konten yang mendukung teknologi ini masih sangat kurang (atau belum ada sama sekali dalam negeri) kecuali buat test saja. Siaran TV saja jangankan mau mikirin kualitas siaran UHD, yang Full HD saja kayaknya belum ada. Masih sebatas SD dan HD sj. (Tentang kualitas gambar SD – HD – FUll HD, silahkan lihat di sini).

Upscaling

Namun kurangnya konten yang mendukung tidak mengurangi ‘semangat’ para produsen untuk tetap melempar Produk TV UHD ke pasar. Mereka Tidak khawatir, tidak ada konsumen yang akan membeli produk TV UHD karena tidak tersedianya konten yang UHD juga. Mereka melengkapi  produk TV UHD mereka dengan teknologi yang di namakan ‘upscaling‘. Teknologi ini bekerja meng-‘upgrade’ konten yang kualitasnya lebih rendah (SD-HD-Full HD) hingga menjadi konten yang kualitasnya UHD, atau setidaknya lebih baik dari aslinya.

Upscaling, sederhananya adalah proses menaikkan skala gambar hingga sesuai dengan ukuran layar. Gambar yang tidak di-upscale, (di-upgrade) jika di tonton di TV UHD akan mengisi layar TV beberapa persen saja. Gambar berada di tengah-tengah layar dengan bidang gelap di sekelilingnya, seperti ilustrasi berikut.

Gambar yang tidak di-upscaling & yang di-upscaling

Namun upscaling pada TV UHD tidak sekedar menaikkan ukuran gambar, tapi juga disertai dengan proses perbaikan yang berulang-ulang secara logaritmik sehingga gambar hasilnya setidak-tidaknya lebih baik dari sebelum di-upscale.

Sebagai perbandingan, kebanyakan perangkat Blu-Ray dilengkapi dengan komponen elektronik upscaling untuk mengkonversi konten DVD (resolusi 480p) menjadi konten 1080p (Full HD), sehingga konten sekualitas dengan DVD (resolusi 480p) akan terlihat lebih bagus pada TV FUll HD (1080p). Demikian juga dengan perangkat TV UHD, memiliki ‘alat’ untuk mengkonversi atau meng-upgrade konten yang resolusinya lebih rendah ( SD-HD-FUll HD) menjadi konten dengan kualitas Ultra HD.

Dengan disertakannya teknologi upscaling ini pada perangkat TV UHD, diharapkan tidak mengurangi minat konsumen untuk membeli produk ini. Hampir bisa dipastikan semua produsen TV Led yang memproduksi TV UHD akan menyertakan teknologi upscaling pada produknya. Mereka memiliki mesin upscaling masing-masing. LG dengan True 4K Engine, SONY dengan 4K X-Reality PRO dan sebagainya.

LG True 4K Engine
LG True 4K Engine

 

Sony 4K X-Reality Pro
Sony 4K X-Reality Pro

 

Upscaling inilah senjata yang mereka gunakan untuk memasuki pasar walau ketersediaan konten masih minim. Namun demikian ada baiknya perlu kita camkan bahwa iklan selalunya lebih sempurna dari kenyataan. Teknologi upscaling ini bagaimanapun juga, seperti memanipulasi konten dengan harapan menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik walaupun tidak sesempurna kualitas Ultra HD yang asli. Berharap ke depannya akan semakin banyak tersedia konten yang Ultra HD. Kalau sekedar ingin “menicipi” rasanya konten video 4K/Ultra HD, coba lihat cara mencari konten video Ultra HD /4K di Youtube dan cara memainkannya.


Artikel Terkait:
Apa itu Ultra HD atau 4K TV?
Yang perlu diketahui mengenai konten Ultra HD / 4K
Mencari konten Ultra HD di Youtube dan cara memainkannya
Apa beda HDTV dan UHDTV
– TV UHD termurah dan terkecil, LG 40UB800T
– LG Magic Remote Control – Masalah dan solusinya
– 4K UHD mulai hadir di smartphone

 

Tags:,